kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45872,08   17,30   2.02%
  • EMAS1.371.000 1,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Tanpa Obat dalam 7 Langkah


Rabu, 14 Februari 2024 / 14:59 WIB
Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Tanpa Obat dalam 7 Langkah
ILUSTRASI. Atasi Sakit tenggorokan tanpa obat

Penulis: Bimo Kresnomurti

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan - JAKARTA.  Catatlah beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada tenggorokan tanpa obat-obatan. Ketika tubuh menunjukkan gejala tidak fit, salah satu pertandanya bisa berupa kondisi tenggorokan yang tidak nyaman.

Ketidaknyamanan pada tenggorokan sering kali terkait dengan berbagai kondisi seperti radang tenggorokan, yang dapat bervariasi bergantung pada individu dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan tenggorokan.

Gejala bisa mencakup sensasi kering dan nyeri pada tenggorokan, terutama saat menelan makanan. Infeksi pada saluran pernapasan atas atau naiknya asam lambung dapat menjadi penyebabnya.

Tenggorokan yang teriritasi oleh alergi juga dapat memicu produksi lendir atau menyebabkan batuk. Upaya untuk meredakan kondisi ini dapat dilakukan dengan pendekatan yang tidak melibatkan penggunaan obat-obatan.

Baca Juga: 9 Makanan Terburuk untuk Penderita GERD, Cek Juga Makanan Terbaiknya

Penyebab sakit tenggorokan

Tenggorokan kering dan gatal

Untuk itu Anda perlu mengenal beberapa penyebab radang tenggorokan yang wajib dipahami. Tentu, apa saja yang membuat sakit tenggorokan timbul? Cek penyebab berikut ini.

1. Kekurangan Cairan

Tubuh mengalami kekurangan cairan, yang dapat menyebabkan dehidrasi, yang pada gilirannya dapat membuat tenggorokan menjadi kering dan nyeri. Penting untuk memastikan asupan cairan yang cukup, seperti mengonsumsi setidaknya 8 gelas air sehari.

2. Sinusitis

Sinusitis atau infeksi pada sinus, dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada tenggorokan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh penggunaan AC atau pemanas ruangan berlebihan yang membuat udara menjadi kering.

Pastikan Anda mengupayakan untuk menjaga kelembapan udara di dalam ruangan dengan menggunakan humidifier atau menambahkan tanaman yang membantu menjaga keseimbangan udara.

3. Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Infeksi pada saluran pernapasan seperti flu atau pilek dapat menjadi pemicu sakit tenggorokan. Untuk mengurangi risiko terinfeksi, perhatikan kebersihan tangan dan hindari kontak dengan orang yang sedang sakit.

4. Alergi

Reaksi alergi dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan menyebabkan rasa sakit. Menghindari alergen yang memicu reaksi alergi dapat membantu mencegah ketidaknyamanan pada tenggorokan.

Baca Juga: Cara Murah untuk Atasi Asam Lambung, Cukup Beli Air Kelapa Muda

Mengatasi sakit tenggorokan tanpa obat

Inilah panduan untuk cara mengatasi sakit tenggorokan tanpa minum obat yang wajib dilansir dari NHS UK.

1. Kumur dengan Air Garam

Pertama, taktik untuk meredakan rasa sakit pada tenggorokan tanpa menggunakan obat adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Garam memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi ketidaknyamanan pada tenggorokan.

Caranya cukup sederhana, cukup tambahkan garam secukupnya ke dalam air hangat. Untuk hasil yang lebih optimal, tambahkan madu ke dalam campuran tersebut. Jika dilakukan secara teratur, prosedur ini dapat membantu mengurangi pembengkakan pada tenggorokan.

2. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Disarankan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas sehari. Pembagian waktu untuk mengonsumsi air dapat dilakukan setelah bangun tidur, sebelum beraktivitas, hingga sebelum tidur malam. Dengan menjaga asupan air putih yang cukup, tenggorokan tidak akan terasa kering dan rasa nyeri dapat teratasi.

3. Kurangi Konsumsi Makanan Berlemak

Selanjutnya, penting untuk mengurangi konsumsi makanan yang tinggi lemak dan minyak berlebihan. Makanan yang digoreng mengandung banyak minyak, sehingga sebaiknya dihindari saat tenggorokan sedang sakit agar kondisinya tidak semakin parah. Alternatifnya, Anda dapat memilih makanan yang direbus atau berkuah.

4. Konsumsi Sup atau Kaldu

Sup merupakan pilihan yang tepat ketika tenggorokan sedang bermasalah. Saat mengalami sakit tenggorokan, mungkin sulit untuk menelan makanan biasa. Mengonsumsi sup, terutama yang dicampur dengan asam jawa, dapat membantu membunuh bakteri dalam tubuh dan meredakan peradangan.

5. Konsumsi Suplemen dan Buah-Buahan

Cara lain untuk meredakan sakit tenggorokan adalah dengan mengonsumsi buah-buahan dan suplemen yang kaya akan vitamin. Vitamin C, yang diperoleh dari makanan dan minuman tertentu, dapat membantu membunuh bakteri penyebab peradangan pada tenggorokan.

Selain membantu meredakan sakit tenggorokan, vitamin C juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Buah-buahan kaya vitamin C meliputi jeruk, jambu biji merah, kiwi, stroberi, dan anggur.

6. Beri Waktu Istirahat yang Cukup

Terakhir, selain langkah-langkah di atas, penting untuk memberikan tubuh waktu istirahat yang cukup. Tidur yang memadai pada malam hari atau tidur siang sebentar selama sekitar 30 menit dapat membantu tubuh melawan penyakit atau virus penyebab sakit tenggorokan.

7. Konsumsi Madu

Madu yang dicampur dalam teh atau dikonsumsi langsung merupakan pengobatan umum untuk meredakan sakit tenggorokan. Menurut penelitian tahun 2021, madu terbukti sama efektifnya dengan obat penekan batuk dextromethorphan dalam meredakan batuk pada anak-anak.

Dextromethorphan adalah bahan aktif dalam produk seperti Robitussin dan Delsym. Bahkan, efek madu terhadap infeksi saluran pernapasan atas akut dieksplorasi.

Peneliti menyimpulkan bahwa madu lebih efektif dalam meredakan gejala dibandingkan dengan pengobatan lain, termasuk antibiotik dan antihistamin diphenhydramine.

Demikian penjelasan terkait tips beserta cara mengatasi sakit tenggorokan mulai dari air garam hingga makan sup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×