kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Cek, 8 Manfaat Buah Jambu Air Untuk Kesehatan yang Mengejutkan


Rabu, 24 April 2024 / 13:14 WIB
Cek, 8 Manfaat Buah Jambu Air Untuk Kesehatan yang Mengejutkan
ILUSTRASI. Buah jambu air. KONTAN/Muradi/2020/08/04

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Jambu AirĀ  - Ada berbagai manfaat buah jambu air untuk kesehatan yang mengejutkan dan menarik perhatian. Tak hanya itu, manfaat jambu air juga telah teruji khasiatnya secara klinis.

Selain itu, manfaat buah jambu air untuk kesehatan juga tak perlu diragukan karena sudah banyak berbagai uji klinis yang dilakukan.

Beragam manfaat buah jambu air untuk kesehatan berasal dari kandungan nutrisi melimpah di dalamnya.

Baca Juga: Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan, Catat 8 Khasiat Menarik Ini

Kandung nutrisi yang terkandung dalam buah jambu air contohnya seperti vitamin C, protein, serat, kalsium, kalium, fosfor dan masih banyak lagi nutrisi yang penting untuk tubuh lainnya.

Selain mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, buah jambu air juga memiliki rasa asam manis yang enak dan menyegarkan saat dikonsumsi. Bahkan, buah jambu air mengandung banyak air sehingga cocok dikonsumsi sebelum atau sesudah berolahraga.

Lalu apa saja manfaat buah jambu air untuk kesehatan?

Berikut ada beberapa manfaat buah jambu air untuk kesehatan, di antaranya:

Melawan Radikal Bebas

Dilansir dari Healthline, salah satu manfaat buah jambu air di antaranya mampu melawan dan menangkal berbagai radikal bebas. Hal tersebut dikarenakan buah jambu air mengandung banyak vitamin C dan senyawa fenolik yang kerap disebut flavonoid.

Senyawa yang terkandung dalam buah jambu air tersebut mampu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas yang menyebabkan penyakit jantung, kanker, radang sendi dan lain-lain.

Baca Juga: Baik Untuk Jantung, Ini 7 Manfaat Buah Cempedak Untuk Kesehatan

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah jambu air juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, kandungan vitamin C dalam buah jambu air mampu meningkatkan produksi sel darah putih dan meningkatkan fungsinya.

Mengurangi Risiko Stroke

Mengkonsumsi buah jambu air secara rutin juga bermanfaat untuk mengurangi risiko stroke. Selain itu, buah jambu air juga mampu menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya lainnya seperti peradangan, kerusakan oksidatif, kesehatan jantung, aterosklerosis, tekanan darah, dan kesehatan endotel.

Meningkatkan Kolesterol Baik

Buah jambu air merupakan sumber niasin yang mengatur sintesis kolesterol dalam sistem. Senyawa tersebut mampu meningkatkan kadar kolesterol HDL baik, mengurangi jumlah trigliserida berbahaya dan kolesterol LDL jahat dalam darah.

Baca Juga: Ini Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan, Catat 7 Hal Berikut

Meningkatkan Metabolisme

Dilansir dari Pharmeasy, mengkonsumsi buah jambu air dalam teratur dapat membantu mempercepat asimilasi karbohidrat, lemak dan protein dalam makanan. Hal ini dapat meningkatkan nafsu makan, metabolisme yang tepat, dan membantu menjaga berat badan yang optimal.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Selain itu, mengkonsumsi buah jambu air juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Pasalnya, buah jambu air megandung serat yang efektif mencegah sembelit. Selain itu, serat dalam buah jambu air juga bisa dikonsumsi saat diet dan mencegah diabetes.

Menyembuhkan Kram Otot

Dilansir dari Healthline, buah jambu air memiliki jumlah kalium dan air yang mampu meningkatkan kekuatan otot dan mengurangi kram otot yang sering disebabkan oleh rendahnya kadar kalium, natrium dan dehidrasi.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan, Bisa Bantu Menurunkan Risiko Kanker

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah jambu air selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Pasalnya, buah jambu air mengandung air dan mineral yang tinggi. Hal tersebut mampu melembapkan kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×