kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Diet Buat Orang Malas, 14 Cara Turunkan Berat Badan dengan Mudah


Minggu, 14 Januari 2024 / 05:30 WIB
Diet Buat Orang Malas, 14 Cara Turunkan Berat Badan dengan Mudah
ILUSTRASI. Lazy Diet alias Diet Malas adalah cara makan yang benar, mengejutkan, mudah, dan sangat memuaskan.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Banyak diet menetapkan standar yang tinggi dan sulit untuk dicapai. Tak heran, hal tersebut semakin membuat seseorang stres.

Oleh karenanya, diperlukan panduan sederhana dan lebih realistis untuk membantu menurunkan berat badan dengan strategi yang masuk akal.

Lazy Diet alias Diet Malas adalah cara makan yang benar, mengejutkan, mudah, dan sangat memuaskan. 

Berikut cara melakukan diet untuk orang malas.

10 cara menurunkan berat badan meski malas seperti yang dikutip dari MedicineNet dan NDTV:

1. Kurangi porsi makan

Anda tidak perlu sepenuhnya menghilangkan makanan yang Anda sukai, baik itu karbohidrat atau lemak. Menghindari makanan favorit Anda hanya akan memperburuk keinginan Anda. 

Sebaliknya, kurangi porsi makan Anda dan imbangi makanan tidak sehat dengan makanan sehat yang mengandung lebih sedikit kalori dan lebih banyak serat.

2. Berlatihlah makan dengan penuh kesadaran

Saat Anda makan atau bahkan ngemil, cobalah memperhatikan tampilan, bau, rasa, dan nuansa makanan Anda, serta cara Anda mengunyah dan menelan. Terlibat sepenuhnya dalam tindakan makan akan membantu Anda menjadi lebih selaras dengan tubuh Anda dan memperhatikan kapan Anda benar-benar kenyang/ Hal ini dapat mencegah Anda makan berlebihan.

Baca Juga: Kenali 6 Cara Menurunkan Asam Urat Secara Alami yang Aman Dilakukan

3. Camilan kacang-kacangan

Daripada ngemil makanan padat kalori, biasakanlah mengonsumsi kacang-kacangan, terutama kenari dan almond. 

Kacang-kacangan ini bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga Anda makan lebih sedikit pada waktu makan berikutnya.

4. Makan lebih banyak sayur kacang-kacangan

Sayur kacang-kacangan seperti buncis, kacang polong, buncis, dan lentil membuat Anda merasa kenyang dan membantu Anda menghabiskan waktu lebih lama di antara waktu makan.

5. Turunkan suhu ruangan Anda

Menurunkan suhu ruangan hingga 66 F di malam hari dapat membantu Anda membakar lemak, karena tubuh Anda perlu bekerja lebih keras untuk membuat Anda tetap hangat.

6. Makanlah sup atau salad terlebih dahulu

Cobalah makan salad atau sup sebelum hidangan utama Anda. Ini bisa membuat Anda kenyang sehingga Anda akhirnya makan lebih sedikit dari hidangan utama Anda.

Baca Juga: 7 Gejala Asam Urat Tinggi di Jempol Kaki yang Sering Diabaikan dan Cara Mengobatinya

7. Pilihlah minuman nol kalori

Hindari jus buah manis, soda, dan alkohol. Sebaliknya, minumlah lebih banyak air, teh tanpa pemanis, dan jus bebas gula.

8. Menyesap teh hijau

Teh hijau mengandung senyawa antioksidan kuat, epigallocationchin gallate, yang tampaknya menurunkan pembentukan lemak baru. Kafein dalam teh hijau juga dapat menurunkan nafsu makan Anda.

9. Minum secangkir kopi ekstra

Sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi 2-3 cangkir kopi sehari memiliki lebih sedikit penumpukan lemak di tubuh, termasuk di perut.

10. Tetap aktif secara fisik

Gunakan tangga daripada menggunakan eskalator atau elevator. Parkirlah lebih jauh dari pintu masuk mall atau pusat perbelanjaan sehingga Anda perlu berjalan kaki lebih jauh untuk mencapai tujuan.

Jika Anda naik bus atau kereta bawah tanah, turunlah beberapa pemberhentian lebih awal dan berjalanlah sepanjang perjalanan menuju tujuan Anda.

Baca Juga: Bukan Diet Sehat, Ini Diet Junk Food yang Nyeleneh Warren Buffett

Lakukan lebih banyak pekerjaan rumah tangga. Menyedot debu dan mengepel lantai dapat membantu Anda membakar kalori.

Dengarkan musik saat berolahraga untuk membantu Anda bertahan lebih lama dan membuatnya lebih menyenangkan.

11. Minum banyak air

Usahakan minum air putih minimal 8 gelas per hari. Ini membantu meningkatkan metabolisme, mengurangi asupan kalori, dan meningkatkan rasa kenyang.

12. Perbanyak makanan pedas

Mengonsumsi makanan pedas dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar kalori. Tambahkan bumbu seperti cabai, cabai rawit, atau saus pedas ke dalam makanan Anda.

13. Konsumsi Vitamin D

Kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan penambahan berat badan. Pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen Vitamin D atau menghabiskan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari untuk mempertahankan tingkat yang memadai. 

Pastikan untuk mendapatkan sinar matahari dengan cara yang benar dan tidak membuat diri Anda terkena sinar matahari secara berlebihan.

14. Makan perlahan

Makan perlahan dapat membantu Anda merasa lebih kenyang dan mencegah makan berlebihan. Kunyah makanan Anda secara menyeluruh dan nikmati setiap gigitan untuk meningkatkan sinyal kenyang. Otak Anda membutuhkan waktu sekitar 20-25 menit untuk melepaskan diri dari makan berlebihan. Makan terlalu cepat bisa menyebabkan Anda makan berlebihan tanpa Anda sadari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×