kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Catat 7 Makanan Sehat selama Perjalanan Mudik Lebaran


Rabu, 03 April 2024 / 12:39 WIB
Catat 7 Makanan Sehat selama Perjalanan Mudik Lebaran
ILUSTRASI. Mudik lebaran dan berpuasa

Penulis: Bimo Kresnomurti

Makanan Sehat selama Perjalanan Mudik Lebaran - JAKARTA. Catat rekomendasi makanan dan minuman sehat selama perjalanan mudik Lebaran. Beberapa rekomendasi makanan berikut ini diklaim menjaga kondisi tubuh bagi pemudik yang menempuh perjalanan jarak jauh.

Makanan dan minuman sehat dapat membantu membuat perjalanan jauh menjadi lebih nyaman dan membantu menjaga energi selama perjalanan.

Terlebih lagi, saat kondisi puasa, sebaiknya konsumsi makanan dan minuman sehat pada saat sahur.

Pilihan makanan bekal tentu menjadi bagian penting dari pengalaman perjalanan darat, dan bepergian untuk makan adalah pendorong yang meningkat (maksud kata-kata) dari perencanaan rencana perjalanan.

Penelitian Destination Analysts di Amerika Serikat, lebih dari 20% traveler memilih makanan dan minuman yang berpengaruh selama perjalanan jauh. Tentu, memilih makanan yang tepat untuk perjalanan jauh memiliki beberapa alasan yang penting.

Baca Juga: Simak 7 Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan, Superfood Kaya Nutrisi

Makanan dan Minuman Sehat untuk Perjalanan Jauh

Bekal mudik

Perjalanan jauh dapat membuat tubuh merasa lelah dan lelah. Dengan memilih makanan yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa Anda memiliki cukup energi untuk menjalani perjalanan dan menjaga kesehatan tetap terjaga.

Pastikan Anda menyiapkan makanan sendiri selama perjalanan jauh dapat membantu Anda menghemat waktu dan uang. Dengan membawa makanan sendiri, Anda tidak perlu berhenti untuk makan atau membeli makanan yang mahal di rest area atau tempat perhentian lainnya.

Saat kondisi lapar dan dehidrasi dapat membuat Anda merasa tidak nyaman selama perjalanan jauh. Dengan membawa makanan dan minuman yang cukup, Anda dapat menghindari rasa lapar dan dehidrasi yang tidak perlu.

Makanan yang dipilih secara tepat dapat membantu meningkatkan kenyamanan selama perjalanan jauh. Pilihlah makanan yang mudah dikonsumsi dan tidak terlalu berat, seperti makanan ringan, sehingga tidak perlu khawatir tentang makanan yang tidak nyaman selama perjalanan.

Intip makanan dan minuman untuk perjalanan mudik dilansir dari Drift Travel.

Baca Juga: Ingin Menurunkan Kadar Kolesterol? Rutin Makan 5 Buah Ini

Berikut beberapa contoh makanan dan minuman yang direkomendasikan untuk perjalanan jauh.

1. Buah-buahan segar

Pilihan makanan sehat yang cocok untuk menemani perjalanan jauh adalah buah-buahan segar. Buah-buahan dapat memberikan energi dan asupan vitamin yang dibutuhkan selama perjalanan.

Pilihlah buah-buahan yang mudah dimakan seperti jeruk, apel, dan pisang yang praktis dibawa dan tidak memerlukan banyak persiapan.

2. Sayuran segar

Sayuran seperti wortel dan selada bisa menjadi camilan sehat yang mudah dibawa dan menyediakan nutrisi yang penting. Anda bisa menyiapkan variasi olahan sayuran yang bergizi dan mudah dibawa.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, dan kacang kedelai kaya akan protein, serat, dan lemak sehat, menjadikannya camilan yang memberikan energi dan bergizi.

Mengonsumsi kacang-kacangan dan buah-buahan kering juga memberikan manfaat dan nutrisi yang baik.

Kacang

4. Roti gandum

Selanjutnya, makanan sehat lainnya untuk perjalanan mudik adalah roti gandum. Roti jenis ini merupakan sumber karbohidrat yang baik, memberikan energi yang dibutuhkan selama perjalanan.
Roti gandum juga bisa menggantikan sumber karbohidrat lain seperti nasi yang dapat memicu rasa kantuk karena kandungan glukosanya yang tinggi.

5. Camilan sehat

Camilan seperti bar granola, yogurt, atau popcorn dapat menjadi opsi camilan sehat yang mudah dibawa. Memilih camilan yang sehat sangat bermanfaat untuk dibawa saat perjalanan darat atau jauh, termasuk bar makanan ringan dan protein.

Camilan ini menyediakan berbagai nutrisi, mulai dari protein hingga serat atau biji-bijian.

6. Smoothie

Minuman smoothie dan shake adalah pilihan lezat yang dapat dinikmati saat sedang dalam perjalanan. Smoothie mudah dan cepat dibuat serta memberikan asupan nutrisi dan vitamin dari buah-buahan dan bahan lainnya.

Selain itu, smoothie juga mengandung gula alami yang membantu menjaga kewaspadaan dan memberikan energi, baik saat dalam perjalanan maupun saat aktif di luar.

Pantangan

Sebagai pemudik yang menempuh perjalanan jauh sebaiknya menhindari makanan yang berlemak tinggi, berat, atau berbau kuat selama perjalanan jauh.

Pemilihan makanan ini dapat membuat Anda merasa kembung atau tidak nyaman saat berkendara. Pastikan untuk memperhatikan porsi makanan dan jangan makan terlalu banyak untuk menghindari rasa kembung dan tidak nyaman selama perjalanan.

Dampaknya, pengemudi dapat merasakan rasa kantuk lebih cepat dan lelah karena tubuh melakukan pekerjaan yang lebih berat. Pemilihan makanan untuk perjalanan jauh penting untuk menjaga kesehatan, kenyamanan, dan menghemat waktu serta uang.

Itulah penjelasan terkait rekomendasi makanan dan minuman sehat untuk perjalanan mudik Lebaran kali ini..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×