kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Catat 6 Penyebab Jari Tangan Kaku saat Bangun Tidur Terkait Penyakit Sendi


Selasa, 27 Februari 2024 / 14:20 WIB
Catat 6 Penyebab Jari Tangan Kaku saat Bangun Tidur Terkait Penyakit Sendi
ILUSTRASI. Tangan?sakit setelah bangun tidur

Penulis: Bimo Kresnomurti

Penyebab Jari Tangan Kaku  - JAKARTA. Ketahui penyebab jari tangan kaku saat bangun tidur. Kondisi nyeri yang berada pada bagian jari tangan bisa saja menandakan masalah kesehatan.

Jari tangan yang terasa kaku saat bangun tidur adalah gejala umum yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor, dan kondisi ini dikenal sebagai morning gel.

Jari tangan kaku saat bangun tidur merupakan hal yang umum terjadi dan dikenal sebagai morning gel. Hal ini disebabkan oleh pengentalan cairan sinovial, pelumas alami sendi, saat Anda tidak bergerak.

Cairan sinovial membantu pergerakan sendi agar lancar seperti engsel pintu yang dilumasi. Saat Anda istirahat, cairan ini mengendap dan mengental, menyebabkan kekakuan.

Baca Juga: Tanda-Tanda Pradiabetes yang Tidak Boleh Anda Sepelekan

Sendi memerlukan pelumasan agar dapat beroperasi dengan lancar. Itu sebabnya Anda meminyaki atau melumasi engsel pintu yang berderit.

Bahannya yang licin memungkinkan pergerakan halus pada lutut, siku, dan sendi lainnya. Semakin banyak Anda bergerak, semakin banyak cairan ini bersirkulasi di persendian Anda untuk menjaga semuanya tetap lancar.

Namun saat Anda istirahat, pelumas itu mengendap dan mengental.  Hal ini umum terjadi dan dapat memengaruhi orang dari segala usia.

Sayangnya, ada beberapa penyakit lain yang ditandai dengan adanya jari tangan kaku saat bangun tidur.

Penyebab jari tangan kaku

Ilustrasi Kesehatan

Penyakit dan faktor yang bisa menyebabkan jari tangan kaku saat bangun tidur, dirangkum dari laman Cleveland.

1. Osteoarthritis dan Arthritis lainnya

Bila Anda mengalami osteoarthritis atau bentuk arthritis lain yang mempengaruhi sendi, seperti arthritis rheumatoid, gejala kaku pada jari tangan bisa menjadi lebih parah setelah Anda terbangun dari tidur.

2. Respon Peradangan

Beberapa kondisi, seperti tendinitis atau arthritis, dapat menyebabkan peradangan pada sendi tangan. Saat Anda tidur, peradangan ini mungkin semakin meningkat dan menyebabkan jari-jari terasa kaku saat Anda bangun.

3. Penumpukan Cairan di Sendi

Ketika tidur, cairan tubuh dapat mengumpul di sekitar sendi tangan, terutama jika tangan berada dalam posisi tertentu selama tidur. Ini dapat mengakibatkan rasa kaku dan kesulitan dalam menggerakkan jari-jari saat Anda bangun.

Pastikan untuk menggerakkan jari tangan secara perlahan setelah bangun, sehingga cairan pada sendi dapat mulai mengalir.

Baca Juga: 7 Tanda Asam Urat dalam Tubuh Melonjak, Muncul Benjolan Aneh di Persendian

4. Pola Tidur dan Posisi Tangan

Posisi tidur yang tidak alami atau tangan yang tertekuk selama tidur dapat menyebabkan tekanan berlebih pada sendi, sehingga menyebabkan jari tangan terasa kaku saat bangun.

Pola tidur yang buruk, termasuk posisi tidur yang tidak nyaman, juga dapat menjadi penyebab jari tangan kaku setelah bangun tidur.

5. Kondisi Kesehatan Lainnya

Beberapa kondisi kesehatan seperti sindrom terowongan karpal, lupus, atau gangguan neurologis tertentu dapat memengaruhi sensasi dan pergerakan jari tangan setelah tidur.

Suhu ruangan yang rendah atau kelembaban udara yang kurang dapat memengaruhi sendi dan otot, menghasilkan rasa kaku pada jari tangan ketika bangun tidur.

6. Penuaan

Proses penuaan dapat mengakibatkan penurunan elastisitas dan fleksibilitas sendi serta jaringan ikat, yang mungkin menyebabkan rasa kaku di pagi hari.

Untuk mengatasi rasa kaku pada jari tangan setelah tidur, Anda dapat mencoba melakukan peregangan sederhana, memijat tangan, atau merendamnya dalam air hangat.

Apabila gejala berlanjut atau memburuk, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut dan diagnosis yang tepat.

Dari beberapa penyebab jari tangan kaku saat bangun tidur yang menjadi tanda masalah kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×