kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Daftar 7 Makanan yang Membuat Kenyang Lebih Lama dengan Nutrisi Seimbang


Jumat, 19 Januari 2024 / 13:27 WIB
Daftar 7 Makanan yang Membuat Kenyang Lebih Lama dengan Nutrisi Seimbang
ILUSTRASI. Makanan yang membuat Kenyang Lebih Lama dengan Nutrisi Seimbang

Penulis: Bimo Kresnomurti

Makanan yang Membuat Kenyang Lebih Lama - JAKARTA. Simak daftar makanan bergizi yang membuat kenyang lebih lama. Kondisi perut lapar berkepanjangan bahkan setelah makan bisa saja menjadi tanda masalah kesehatan

Makanan yang membuat kenyang lebih lama sangat diperlukan untuk menjaga stamina dan menjalankan aktivitas sehari-hari.

Kenyang lebih lama berarti tubuh merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama setelah mengonsumsi makanan atau minuman.

Hal ini terjadi karena makanan atau minuman yang dikonsumsi mengandung nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh, terutama kebutuhan akan energi dan nutrisi.

Baca Juga: Makanan yang Baik dan Buruk Dikonsumsi di Usia 30 Tahun ke Atas

Kenapa mudah lapar?

Anda juga perlu mengetahui beberapa penyebab tubuh merasa selalu lapar meski sudah makan.

Penyebab rasa lapar terus-menerus

Beberapa penyakit dan faktor yang dapat menyebabkan gejala ini termasuk:

  • Diabetes: Pada diabetes tipe 1 atau tipe 2, tubuh tidak dapat mengolah gula dengan efisien, sehingga menyebabkan fluktuasi gula darah. Ini dapat menyebabkan rasa lapar yang berlebihan, terutama setelah makan.
  • Hipertiroidisme: Kondisi kelenjar tiroid yang terlalu aktif dapat meningkatkan metabolisme tubuh, menyebabkan nafsu makan meningkat dan sering kali berat badan menurun.
  • Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS): PCOS dapat mempengaruhi hormon insulin, menyebabkan fluktuasi gula darah dan meningkatkan rasa lapar.
  • Gangguan Psikologis: Stres, kecemasan, depresi, dan gangguan makan seperti hiperfagia (binge eating) dapat menyebabkan perubahan nafsu makan dan rasa lapar yang sulit dikendalikan.
  • Gangguan Makan: Beberapa gangguan makan seperti bulimia nervosa atau sindrom binge eating dapat menyebabkan fluktuasi berat badan dan rasa lapar yang tidak terkendali.

Makanan agar kenyang tahan lama

Sehingga, Anda perlu memperbaiki porsi makan dengan cara mengurangi rasa lapar terus menerus berikut ini:

  • Serat yang tinggi: Pastikan Anda konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, cenderung memberikan rasa kenyang yang lebih lama karena serat membantu memperlambat proses pencernaan.
  • Protein yang tinggi: Makanan yang kaya protein, seperti daging, ikan, dan kacang-kacangan, cenderung memberikan rasa kenyang yang lebih lama karena protein membantu mengontrol nafsu makan dan memperlambat pengosongan lambung.
  • Lemak yang sehat: Makanan yang mengandung lemak sehat, seperti asam lemak omega-3 dan omega-6, dapat membantu memperlambat pengosongan lambung dan mengatasi rasa lapar terus-menerus.
  • Minum air yang cukup: Memperoleh cukup air setelah makan juga dapat mengatasi rasa lapar terus-menerus karena dapat membantu mengisi lambung dan memperlambat pengosongan lambung.

Namun, perlu diingat bahwa kenyang lebih lama juga tergantung pada kebutuhan tubuh dan kebiasaan makan.

Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi agar dapat mengatasi rasa lapar terus-menerus dan sehat untuk tubuh. Simak deretan makanan yang membuat kenyang lebih lama dilansir dari Plenity.

Baca Juga: Ini 9 Tanda Kadar Hormon Testosteron Rendah dan Cara Menjaganya Agar Tetap Normal

1. Biji-bijian Utuh

Pertama, terdapat pilihan biji-bijian utuh seperti beras merah, roti gandum, dan pasta gandum. Bahan makanan ini mendukung pengendalian berat badan dan menjaga berat badan yang sehat dengan kandungan serat, nutrisi, dan senyawa tumbuhan yang penting untuk metabolisme.

Meningkatkan rasa kenyang, mereka membantu mengonsumsi lebih sedikit kalori secara efisien. Bijian utuh juga memberikan manfaat kesehatan yang konsisten dibandingkan bijian olahan.

2. Oatmeal

Oatmeal adalah pilihan rendah kalori dengan serat larut yang baik, memberikan sensasi kenyang lebih lama dengan kemampuan menyerap air. Oatmeal juga merangsang pelepasan hormon kenyang dan menunda pengosongan lambung. Disarankan memilih oat tawar tanpa tambahan gula dan melengkapi dengan buah atau kacang untuk peningkatan nutrisi.

3. Ikan Air Laut

Ikan adalah sumber protein yang sehat dan mengenyangkan, dengan rekomendasi setidaknya dua porsi ikan per minggu. Ikan berlemak tinggi juga memberikan asam lemak omega-3 yang mendukung kesehatan jantung dan mengurangi peradangan.

4. Kacang

Kacang merupakan camilan sehat yang membantu menjaga rasa kenyang lebih lama. Mengandung protein, serat, dan lemak sehat, kacang dapat meningkatkan rasa kenyang sambil menjaga kadar glukosa darah dan insulin stabil. Selain itu, kacang juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Sayuran yang dikukus

5. Alpukat

Alpukat adalah buah padat nutrisi yang dapat mengatasi rasa lapar secara efektif. Tinggi lemak sehat dan serat, alpukat memberikan energi yang berkelanjutan, meningkatkan rasa kenyang.

6. Greek Yoghurt

Greek Yogurt, dibandingkan dengan yogurt biasa, menghasilkan rasa kenyang lebih lama berkat kandungan protein yang lebih tinggi. Pemilihan merek dengan rendah gula dan tambahan buah memberikan opsi yang sehat dan mengenyangkan.

7. Telur Ayam

Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan, telur ayam memberikan nutrisi penting. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi telur secara teratur dapat mengurangi asupan makanan jangka pendek dan memberikan respons glukosa plasma yang lebih stabil.

Untuk itu, Anda coba menambahkan sayur-sayuran ke telur dadar untuk lebih meningkatkan rasa kenyang, dan juga asupan sayur harian secara keseluruhan.

Demikian penjelasan terkait rekomendasi makanan yang membuat kenyang lebih lama yang bisa jadi referensi untuk hidup sehat.

Selanjutnya: Mobil Hatchback Bekas Makin Beragam, Cek Harga Rp 50 Jutaan di Awal Tahun 2024

Menarik Dibaca: Katalog Promo JSM Alfamidi Hanya 3 Hari Periode 19-21 Januari 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×