kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45872,59   17,81   2.08%
  • EMAS1.371.000 1,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Cek, 6 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan yang Penting Diketahui


Jumat, 19 April 2024 / 13:14 WIB
Cek, 6 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan yang Penting Diketahui
ILUSTRASI. Lemon

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buan lemon untuk kesehatan bisa didapatkan jika dikonsumsi dengan benar. Tak heran, manfaat buah lemon cukup menarik perhatian untuk diketahui.

Meski mempunyai rasa asam, lemon mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan seperti vitamin C, vitamin B, protein, kalsium, kalium, dan masih banyak lagi. 

Tidak berhenti disitu, lemon juga kerap diolah menjadi berbagai jenis minuman dan dijadikan bahan pendamping berbagai makanan karena mempunyai rasa yang asam dan segar.

Baca Juga: Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Ada 5 Hal Penting

Melansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat lemon bagi kesehatan, di antaranya: 

Menjaga Kesehatan Jantung

Lemon adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Hal tersebutlah yang dipercaya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Khususnya, ada penelitian menunjukkan bahwa makan buah dan sayuran yang kaya vitamin C mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Membantu Mengontrol Berat Badan

Lemon sering dipromosikan sebagai makanan yang mempunyai manfaat untuk menurunkan berat badan.

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa tanaman dalam ekstrak lemon dapat membantu mencegah atau mengurangi penambahan berat badan dalam beberapa cara. Salah satunya membuat perut terasa lebih kenyang.

Baca Juga: Manfaat Daun Jeruk Untuk Kesehatan, Ada 5 Hal Menarik

Mencegah Batu Ginjal

Manfaat lemon bagi kesehatan lainnya adalah mampu mencegah risiko batu ginjal. Batu ginjal adalah benjolan kecil yang terbentuk ketika produk limbah mengkristal dan menumpuk di ginjal Anda.

Asam sitrat dalam lemon dapat membantu mencegah batu ginjal dengan meningkatkan volume urin dan meningkatkan pH urin, menciptakan lingkungan yang kurang menguntungkan untuk pembentukan batu ginjal.

Mencegah Anemia

Tidak hanya kaya akan vitamin C, lemon juga mengandung zat besi yang bisa mencegah anemia. Karena lemon mengandung vitamin C dan asam sitrat, lemon juga dapat melindungi dari anemia dengan memastikan bahwa Anda menyerap zat besi sebanyak mungkin dari makanan Anda.

Baca Juga: Apa Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan? Ada 6 Hal Menarik

Mengurangi Risiko Kanker

Perlu Anda ketahui lemon juga mempunyai manfaat yang dipercaya mampu mengurangi risiko kanker. Pasalnya, diet sehat yang kaya buah dan sayuran dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker. 

Dilansir dari Healthline, Beberapa penelitian observasional menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi lemon paling banyak memiliki risiko kanker yang lebih rendah.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat lemon yang terakhir adalah dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Lemon terdiri dari sekitar 10% karbohidrat, sebagian besar dalam bentuk serat larut dan gula sederhana.

Serat utama dalam lemon adalah pektin, suatu bentuk serat larut yang dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Serat larut tersebut dapat meningkatkan kesehatan usus dan memperlambat pencernaan gula dan pati. Efek ini dapat mengakibatkan penurunan kadar gula darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×