kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ciri-Ciri Seseorang Terserang Asam Lambung Akut, Ketahui Bahaya GERD


Kamis, 01 Februari 2024 / 09:42 WIB
Ciri-Ciri Seseorang Terserang Asam Lambung Akut, Ketahui Bahaya GERD
ILUSTRASI. Ciri-ciri asam lambung perlu Anda kenali supaya Anda bisa segera melakukan perawatan yang sesuai.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie, Riset Kontan | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam lambung naik bisa dialami oleh siapa saja. Supaya Anda bisa segera melakukan perawatan yang tepat, penting bagi Anda untuk mengenali kondisi apa saja yang tergolong dalam ciri-ciri asam lambung.

Zat asam dibutuhkan tubuh untuk melakukan berbagai macam hal. Mulai dari menetralkan enzim yang berasal dari mulut, membunuh bakteri, dan mencerna makanan supaya nutrisi dalam makanan itu dapat terserap secara maksimal.

Ada banyak faktor penyebab asam lambung rendah yang mengakibatkan fungsi-fungsi tersebut tak dapat bekerja optimal. Mulai dari penggunaan obat tertentu, usia, hingga sensitif terhadap makanan. Jika Anda mengalami gejala asam lambung berikut, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

1. Perut Kembung

Makanan yang terlalu lama mengendap dalam sistem pencernaan dan tidak segera tercerna mengakibatkan produksi gas meningkat. The Acid Reflux Solution (theacidrefluxsolution.com) mengatakan bahwa hal itulah yang mengakibatkan perut Anda terasa kembung setelah Anda mengonsumsi makanan.

Baca Juga: Catat! Ini 6 makanan yang dilarang untuk penyakit jantung

2. Selalu Lapar

Ciri-ciri asam lambung selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah Anda selalu merasa lapar meski Anda baru selesai makan. Tubuh kesulitan menyerap nutrisi yang dibutuhkan karena asam lambung tidak dapat melakukan fungsinya dengan benar.

3. Mual

Mual jadi ciri-ciri asam lambung yang tidak boleh Anda abaikan. Umumnya, kondisi itu terjadi setelah Anda mengonsumsi sekitar 4 ons daging. Ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk mengurangi rasa mual karena asam lambung, misalnya dengan mengonsumsi jahe.

Baca Juga: Konsumsi 5 makanan ini sebagai cara mengatasi maag

4. Heartburn

Ciri-ciri asam lambung mengakibatkan Anda sering bersendawa dan merasakan heartburn. Heartburn adalah istilah yang menggambarkan sensasi terbakar dari perut ke saluran pencernaan atas karena katup bawah kerongkongan tak dapat mengatasi desakan gas.

5. Sakit Tenggorokan dan Suara Serak

Ketika heartburn terjadi secara terus-menerus, bukan tidak mungkin tenggorokan Anda menjadi iritasi. Hal itu membuat tenggorokan Anda terasa sakit. Suara Anda pun bisa menjadi serak karena heartburn yang terus berlangsung.

6. Bau Mulut Tak Sedap

Mengutip dari The Acid Reflux Solution, makanan yang tak tercerna dengan baik akibat asam lambung yang terlalu sedikit dapat menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Hal itu disebabkan karena sisa makanan mengendap dan memproduksi zat racun.

Baca Juga: Asam Lambung Sering Naik? 5 Makanan Ini Bisa Atasi Masalah Asam Lambung

5 Bahaya Asam Lambung

Berikut adalah 5 bahaya asam lambung seperti yang dilansir Kontan dari Web MD:

1. Kanker esofagus

Asam lambung naik yang terus dibiarkan bisa meningkatkan risiko pertumbuhan sel kanker. Apalagi, jika Anda memiliki riwayat kesehatan serupa.

Biasanya, gejala kanker esofagus ditandai dengan rasa sakit saat Anda menelan dan nyeri dada. Anda perlu segera periksa ke dokter jika mengalami hal tersebut.

2. Luka di esofagus

Bahaya asam lambung berikutnya adalah munculnya luka di bagian esofagus Anda. Asam lambung naik dapat melukai dinding esofagus sehingga luka pun terbentu. Hal itu biasanya ditandai dengan sulit menelan, sakit dada, hingga mual.

Baca Juga: Kabar Baik untuk Penderita Asam Lambung, 5 Ikan Ini Bisa Bikin GERD Kabur

3. Pembusukan gigi

Tahukah Anda bahwa pembusukan gigi termasuk dalam salah satu bahaya asam lambung?

Saat asam lambung naik ke saluran pencernaan atas, yaitu mulut, asam lambung dapat mengganggu kondisi enamel gigi. Hal itulah yang membuat gigi Anda busuk dan rusak.

4. Esofagitis

Asam lambung yang tak segera diatasi bisa memicu kemunculan esofagitis. Melansir Web MD, asam lambung yang mengiritasi kerongkongan membuat lapisan kerongkongan meradang.

Tentu saja, kondisi itu membuat Anda kesulitan untuk menelan makanan atau minuman.

Baca Juga: Penting banget, yuk waspadai 6 pantangan ibu hamil ini

5. Esofagus barrett

Anda perlu mewaspadai asam lambung naik yang terlalu sering karena bisa jadi penyebab esofagus barrett. Pada awal kemunculannya, penyakit tersebut tidak menunjukkan gejala apa pun.

Makanya, Anda harus selalu memperhatikan gejala GERD atau masalah lambung lain yang Anda alami.

Semakin cepat Anda melakukan tindakan pengobatan, semakin rendah pula risiko masalah kesehatan lain yang perlu Anda hadapi. Mengobati masalah asam lambung juga bisa membuat rasa sakit banyak berkurang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×