kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Catat 9 Manfaat Telur Asin yang Bisa Mencegah Anemia


Sabtu, 13 April 2024 / 05:00 WIB
Catat 9 Manfaat Telur Asin yang Bisa Mencegah Anemia
ILUSTRASI. telur asin

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Manfaat telur asin bagi kesehatan tubuh yang perlu dipahami. Terdapat beragam keunggulan dari mengonsumsi salah satu hidangan telur terbaik.

Telur asin, juga dikenal sebagai telur pindang atau telur rebus asin, adalah telur bebek yang direbus dan difermentasi dalam campuran garam, air, dan bahan-bahan lainnya.

Proses fermentasi ini memberikan rasa dan aroma unik pada telur, serta mengubah tekstur dan warnanya menjadi lebih gelap.

Telur asin sangat populer dalam banyak budaya di seluruh dunia, terutama di wilayah Asia Timur dan Tenggara.

Baca Juga: 6 Macam Kue Lebaran dan Resepnya, Mulai dari Nastar hingga Putri Salju

Pepes Telur Asin

Proses pembuatan telur asin melibatkan beberapa langkah, dan terdapat variasi dalam bahan dan metode yang digunakan. Namun, secara umum, berikut adalah beberapa tahap dalam pembuatan telur asin:

  • Rebus Telur: Telur bebek direbus hingga matang. Setelah direbus, cangkang telur dapat dikupas atau dibelah sedikit untuk membuat permukaannya retak.
  • Fermentasi: Telur direndam dalam campuran garam, air, dan bahan-bahan lain seperti teh hitam, kulit bawang merah, dan rempah-rempah. Proses fermentasi ini dapat berlangsung selama beberapa minggu hingga beberapa bulan, tergantung pada jenis telur asin yang diinginkan.
  • Pengeringan: Setelah proses fermentasi selesai, telur dikeluarkan dari larutan garam dan dibiarkan mengering. Beberapa jenis telur asin juga mungkin menjalani proses pengeringan atau penjemuran di bawah sinar matahari.

Hasil akhir dari proses ini adalah telur asin dengan warna, rasa, dan aroma khas. Telur asin memiliki putih dan kuning telur yang berubah warna menjadi cokelat gelap hingga hitam.

Daftar manfaat telur asin untuk kesehatan tubuh yang wajib Anda ketahui dilansir dari Dr Health Benefits.

Baca Juga: 4 Herbal Ini Efektif Turunkan Gout yang Dipicu Penumpukan Kristal Asam Urat

1. Regenerasi sel

Seperti yang diketahui, protein membantu dalam pembentukan sel-sel baru dan memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh. Mengonsumsi telur asin dapat meningkatkan regenerasi sel secara optimal, serta meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Kandungan protein yang tinggi

Sebagian besar telur mengandung protein yang cukup tinggi, termasuk telur asin. Telur asin mengandung sekitar 9 gram protein yang bermanfaat untuk pembentukan otot dan metabolisme tubuh.

3. Menurunkan tekanan darah

Telur asin mengandung nutrisi penting yang diyakini dapat membantu menurunkan tekanan darah. Menjaga tekanan darah pada level yang sehat sangat penting untuk mengurangi risiko penyakit seperti stroke, serangan jantung, serta masalah jantung dan ginjal.

4. Pencegahan anemia

Kandungan zat besi yang tinggi dalam telur asin membantu mencegah terjadinya anemia. Mengonsumsi telur asin secara teratur dapat mencegah gejala anemia seperti mual, pusing, sakit kepala, dan kelelahan.

5. Meningkatkan penglihatan

Telur asin dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mata tanpa perlu melakukan operasi mata laser. Konsumsi telur asin secara moderat bersamaan dengan latihan mata dapat meningkatkan penglihatan.

Nutrisi dalam telur asin, terutama vitamin A dan B, membantu melindungi mata dari gangguan seperti kekeringan, katarak, dan masalah mata yang terkait dengan penuaan.

6. Antioksidan

Telur asin mengandung antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan tubuh. Antioksidan ini biasanya diperoleh dari berbagai makanan, termasuk teh, apel, dan buah-buahan segar lainnya.

7. Pertumbuhan otak

Kandungan omega-3 dalam telur asin dapat mendukung pertumbuhan sel-sel otak dan mencegah masalah kesehatan yang berkaitan dengan otak. Ini sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan anak-anak dalam tiga tahun pertama kehidupan mereka.

8. Selenium untuk sistem kekebalan tubuh

Telur asin mengandung selenium yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit seperti batuk dan flu.

9. Pencegahan masalah tulang

Kandungan fosfor dan kalsium dalam telur asin membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Konsumsi telur asin direkomendasikan terutama bagi remaja yang membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan tulang mereka.

Bijak konsumsi telur asin

Penting untuk diingat bahwa telur asin juga memiliki kandungan natrium yang tinggi karena proses fermentasi melibatkan penggunaan garam.

Oleh karena itu, konsumsi telur asin sebaiknya tetap diawasi, apabila Anda memilik masalah kesehatan tertentu seperti tekanan darah tinggi atau penyakit ginjal.

Pastikan Anda juga tetap konsumsi makanan bergizi yang bisa menjadi penyeimbang konsumi telur asin.

Demikian informasi terkait manfaat telur asin untuk kesehatan tubuh yang bisa menjadi referensi makanan bergizi.

Selanjutnya: Jadwal Tayang Film Libur Lebaran di Trans7 Hari Ini Sabtu 13 April 2024, Apa Saja?

Menarik Dibaca: Peringatan Dini Cuaca Hari Ini (13/4) Hujan Deras Dibarengi Petir di Provinsi Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×