kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,11   -2,76   -0.27%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Gula Darah Kerap Naik dari Pukul 02.00-08.00 Pagi, Ini 6 Cara Mengatasinya


Rabu, 06 Desember 2023 / 07:44 WIB
Gula Darah Kerap Naik dari Pukul 02.00-08.00 Pagi, Ini 6 Cara Mengatasinya
ILUSTRASI. Fenomena fajar di mana gula darah naik biasanya terjadi antara jam 2 dan 8 pagi.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gula darah Anda kerap melonjak di pagi hari? Kondisi tersebut kerap disebut sebagai fenomena fajar atau efek fajar. Kejadian ini biasanya terjadi antara jam 2 dan 8 pagi.

Mengutip WebMD, pada umumnya, perubahan hormonal normal yang dilakukan tubuh Anda di pagi hari akan meningkatkan gula darah Anda, baik Anda menderita diabetes atau tidak. Jika tidak, tubuh Anda hanya membuat lebih banyak insulin untuk menyeimbangkan semuanya. Anda bahkan tidak menyadari bahwa itu terjadi.

Tetapi jika Anda menderita diabetes, itu berbeda. Karena tubuh Anda tidak merespons insulin seperti kebanyakan, pembacaan gula darah puasa Anda bisa naik, bahkan jika Anda mengikuti diet ketat.

Peningkatan gula adalah cara tubuh Anda memastikan Anda memiliki cukup energi untuk bangun dan memulai hari. 

Jika Anda menderita diabetes, tubuh Anda mungkin tidak memiliki cukup insulin untuk melawan hormon ini. Hal itulah yang mengganggu keseimbangan halus yang Anda pertahankan dengan susah payah, dan pembacaan gula Anda bisa terlalu tinggi di pagi hari.

Efek fenomena fajar bisa berbeda-beda pada setiap orang, bahkan dari hari ke hari.

Baca Juga: Semua Orang Bisa Kena, Ini Tipe-Tipe Penyakit Diabetes dan Gejala Awalnya

Beberapa peneliti percaya bahwa pelepasan semalam alami dari apa yang disebut hormon kontra-regulasi,  seperti hormon pertumbuhan, kortisol, glukagon, dan epinefrin, membuat resistensi insulin Anda lebih kuat. Ini akan membuat gula darah Anda naik.

Ini beberapa alasan mengapa seseorang memiliki gula darah tinggi di pagi hari:

1. Tidak memiliki cukup insulin pada malam sebelumnya.
2. Minum terlalu banyak atau terlalu sedikit obat.
3. Makan camilan yang salah sebelum tidur.

Mengatasi fenomena fajar

Jika fenomena fajar memengaruhi Anda, cobalah untuk:

  • Makan malam lebih awal di malam hari.
  • Lakukan sesuatu yang aktif setelah makan malam, seperti jalan-jalan.
  • Periksa dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang obat yang Anda minum.
  • Makan sarapan. Ini membantu mengembalikan gula darah Anda ke normal, yang memberi tahu tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk mengendalikan hormon anti-insulin.
  • Makan camilan dengan sedikit karbohidrat dan protein sebelum tidur.
  • Anda juga ingin menghindari semua minuman yang dimaniskan dengan gula, seperti soda, minuman buah, minuman buah, dan teh manis. Satu porsi saja dapat meningkatkan gula darah Anda -- dan, dalam beberapa kasus, memberi Anda ratusan kalori ekstra.

Baca Juga: Cara Mengobati Bisul Agar Cepat Kempes, Alami Tanpa Obat

Untuk lebih jelasnya, berikut sejumlah aktivitas pagi yang bisa menurunkan gula darah pada pagi hari atau fenomena fajar seperti yang dikutip dari Eat This Not That:

1. Jalan-Jalan Setelah Sarapan

Aktivitas, terutama di pagi hari, melibatkan otot kita dan mulai menurunkan gula darah. Otot kita menggunakan glukosa untuk energi, dan saat kita berolahraga, kita mengeluarkan gula darah dari aliran darah dan menggunakannya.

Baca Juga: Terong Aman dan Baik Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes Tipe 2?

2. Sadar Kafein

Tahukah Anda bahwa kopi saja dapat meningkatkan gula darah karena kandungan kafeinnya? Kafein memicu hormon stres yang membantu menciptakan perasaan waspada dan terjaga yang kita kaitkan dengan minuman pagi kita. Namun, itu juga mengaktifkan serangkaian peristiwa yang meningkatkan gula darah.

3. Minum air putih

Terkadang, kita harus kembali ke dasar, dan tidak ada yang lebih mendasar daripada tetap terhidrasi. Minum cukup air membantu mengurangi gula darah dengan mengencerkan jumlah gula dalam aliran darah kita. Faktanya, gula darah tinggi dan dehidrasi berjalan beriringan.

4. Sarapan

Ini mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi pada awalnya, tetapi makan sesuatu sebenarnya dapat membantu menstabilkan gula darah Anda. Beberapa orang memperhatikan bahwa semakin lama mereka tidak makan, semakin banyak gula darah mereka yang terus meningkat. Proses ini dikenal sebagai glukoneogenesis, atau proses pembuatan gula darah yang disimpan di hati untuk menjaga tingkat energi tanpa makanan.

5. Utamakan Protein

Memulai hari Anda dengan makanan berprotein tinggi telah terbukti menstabilkan gula darah dan dapat menurunkan pasang surut sepanjang hari. Salah satu teorinya adalah karena protein membutuhkan waktu lama untuk dicerna, dan gula darah tidak langsung naik.

Sarapan berprotein tinggi menciptakan aliran energi yang lambat dan stabil yang memiliki efek bertahan lama sepanjang hari.

Jika Anda menderita diabetes, kemungkinan gula darah Anda akan lebih tinggi di pagi hari dari waktu ke waktu. Itu mungkin bukan sesuatu yang terlalu dikhawatirkan. 

Jika terjadi selama beberapa pagi berturut-turut, periksa sekali pada malam hari, sekitar jam 2 atau 3 pagi, selama beberapa malam. Kemudian, bawa hasilnya ke dokter Anda. 

Mereka dapat mengetahui apakah Anda benar-benar mengalami fenomena fajar, atau jika ada hal lain yang menyebabkan gula darah tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Outlook 2024, Meneropong saham unggulan di Tahun Politik The Coughing Dragon | Global Market Series - China

×