kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Catat 6 Penyebab Sembelit yang Berasal dari Makanan


Selasa, 05 Maret 2024 / 12:01 WIB
Catat 6 Penyebab Sembelit yang Berasal dari Makanan
ILUSTRASI. Ada beberapa penyebab sembelit yang berasal dari makanan

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali sederet makanan penyebab sembelit atau susah BAB yang wajib diketahui. Konsumsi makanan sehat perlu untuk menyehatkan sistem pencernaan dan menghindari susah Buang Air Besar atau BAB.

Sembelit adalah kondisi di mana terjadi sulit buang air besar atau frekuensi buang air besar yang rendah, sering disertai dengan kerasnya tinja.

Beberapa makanan dapat menyebabkan sembelit atau memperburuk gejalanya. Sehingga, Anda perlu membatasinya secara langsung karena sistem pencernaan bekerja dalam sehari.

Makanan rendah serat adalah penyebab umum sembelit. Serat membantu melunakkan tinja dan meningkatkan gerakan usus.

Baca Juga: Ini 7 Minuman Pelancar BAB yang bisa Menjadi Solusi Gejala Konstipasi

Penyebab sembelit dari makanan

Produk olahan susu

Makanan rendah serat meliputi daging olahan, produk susu, makanan cepat saji, dan makanan yang terlalu diproses.

Selain itu, konsumsi minuman yang tidak sesuai dengan timbangan berat badan akan menyulitkan tubuh mengolah makanan. Bahkan, ini akan berdampak juga pada kesehatan ginjal untuk mengolah protein dan zat lainnya.

Untuk itu, Anda perlu mengenal beberapa makanan penyebab sembelit yang wajib dihindari. Simak daftar makanan penyebab sembelit yang rendah serat dilansir dari laman Everyday Health.

Baca Juga: 11 Manfaat Seledri & Kandungan Nutrisinya, Bisa Turunkan Tensi Hingga Kolesterol

1. Daging Merah

Tingginya kandungan protein dan lemak dalam daging merah membuatnya lambat dicerna. Absennya serat, yang esensial untuk mencegah sembelit, menjadi kekurangan utama daging merah.

Konsumsi daging merah dapat mengurangi asupan makanan kaya serat, yang berpotensi memperburuk kondisi sembelit. Alternatifnya, konsumsilah daging dengan tambahan makanan yang kaya serat untuk membantu mengatasi sembelit.

2. Makanan Goreng

Makanan yang digoreng dan kaya minyak memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna daripada opsi yang lebih sehat. Beberapa studi menemukan bahwa makanan jenis ini dapat memicu gerakan usus yang lebih cepat dan lancar pada sebagian orang. Adalah penting untuk memastikan konsumsi makanan kaya serat seperti buah, sayuran, dan biji-bijian untuk keseimbangan.

3. Produk Susu

Keju, es krim, dan varietas produk susu lain kaya akan kalsium dan cenderung memiliki sifat yang dapat menyebabkan sembelit bagi sebagian orang karena kemampuannya yang kuat untuk mengikat. Anak-anak kecil dan balita bisa lebih rentan terhadap efek ini.

Namun, produk susu yang difermentasi seperti yogurt dan kefir bisa bermanfaat untuk kesehatan pencernaan dan berpotensi mengurangi risiko sembelit.

4. Pisang

Menariknya, pisang bisa jadi baik atau buruk untuk sembelit tergantung pada tingkat kematangannya. Pisang yang matang mengandung serat larut yang dapat mencegah sembelit, sedangkan pisang hijau mengandung pati resisten yang dapat menyebabkan sembelit.

5. Olahan Makanan Ringan

Keripik, cookies, dan snack olahan lainnya, yang tinggi akan garam, gula, dan lemak serta memiliki kadar air yang rendah, seringkali berkontribusi pada sembelit.

Kue kering dan snack yang mengandung karbohidrat olahan sering berdampak buruk pada pencernaan. Sebagai gantinya, roti gandum dan nasi merah bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk mengurangi sembelit dibandingkan dengan roti putih dan nasi putih.

6. Makanan Beku

Meskipun praktis, makanan beku jarang menyediakan nutrisi yang setara dengan makanan segar yang disiapkan di rumah, menempatkannya sebagai salah satu pemicu sembelit.

Itulah beberapa informasi yang berkaitan dengan penyebab sembelit yang berasal dari makanan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×