kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Diet Kolagen: Ini Pengertian, Manfaat & Daftar Makanan yang Mengandung Kolagen Tinggi


Selasa, 02 Januari 2024 / 06:26 WIB
Diet Kolagen: Ini Pengertian, Manfaat & Daftar Makanan yang Mengandung Kolagen Tinggi
ILUSTRASI. Kolagen adalah salah satu protein terpenting untuk tubuh. Ini adalah serat jaringan terkuat yang membentuk jaringan ikat.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

DAFTAR MAKANAN DENGAN KOLAGEN TINGGI - Ada beberapa daftar makanan yang mengandung kolagen tinggi. Banyak orang yang mencari tahu tentang hal ini karena beberapa waktu terakhir, kolagen tengah booming di industri kesehatan dan kebugaran. 

Sebelum membahas mengenai daftar makanan yang mengandung kolagen tinggi, ada baiknya mengetahui manfaat dari mengonsumsi kolagen. 

Makanan yang mengandung kolagen tinggi tidak hanya bermanfaat bagi kulit dan rambut seseorang. Akan tetapi juga memberikan kekuatan pada otot dan persendiannya. 

Nah, belakangan, istilah diet kolagen ramai dibicarakan. Namun, sebelum membahas mengenai diet kolagen, ada baiknya kita bahas mengenai apa itu kolagen dan manfaat makanan yang mengandung kolagen tinggi. 

Pengertian kolagen

Melansir Stylecraze, kolagen adalah salah satu protein terpenting untuk tubuh. Ini adalah serat jaringan terkuat yang membentuk jaringan ikat. 

Kulit, rambut, tulang, kuku, persendian, otot, pembuluh darah, tulang rawan, sel, plasenta, dan organ lainnya memiliki kolagen di dalamnya. 

Kolagen terdiri dari tiga rantai alfa. Setiap rantai alfa terdiri dari ribuan asam amino (bahan penyusun protein), dengan glisin, prolin, dan hidroksiprolin menjadi yang paling melimpah.

Baca Juga: Ini 6 Buah dengan Kandungan Vitamin C Tinggi Selain Jeruk

Kolagen adalah bagian penting dari jaringan ikat yang bertanggung jawab untuk memberikan struktur, elastisitas, dan kekencangan pada tubuh Anda. 

Makanan kaya kolagen memperkuat produksi kolagen alami tubuh Anda dengan merangsang fibroblas (sel di kulit) yang membuat kolagen.

Pengertian diet kolagen

Mengutip Medicinnet, diet kolagen adalah cara makan yang membatasi asupan gula dan menggabungkan makanan kaya kolagen, suplemen makanan kolagen, atau makanan yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproduksi kolagen. 

Mari kita lihat beberapa fakta singkat tentang diet kolagen:

- Kolagen adalah istilah umum untuk protein struktural di kulit dan jaringan ikat.

- Diet kolagen adalah pola makan dengan mengonsumsi makanan tinggi kolagen yang menurut beberapa laporan dapat meningkatkan kulit dan kecantikan. Para ahli umumnya sepakat bahwa diperlukan lebih banyak penelitian sebelum klaim ini dapat dibuktikan.

- Penurunan kolagen seiring bertambahnya usia dapat menyebabkan masalah kulit dan rambut.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

- Diet kolagen relatif aman jika diawasi dengan cermat.

- Suplemen kolagen relatif aman asalkan dosis maksimalnya adalah 20 gram per hari. Namun, beberapa suplemen telah ditentukan tidak aman karena kontaminasi virus atau kandungan racun.

Saat kolagen dalam tubuh menurun

Produksi kolagen tubuh menurun drastis seiring bertambahnya usia. Jika ini terjadi, elastisitas kulit dan ketebalan epidermis Anda berkurang. 

Hal ini menyebabkan kerusakan kulit dan peningkatan kerutan, kulit berkerut, dan kulit kendur. Kolagen yang rendah juga dapat mengurangi pertumbuhan rambut dan menyebabkan penipisan rambut.

Penurunan kolagen juga dapat menyebabkan tendon dan ligamen menjadi lebih kaku dan kurang fleksibel, otot menyusut dan melemah, nyeri sendi, osteoartritis, dan masalah pencernaan.

Daftar makanan yang mengandung kolagen tinggi

Masih melansir Medicinnet, sumber makanan kolagen antara lain sebagai berikut:

  1. Ikan
  2. Ayam
  3. Putih telur
  4. Buah sitrus
  5. Buah beri
  6. Sayuran merah dan kuning
  7. Bawang putih
  8. Teh putih
  9. Sayuran berdaun hijau
  10. Kacang mete
  11. Tomat
  12. Paprika
  13. Kacang polong
  14. Alpukat
  15. Kedelai
  16. Herbal tinggi kolagen (knotweed Cina, ekor kuda, gynostemma)
  17. Herbal yang membantu memproduksi kolagen (gotukola, bala, ashwagandha)

Makanan-makanan di atas dianggap sebagai makanan untuk meningkatkan elastisitas kulit, anti penuaan, dan membantu nyeri sendi oleh individu yang merekomendasikan diet ini. 

Penting untuk dicatat bahwa meskipun penelitian kecil dan terbatas telah menunjukkan beberapa manfaat mengonsumsi kolagen, masih belum jelas apakah manfaat ini juga diperoleh dengan mengonsumsi jenis protein apa pun dan menjaga pola makan sehat secara umum. 

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Manfaat diet kolagen

Stylecraze memberitakan, jika Anda mengonsumsi makanan kaya kolagen, Anda dapat mengatasi tanda-tanda penuaan kulit. Penelitian mengungkapkan bahwa kolagen oral dapat meningkatkan ketebalan epidermis dan membuat kulit terhidrasi. 

Ini juga mengurangi kerutan dan garis-garis usia pada kulit wajah, selain itu kolagen juga mempengaruhi elastisitas dan kehalusan kulit secara positif.

Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari mengonsumsi makanan kaya kolagen dengan meredakan nyeri sendi.

Sebuah penelitian mencatat bahwa peptida kolagen tertentu dapat meningkatkan kepadatan tulang pada wanita pascamenopause. Dengan demikian, kolagen dapat menurunkan risiko osteoporosis dan tulang yang lebih kuat.

Selanjutnya: Asahimas Flat Glass (AMFG) Optimistis Kinerja 2024 Membaik

Menarik Dibaca: 35 Twibbon Hari Amal Bhakti Kemenag 2024 ke 78 untuk Peringatan 3 Januari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×