kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.503.000   7.000   0,47%
  • USD/IDR 15.464   36,00   0,23%
  • IDX 7.742   6,84   0,09%
  • KOMPAS100 1.203   0,89   0,07%
  • LQ45 960   1,22   0,13%
  • ISSI 233   -0,20   -0,09%
  • IDX30 493   0,93   0,19%
  • IDXHIDIV20 592   1,55   0,26%
  • IDX80 137   0,16   0,11%
  • IDXV30 143   0,06   0,05%
  • IDXQ30 164   0,24   0,15%
AKTUAL /

Catat 7 Makanan Rendah Purin untuk Diet Penderita Asam Urat


Sabtu, 03 Februari 2024 / 15:00 WIB
Catat 7 Makanan Rendah Purin untuk Diet Penderita Asam Urat
ILUSTRASI. Biji-bijian sereal cereal salah satu makanan rendah purin

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pahami makanan yang rendah purin untuk individu yang mengalami asam urat. Penting untuk memperhatikan pola makan yang sehat bagi penderita batu ginjal dan asam urat, termasuk memperhatikan pantangan mengonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi.

Purin merupakan senyawa kimia alami yang terdapat dalam beberapa jenis makanan. Proses pencernaan purin dalam tubuh mengubahnya menjadi asam urat. Secara umum, asam urat dapat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui ginjal.

Namun, jika kadar asam urat terlalu tinggi atau tubuh tidak dapat mengeluarkannya dengan efisien, dapat terjadi penumpukan asam urat yang berlebihan. Keadaan ini dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit asam urat atau pembentukan batu ginjal.

Kristal asam urat yang menumpuk di persendian dan tendon dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal atau permasalahan terkait asam urat. Oleh karena itu, pemilihan makanan yang rendah purin menjadi langkah penting untuk mengelola kondisi tersebut.

Baca Juga: 8 Jenis Minuman untuk Obati Hipertensi, Salah Satunya Jus Bayam

Bahaya konsumsi purin

Peningkatan kadar asam urat dapat terjadi karena faktor genetik, pola makan yang tidak sehat, obesitas, konsumsi alkohol yang berlebihan, dan beberapa kondisi medis tertentu.

Makanan yang mengandung purin tinggi dapat memicu peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Bahaya utama dari peningkatan kadar asam urat adalah terjadinya kondisi seperti potensi asam urat yang semakin parah hingga batu ginjal.

Peningkatan kadar asam urat dapat menyebabkan terbentuknya kristal asam urat di persendian, yang menyebabkan peradangan dan nyeri yang parah. Ini dikenal sebagai penyakit asam urat atau gout.

Selain itu, Penumpukan asam urat yang berlebihan dalam ginjal dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Batu ginjal dapat menyebabkan nyeri hebat, infeksi saluran kemih, atau bahkan gangguan fungsi ginjal jika tidak diobati.

Baca Juga: 7 Tanda-Tanda Asam Urat yang Kerap Diabaikan, Cek Gaya Hidup untuk Mengatasinya

Makanan rendah purin

Panen Telur Organik Omega

Untuk mengurangi risiko peningkatan kadar asam urat, disarankan untuk mengonsumsi makanan rendah purin. Diet rendah purin dapat menurunkan kadar asam urat dalam aliran darah. Ini dapat membantu mengurangi risiko pengembangan hiperurisemia dan kondisi terkaitnya.

Berikut ini daftar makanan rendah purin yang mudah dijumpai dilansir dari Healthline.

1. Buah-buahan

Salah satu opsi makanan rendah purin yang bisa dijadikan bagian dari diet adalah makanan yang tidak memicu peningkatan kadar purin. Beberapa buah umumnya memiliki kandungan purin yang rendah dan kaya akan serat serta antioksidan.

Nah, untuk contoh buah-buahan dengan kadar purin rendah termasuk apel, pisang, ceri, jeruk, mangga, semangka, dan anggur.

2. Sayuran hijau dan merah

Sebagian besar sayuran juga cenderung memiliki kadar purin yang rendah dan mengandung banyak serat. Pilihan yang baik termasuk sayuran hijau seperti bayam, brokoli, wortel, mentimun, kentang, tomat, paprika, dan seledri.

3. Sereal dan Roti

Anda bisa memilih sereal dari gandum utuh, oatmeal, beras merah, dan roti gandum dapat diandalkan sebagai sumber karbohidrat rendah purin.

4. Produk Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak, yogurt rendah lemak, dan keju rendah lemak atau tanpa lemak bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan protein. Penting juga untuk mengetahui produk susu rendah laktosa sebagai opsi makanan rendah purin.

5. Telur Omega 3

Telur merupakan sumber protein yang rendah purin. Disarankan untuk memilih telur dengan kandungan omega-3 yang tinggi sebagai sumber protein yang berkualitas.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang polong, dan kedelai juga memiliki kadar purin yang rendah, sambil menyediakan serat dan protein nabati. Tetap perhatikan potensi alergi terhadap kacang agar terhindar dari masalah kesehatan lainnya.

7. Ikan Laut

Beberapa jenis ikan laut seperti salmon, trout, dan ikan cod umumnya memiliki kadar purin yang rendah dan mengandung asam lemak omega-3. Sementara protein tetap menjadi pilihan utama, penting untuk diingat bahwa toleransi purin setiap orang berbeda, dan beberapa makanan rendah purin masih mengandung sedikit purin.

Melansir dari Mayo Clinic, diet purin bagus untuk siapa saja yang membutuhkan bantuan dalam mengatasi asam urat atau batu ginjal. Ini juga mendorong makan makanan seperti buah dan sayuran daripada daging berminyak.

Sehingga, diet rendah purin bisa membantu meski tidak memiliki kelainan dan hanya ingin makan lebih sehat. Ini didukung dengan penelitian dari 4.500 orang menunjukkan bahwa dalam diet purin dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena asam urat tinggi. Ini mungkin karena sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang ada dalam jenis diet ini.

Melalui informasi terkait makanan rendah purin di atas cocok untuk penderita asam urat sebagai langkah diet mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Penerapan Etika Dalam Penagihan Kredit Macet Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK

×