kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Catat 5 Jenis Ikan untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Sabtu, 23 Maret 2024 / 14:15 WIB
Catat 5 Jenis Ikan untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
ILUSTRASI. Jenis Ikan untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Proses pengobatan dalam mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi, memerlukan pemilihan makanan yang tepat. Salah satu opsi terbaik adalah mengonsumsi ikan yang kaya akan Omega 3 secara rutin.

Hipertensi merupakan kondisi di mana tekanan darah dalam arteri berada pada tingkat yang lebih tinggi dari normal secara terus-menerus, yang bisa menjadi masalah kesehatan serius dengan risiko penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya.

Makanan yang sehat, seperti ikan, merupakan bagian penting dari manajemen hipertensi. Ikan diketahui kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan memperlancar aliran darah dan mengurangi peradangan.

Konsumsi ikan secara teratur juga dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah serta menurunkan risiko penyakit jantung. Namun, penting untuk memilih jenis ikan laut yang lebih aman dan sehat, terutama untuk menghindari risiko kanker.

Baca Juga: 7 Cara Menurunkan Berat Badan saat Puasa

Jenis ikan untuk penderita hipertensi

Ikan salmon

Ikan juga merupakan sumber protein yang sehat karena rendah lemak jenuh, yang dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah. Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan, seperti asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA), dapat menurunkan risiko aritmia dan trigliserida dalam darah.

Oleh karena itu, mengonsumsi ikan sebagai bagian dari pola makan sehat dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan bagi penderita hipertensi.

Catat jenis ikan yang baik untuk penderita tekanan darah tinggi berikut ini bisa menjadi opsi dilansir dari Everyday Health.

Baca Juga: 5 Jenis Ikan yang Cocok untuk Dibakar dan Tips Memanggangnya

1. Ikan Salmon

Salmon adalah salah satu sumber utama omega-3, asam lemak yang dikenal dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan.

EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam dokosaheksaenoat) adalah beberapa zat penting yang terkandung dalam salmon. Keduanya membantu menurunkan tekanan darah serta mengurangi peradangan dalam tubuh.

2. Ikan Sarden

Sarden juga merupakan sumber omega-3 yang baik dan dapat menjadi alternatif sehat untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, kandungan kalsium dan vitamin D dalam sarden juga mendukung kesehatan jantung dan tekanan darah.

3. Ikan Tuna

Tuna kaya akan omega-3 dan protein, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan otot. Pilihlah tuna dalam kaleng yang berlabel "tuna berair" untuk menghindari kadar merkuri yang tinggi, karena biasanya ukurannya lebih kecil dan memiliki kadar merkuri yang lebih rendah.

4. Ikan Mackerel

Mackerel adalah salah satu ikan yang kaya akan omega-3 dan vitamin D. Konsumsi rutin mackerel dapat memberikan efek positif dalam menurunkan tekanan darah.

5. Ikan Trout

Trout atau ikan pelangi adalah sumber omega-3 yang rendah kalori. Ini merupakan alternatif baik bagi yang tidak menyukai ikan berlemak dari laut namun tetap ingin mendapatkan manfaat omega-3.

Selain itu, penting untuk memasak atau menyiapkan ikan dengan cara yang sehat, seperti dipanggang, direbus, atau dikukus, agar nilai nutrisinya tetap terjaga.

Tak hanya mengonsumsi ikan, pastikan juga untuk menjaga pola makan seimbang dengan memasukkan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan sumber protein rendah lemak lainnya dalam diet Anda.

Itulah sederet informasi terkait rekomendasi ikan yang baik untuk penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Selanjutnya: Kolaborasi Multi-stakeholder Untuk Dukung Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan

Menarik Dibaca: Ragam Ibadah yang Boleh Dilakukan Wanita Muslim saat Menstruasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×