kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Catat 8 Makanan Penyebab Migrain yang Perlu Dikurangi


Rabu, 06 Maret 2024 / 16:49 WIB
Catat 8 Makanan Penyebab Migrain yang Perlu Dikurangi
ILUSTRASI. Makanan Penyebab Migrain .Ikan Beku (Dok/hungry forever)

Penulis: Bimo Kresnomurti

Makanan Penyebab Migrain  - JAKARTA. Cek daftar makanan yang memicu migrain yang sebaiknya dihindari. Penting untuk mengetahui pantangan makanan ini untuk mengurangi gejala migrain.

Migrain merupakan jenis sakit kepala yang seringkali begitu parah dan bisa disertai dengan gejala lain seperti mual, muntah, serta sensitivitas terhadap cahaya dan suara.

Meskipun penyebab migrain belum sepenuhnya dipahami, terdapat beberapa pemicu yang sering dikaitkan dengan serangan migrain.

Pemicu-pemicu tersebut bisa bervariasi dari individu ke individu, dan apa yang memicu migrain pada seseorang mungkin tidak memicu pada orang lain. Mari kita lihat beberapa pemicu migrain yang umum digunakan.

Baca Juga: Ini yang Terjadi Jika Tubuh Kelebihan Garam, Kurangi Konsumsinya dari Sekarang

Penyebab Migrain secara umum

Sakit kepala

Beberapa pemicu umum migrain meliputi:

  • Perubahan Hormon: Perubahan hormon, terutama pada wanita, dapat menjadi pemicu migrain. Ini sering terjadi selama siklus menstruasi, kehamilan, atau menopause.
  • Stres: Stres fisik atau emosional yang berlebihan dapat memicu migrain pada banyak orang. Stres yang berlangsung lama atau stres yang akut seperti stres pekerjaan atau masalah pribadi bisa menjadi pemicu.
  • Perubahan Pola Tidur: Kurang tidur atau tidur berlebihan bisa menjadi pemicu migrain pada beberapa individu.
  • Perubahan Gaya Hidup dan Diet: Faktor-faktor seperti puasa, tidak makan secara teratur, konsumsi alkohol, atau makanan tertentu seperti makanan yang mengandung MSG, tiramin, atau aspartam bisa menjadi pemicu migrain pada sebagian orang.
  • Faktor Lingkungan: Paparan cahaya terang, suara keras, perubahan cuaca ekstrem, atau perubahan tekanan atmosfer bisa menjadi pemicu migrain.

Nah, setelah mengenal beberapa faktor penyebab migrain dan jenis sakit kepala lain, Anda perlu mewaspadai pemicu dari makanan.

Daftar makanan penyebab migrain

Tidak hanya faktor di atas, makanan dan minuman seperti cokelat, kopi, keju, daging olahan, atau makanan yang mengandung bahan pengawet tertentu dapat memicu migrain pada beberapa individu.

Nah, Anda perlu memperhatikan beberapa makanan pemicu migrain saat Anda memiliki riwayat yang berkepanjangan. Intip daftar makanan penyebab migrain yang wajib dikurangi dirangkum dari Healthline.

1. Pemanis Buatan

Banyak makanan olahan mengandung pemanis buatan sebagai alternatif gula. Pemanis ini dapat memicu migrain, khususnya aspartam dianggap sebagai pemicu migrain.

2. Kafein

Kafein merupakan salah satu pemicu migrain yang umum, dan menghentikan konsumsi kafein dapat memicu migrain atau sakit kepala. Nah, menurut American Migraine Foundation, kafein sebenarnya dapat membantu menghentikan serangan migrain dan meredakan sakit kepala jika digunakan secara terbatas. Kafein dapat ditemukan dalam kopi, teh, dan coklat.

3. Alkohol

Konsumsi Alkohol sering dianggap sebagai pemicu migrain. Lebih dari 35% peserta penelitian melaporkan bahwa alkohol adalah salah satu pemicu migrain mereka, dengan anggur merah dilaporkan sebagai pemicu paling umum. Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi, yang merupakan penyebab utama timbulnya sakit kepala.

4. Coklat

Beberapa jenis Coklat dianggap sebagai pemicu migrain kedua yang paling umum setelah alkohol. Kandungan kafein dan beta-phenylethylamine dalam coklat dapat memicu sakit kepala pada beberapa orang.

5. Makanan Mengandung MSG

Adanya Monosodium glutamat (MSG), yang sering ditemukan pada makanan sebagai bahan tambahan, dikaitkan dengan serangan migrain pada beberapa orang. Hal ini dapat memicu migrain parah pada sebagian penderita migrain.

6. Daging yang Diawetkan

Beberapa jenis daging yang diawetkan mengandung nitrat, bahan pengawet yang dapat melebarkan pembuluh darah di otak dan berkontribusi pada migrain.

7. Makanan yang Diasinkan dan Difermentasi

Nah, beberapa makanan seperti keju tua, kimchi, dan kombucha, yang mengandung tiramin dalam jumlah tinggi, dapat memicu migrain pada beberapa orang. Makanan asin yang mengandung natrium dalam kadar tinggi dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan sakit kepala, menjadi salah satu pemicu migrain bagi beberapa orang.

8. Makanan Beku

Makanan dan minuman beku dapat memicu rasa sakit kepala parah, terutama jika dikonsumsi secara cepat setelah berolahraga atau saat kepanasan.

Itulah penjelasan terkait beberapa makanan yang perlu dihindari untuk mencegah adanya migrain dan sakit kepala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×