kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Catat 7 Makanan Sumber Vitamin Otak yang Baik untuk Fungsi Kognitif


Sabtu, 06 Januari 2024 / 12:03 WIB
Catat 7 Makanan Sumber Vitamin Otak yang Baik untuk Fungsi Kognitif
ILUSTRASI. Ilustrasi orang memakan cokelat hitam.

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Daftar makanan yang alami dan kaya akan vitamin untuk mendukung kesehatan otak dapat dengan mudah dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Meskipun istilah "vitamin otak" tidak umum digunakan dalam konteks ilmu medis, ini mengacu pada jenis vitamin dan nutrisi yang dianggap bermanfaat untuk kesehatan otak dan fungsi kognitif.

Banyak nutrisi ini telah terbukti memainkan peran penting dalam mendukung kesehatan otak dan perkembangan fungsi kognitif. Pentingnya kebutuhan nutrisi ini tidak hanya berlaku untuk anak-anak, tetapi juga berlaku untuk orang dewasa.

Untuk memperoleh vitamin-vitamin tersebut, Anda dapat dengan mudah mendapatkannya melalui makanan alami, sehingga tidak perlu mengonsumsi suplemen dari apotek.

Baca Juga: 9 Makanan Diet Zat Besi untuk Mengatasi Kurang Darah atau Anemia

Sumber makanan untuk vitamin otak

Kesehatan otak

Nutrisi untuk otak tentu cukup beragam seperti Vitamin B, seperti vitamin B6, B9 (asam folat), dan B12, memiliki peran penting dalam fungsi saraf dan perkembangan sel otak. 

Selain itu, ada juga Vitamin D memiliki kaitan dengan kesehatan otak dan perkembangan fungsi kognitif yang mudah ditemui pada susu nabati.

Kemudian, otak juga memerlukan nutrisi lain seperti vitamin C dan selenium memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi sel otak dari stres.

Ada juga zat-zat Bioaktif seperti polifenol serta kolin. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin otak terbaik adalah yang sama seperti gizi yang berfungsi melindungi jantung dan pembuluh darah.

Baca Juga: 9 Tanda Tubuh Kebanyakan Minum Air, Tubuh Lelah Sampai Perut Mual

Berikut ini beberapa makanan sumber vitamin otak alami tanpa suplemen dilansir dari Healthline.

1. Buah Berry

Buah beri, dengan kandungan flavonoid yang memberikan warna cerah, dapat meningkatkan daya ingat otak. Penelitian dari Harvard's Brigham and Women's Hospital menunjukkan bahwa konsumsi dua atau lebih porsi stroberi dan blueberry setiap minggu dapat menunda penurunan memori hingga dua setengah tahun.

2. Teh dan Kopi

Kafein dalam kopi atau teh tidak hanya memberikan dorongan konsentrasi jangka pendek, tetapi juga dapat meningkatkan fungsi mental. Studi tahun 2014 menunjukkan bahwa peserta dengan konsumsi kafein yang lebih tinggi memiliki skor tes fungsi mental yang lebih baik. Kafein juga dapat memperkuat kemampuan mengingat informasi baru.

3. Kenari

Sebagai sumber protein dan lemak sehat, kenari juga dapat meningkatkan daya ingat. Penelitian UCLA tahun 2015 menemukan hubungan antara konsumsi kenari dan peningkatan skor tes kognitif. Kenari kaya akan asam lemak omega-3, seperti asam alfa-linolenat (ALA), yang telah terbukti mendukung kesehatan jantung dan otak.

4. Ikan Berlemak

Ikan berlemak, kaya akan asam lemak omega-3, dapat membantu mengurangi kadar beta-amiloid dalam darah, yang dapat merusak otak pada penderita Alzheimer. Mengonsumsi ikan seperti salmon, cod, tuna kaleng, dan pollack setidaknya dua kali seminggu dapat memberikan manfaat ini.

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, sawi, dan brokoli mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi otak, seperti vitamin K, lutein, folat, dan beta-karoten. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sayuran hijau dapat membantu melambatkan penurunan kognitif.

Sebagai contoh, brokoli, yang kaya akan vitamin K, memberikan lebih dari 100% AKG dalam satu cangkir (160 gram) brokoli matang. Vitamin K ini penting untuk pembentukan sphingolipid, sejenis lemak yang esensial bagi sel-sel otak.

6. Dark Chocolate

Cokelat gelap atau hitam dan bubuk kakao mengandung senyawa penambah otak, seperti flavonoid, kafein, dan antioksidan. Cokelat hitam dengan kandungan kakao 70% atau lebih dapat meningkatkan daya ingat dan memperlambat penurunan mental yang terkait dengan usia.

7. Buah Jeruk

Jeruk merupakan sumber vitamin C yang penting untuk kesehatan otak. Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk dapat meningkatkan fungsi kognitif, termasuk fokus, memori, perhatian, dan kecepatan pengambilan keputusan.

Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel otak. Mengonsumsi satu jeruk ukuran sedang setiap hari dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh akan vitamin C.

Itulah penjelasan terkait kebutuhan vitamin untuk otak dari makanan sehat yang masuk dalam menu harian Anda.

Selanjutnya: Irak Bersiap Menutup Misi Koalisi Internasional Pimpinan AS, Ini Pemicunya

Menarik Dibaca: Syarat dan Cara Membuat Rumus Sidik Jari SKCK Terbaru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×