kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Cara Minum Air Kelapa untuk Obati Asam Lambung, Minum Rutin Selama 2 Minggu


Jumat, 22 Desember 2023 / 07:14 WIB
Cara Minum Air Kelapa untuk Obati Asam Lambung, Minum Rutin Selama 2 Minggu
ILUSTRASI. Air kelapa muda sudah menjadi salah pilihan masyarakat untuk mengobati beberapa jenis penyakit, termasuk asam lambung. Kontan/Alri kemas

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie, Kompas TV | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

CARA MENGATASI ASAM LAMBUNG - Siapa yang tidak suka air kelapa muda. Air kelapa muda ini sudah menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Salah satunya asam lambung.

Asam lambung merupakan penyakit umum yang banyak diderita masyarakat Indonesia. Penyakit ini berkaitan dengan tingkat stres dan pola makan seseorang yang berantakan.

Kala asam lambung naik, beberapa gejala seperti batuk, mual, bersendara terus menerus, hingga sakit tenggorokan akan dirasakan.

Hal ini tentunya akan menghambar aktivitas sehari-hari apabila tidak segera ditangani dengan baik.

Banyak obat yang diklaim mampu meredakan asam lambung dalam waktu singkat. Namun, bagi Anda yang enggan mengonsumsi obat, air kelapa muda bisa menjadi alternatif.

Khasiat air kelapa muda

Melansir laman Kemkes.go.id, buah kelapa muda merupakan salah satu produk tanaman tropis yang unik karena di samping komponen daging buahnya dapat langsung dikonsumsi, juga komponen air buahnya dapat langsung diminum tanpa melalui pengolahan. 

Keunikan ini ditunjang oleh sifat fisik dan komposisi kimia daging dan air kelapa, sehingga produk ini sangat digemari konsumen baik anak-anak maupun orang dewasa.

Baca Juga: 13 Manfaat Teh Hijau jika Diminum Rutin, Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah kelapa muda selain bernilai ekonomi tinggi, daging buahnya memiliki komposisi gizi yang cukup baik, antara lain mengandung asam lemak dan asam amino esensial yang sangat dibutuhkan tubuh. 

Sedangkan air kelapa selain sebagai minuman segar juga mengandung bermacam-macam mineral, vitamin dan gula serta asam amino esensial sehingga dapat dikategorikan sebagai minuman ringan bergizi tinggi dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit. 

Akan tetapi bagi sebagian konsumen, mengkonsumsi air kelapa hanya dianggap sebagai minuman untuk menghilangkan rasa haus. Sedangkan daging buahnya hanya sebagai pelengkap setelah minum airnya. 

Baca Juga: Berapa Jumlah Kalori Kentang Rebus? Ini Perbandingannya dengan Nasi Putih

Dibandingkan dengan minuman ringan lainnya, air kelapa yang mengandung nutrisi yang cukup baik dapat dikategorikan sebagai minuman bergizi tinggi, higienis, dan alami serta telah banyak dibuktikan dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Air kelapa muda kaya akan elektrolit, seperti kalium, natrium, dan magnesium, yang dapat mengatasi dan mencegah dehidrasi ringan termasuk untuk mengatasi mual dan muntah saat hamil. Air kelapa muda juga mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin C, dan antioksidan.

Berkat kandungan antioksidan dan beragam nutrisi, air kelapa muda sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Berikut ini adalah berbagai manfaat air kelapa muda untuk kesehatan :

1. Mengontrol dan menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

3. Mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

4. Meredakan gejala diare.

5. Mencegah terbentuknya batu ginjal.

6. Menurunkan dan mengontrol gula darah.

7. Mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

8. Meredakan gejala asam lambung.

Baca Juga: 7 Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan yang Jangan Dilewatkan

Untuk mendapatkan manfaat air kelapa muda secara maksimal, sebaiknya mengonsumsi air kelapa murni yang diperoleh langsung dari buah kelapa. Disarankan untuk tidak menambahkan gula atau pemanis buatan saat mengonsumsinya.

Air Kelapa untuk Asam Lambung

Melansir Healthline, mengonsumsi air kelapa tanpa pemanis tambahan bisa menjadi pilihan yang baik bagi penderita asam lambung.

Air kelapa merupakan sumber yang baik dari elektrolit yang bermanfaat seperti potasium.

Elektrolit ini mampu meningkatkan keseimbangan pH dalam tubuh yang penting untuk mengendalikan asam lambung agar tidak naik.

Bagaimana Aturan Minumnya?

Melansir Kontan.co.id, penderita asam lambung dapat mengonsumsi air kelapa muda sebanyak satu buah secara rutin selama dua minggu.

Selain mampu mengobati asam lambung, air kelapa juga berfungsi untuk mengatasi dehidrasi, mengontrol tekanan darah, menurunkan berat badan, hingga menetralisir racun di tubuh.

Selain mengonsumsi air kelapa secara rutin selama dua minggu, penderita asam lambung juga sebaiknya menghindari beberapa minuman yang dapat memicu naiknya asam lambung.

Seperti jus jeruk, jus lemon, jus jeruk nipis, jus anggur, kopi, hingga alkohol.


Sebagian artikel ini sudah tayang di Kompas.tv berjudul: Ampuh! Begini Aturan Minum Air Kelapa untuk Mengobati Asam Lambung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×