kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Catat 5 Penyakit Terkait Telapak Kaki Sakit dan Panas yang Wajib Diwaspadai


Rabu, 20 Desember 2023 / 15:50 WIB
Catat 5 Penyakit Terkait Telapak Kaki Sakit dan Panas yang Wajib Diwaspadai
ILUSTRASI. Catat 5 Penyakit Terkait Telapak Kaki Sakit dan Panas yang Wajib Diwaspadai

Penulis: Bimo Kresnomurti

Penyakit Terkait Telapak Kaki Sakit - JAKARTA. Pelajari penyebab nyeri pada telapak kaki dan penyakit terkait yang kurang dikenal. Kesehatan telapak kaki memiliki dampak yang signifikan pada tingkat produktivitas seseorang.

Telapak kaki adalah bagian bawah kaki manusia yang menghubungkan area jari kaki dengan tumit. Meskipun tidak selalu terlihat, penampilan telapak kaki menyembunyikan struktur yang kompleks, terdiri dari otot, ligamen, tulang, dan kulit.

Semua elemen ini bekerja bersinergi untuk mendukung fungsi penting dalam aktivitas sehari-hari, termasuk bergerak, berdiri, dan menjalankan tugas rutin.

Telapak kaki memiliki peran vital dalam menopang berat tubuh ketika seseorang berdiri, berjalan, berlari, atau melibatkan diri dalam aktivitas lainnya. Tulang dan jaringan di telapak kaki bekerja sama untuk menyeimbangkan beban tubuh dan mencegah terjadinya tekanan berlebihan pada area tertentu.

Baca Juga: Cara Alami Meredakan Asam Urat Tinggi di Pergelangan Kaki

Telapak kaki panas

Saat berjalan atau berlari, telapak kaki berfungsi sebagai penyerap guncangan. Struktur fleksibel di dalam telapak kaki, seperti lengkungan kaki dan lemak di bawah kulit, membantu meredam guncangan yang timbul akibat tubuh yang bergerak.

Nah, telapak kaki berkontribusi pada keseimbangan tubuh. Struktur lengkungan kaki membantu mempertahankan keseimbangan saat berdiri atau bergerak.

Namun, dari beberapa fungsi di atas, seseorang bisa saja mengalami gangguan yang bisa diakibatkan oleh beberapa faktor.

Penyabab telapak kaki sakit

Berbagai faktor dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau rasa sakit pada telapak kaki.

  • Ketegangan Otot: Rasa sakit pada telapak kaki dapat disebabkan oleh tegangan otot yang muncul akibat aktivitas fisik yang berlebihan, pemakaian sepatu yang tidak ergonomis, atau postur tubuh yang tidak baik.
  • Kaki Rata atau Datar: Kondisi kaki rata atau datar dapat menciptakan tekanan tidak merata pada telapak kaki, yang dapat mengakibatkan ketidaknyamanan atau rasa sakit.
  • Ketidakseimbangan Otot Lutut: Gangguan pada otot lutut dapat menyebabkan ketidakstabilan gerakan kaki dan berpotensi menimbulkan rasa sakit pada telapak kaki.
  • Pembengkakan atau Cedera: Cedera langsung, seperti memar atau keseleo pada telapak kaki, dapat menjadi penyebab nyeri.
  • Infeksi: Infeksi seperti kurap atau infeksi jamur pada kaki dapat menghasilkan rasa sakit dan gatal pada telapak kaki.
  • Penggunaan Sepatu yang Tidak Sesuai: Pemilihan sepatu yang tidak cocok atau tidak nyaman untuk bentuk kaki dapat mengakibatkan ketidaknyamanan dan nyeri pada telapak kaki.
  • Stres Berlebihan: Aktivitas fisik yang intens atau berkelanjutan dapat menimbulkan stres berlebih pada kaki, yang berpotensi menyebabkan nyeri pada telapak kaki.

Nah, selain itu, ada penyakit yang menyertai rasa sakit pada telapak kaki yang patut diwaspadai.

Baca Juga: Paduan Nanas & Jahe Bisa Atasi Asam Urat, Cek 3 Obat Herbal Lainnya

Penyakit yang berkaitan dengan telapak kaki

Berikut ini beberapa penyakit terkait telapak kaki sakit saat berjalan dilansir dari Very Well Health.

1. Plantar fasciitis

Plantar fasciitis menjadi salah satu pemicu nyeri kaki umum, terjadi akibat peradangan pada jaringan yang dikenal sebagai plantar fascia yang membentang dari tulang tumit hingga pangkal jari kaki. Nyeri yang diakibatkan oleh plantar fasciitis bersifat tajam dan menusuk, terutama terasa pada tumit dan/atau lengkungan kaki.

Gejala cenderung mencapai puncaknya pada pagi hari setelah bangun tidur. Faktor risiko termasuk memiliki kaki datar atau lengkungan yang sangat tinggi, kelebihan berat badan, atau mengalami obesitas.

2. Neuropati Perifer

Neuropati perifer adalah kondisi nyeri yang disebabkan oleh kerusakan saraf di luar otak dan sumsum tulang belakang, yang dikenal sebagai saraf tepi. Kondisi ini dapat menghasilkan rasa sakit dan sensasi abnormal pada tangan dan kaki, seperti kesemutan, sensasi terbakar, atau rasa menusuk.

Nyeri neuropati cenderung memburuk saat berjalan atau berdiri. Kerusakan saraf tepi yang menyebabkan nyeri pada telapak kaki ini dapat terkait dengan diabetes, penyalahgunaan alkohol, penyakit Lyme, atau penyakit autoimun.

Selain itu kaki akan mendapatkan sensasi seperti terasa panas dan terbakar.

3. Neuroma

Neuroma adalah massa sel saraf yang tidak normal yang dapat terbentuk di antara jari kaki, biasanya setelah mengalami cedera. Gejalanya mencakup rasa sakit terbakar di telapak kaki, disertai mungkin mati rasa dan kesemutan yang menyebar ke jari kaki.

Kondisi neuroma dapat terasa seperti adanya ganjalan berupa benda asing di sepatu. Ini sering terjadi antara jari kaki kedua dan ketiga atau ketiga dan keempat, dan perempuan, terutama saat melahirkan, berisiko mengalaminya.

4. Metatarsalgia

Metatarsalgia merujuk pada nyeri di telapak kaki di wilayah tempat lima tulang metatarsal berada, menghubungkan pergelangan kaki ke kelima jari kaki. Nyeri akibat metatarsalgia biasanya bersifat tajam, nyeri, atau terbakar, terutama saat berdiri, berlari, berjalan, atau menggerakkan kaki. Kondisi ini umumnya dialami oleh orang yang aktif melakukan kegiatan berdampak tinggi, seperti lari atau melompat.

5. Sesamoiditis

Sesamoiditis adalah peradangan pada dua tulang kecil yang terletak di bawah bantalan jempol kaki, yang dikenal sebagai sesamoid. Gejala sesamoiditis melibatkan nyeri tumpul dan pembengkakan di pangkal jempol kaki. Jika tulang-tulang ini terus menerus menahan tekanan berlebihan, dapat menyebabkan fraktur stres.

Kapan penanganan harus dilakukan?

Saat telapak kaki kerap timbul rasa sakit hingga kehilangan sensasi atau sensasi abnormal seperti kesemutan atau terbakar, segera ke dokter spesialis.

Kondisi seperti perubahan bentuk atau deformitas kaki yang terlihat, tulang menonjol melalui kulit, luka robek parah yang menyebabkan pendarahan wajib Anda waspadai.

Tentu, langkah ini bisa menjadi awalan untuk mendeteksi penyakit lain yang terkait dengan rasa sakit pada telapak kaki.

Itulah informasi terkait penyebab telapak kaki sakit dan penyakit terkait lainnya yang wajib Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×