kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Cara Mengkonsumsi dan Manfaat Daun Tespong Untuk Kesehatan yang Mengejutkan


Senin, 22 April 2024 / 09:38 WIB
Cara Mengkonsumsi dan Manfaat Daun Tespong Untuk Kesehatan yang Mengejutkan
ILUSTRASI. Manfaat daun tespong

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai manfaat daun tespong untuk kesehatan yang cukup mengejutkan dan jarang diketahui. Padahal, manfaat daun tespong bisa didapatkan jika diolah dan dikonsumsi dengan benar.

Daun tespong adalah tanaman yang sering dianggap sebagai lalapan, namun sebenarnya memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang mengejutkan. Meskipun sering diabaikan, daun tespong memiliki kandungan nutrisi dan senyawa aktif yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Lantas apa saja manfaat daun tespong tersebut?

Baca Juga: Kenali, 6 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan yang Penting Diketahui

Melansir dari RSC Publishing, daun tespong kerap dijadikan ramuan kecil dan telah dibudidayakan di Asia selama ribuan tahun dan secara tradisional digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Berikut beberapa manfaat daun tespong untuk kesehatan yang jarang diketahui:

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam daun tespong membantu menjaga kesehatan mata. Ini dapat membantu mencegah masalah penglihatan seperti rabun, mata kering, dan degenerasi makula.

Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, Cek 6 Hal Ini

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kombinasi vitamin C dan antioksidan dalam daun tespong dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Mendukung Kesehatan Kulit

Vitamin A dalam daun tespong membantu menjaga kelembapan dan elastisitas kulit, serta membantu mengurangi risiko masalah kulit seperti jerawat dan keriput.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan antioksidan dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Banyak Khasiatnya, Cek 9 Manfaat Buah Pinang Untuk Kesehatan

Mengontrol Gula Darah

Studi menunjukkan bahwa daun tespong memiliki efek positif pada kontrol gula darah, sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang berisiko mengembangkan kondisi tersebut.

Cara Mengonsumsi Daun Tespong

Ada beberapa cara untuk mengonsumsi daun tespong, antara lain:

Dikonsumsi Langsung: Daun tespong dapat dimakan secara langsung setelah dicuci bersih. Biasanya dimasak seperti sayuran hijau atau ditambahkan ke dalam salad.

Dijadikan Teh: Daun tespong dapat direbus untuk membuat teh yang kaya akan nutrisi. Cukup rebus daun dalam air mendidih selama beberapa menit, saring, dan minum.

Ditambahkan ke dalam Masakan: Anda juga dapat menambahkan daun tespong ke dalam berbagai masakan, mulai dari sup hingga tumisan, untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan? Ada 8 Hal Unik

Meskipun daun tespong memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak. Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap tanaman ini. Selalu pastikan untuk mencucinya dengan baik sebelum mengonsumsinya, terutama jika Anda mengumpulkannya dari tempat yang terkontaminasi oleh pestisida atau polusi.

Selain itu, konsultasikan dengan profesional medis sebelum menambahkan daun tespong ke daftar makanan Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sedang dalam pengobatan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×