kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,58   -7,93   -0.79%
  • EMAS1.133.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Hal Gila yang Ogah Dilakukan Warren Buffett: Investasi dengan Uang Pinjaman


Jumat, 09 Februari 2024 / 04:13 WIB
Hal Gila yang Ogah Dilakukan Warren Buffett: Investasi dengan Uang Pinjaman
ILUSTRASI. Berikut 10 rahasia yang telah membantu Warren Buffett menemukan dan mempertahankan kesuksesan. REUTERS/Rick Wilking

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Strategi Warren Buffett untuk investasi cerdas juga tidak terlalu rumit. Seperti apa?

Berikut 10 resep yang telah membantu Warren Buffett yang dijuluki Oracle of Omaha menemukan dan mempertahankan kesuksesan, seperti yang dilansir dari Yahoo Finance dan The Motley Fool:

1. Lihat ke depan, bukan ke masa lalu

Warren Buffett terkenal lewat kutipannya di tahun 1950-an bahwa "investor saat ini tidak mendapat untung dari pertumbuhan kemarin". Pepatah ini masih berlaku sampai sekarang.

Baca Juga: Nilai kekayaan bertambah US$ 7 miliar, kekayaan Elon Musk lampaui Bill Gates

Menurut Warren Buffett, mengikuti tren masa lalu jauh lebih penting daripada mengidentifikasi peluang baru. Saat memutuskan apakah akan berinvestasi di sebuah perusahaan, fokuslah pada apa yang akan terjadi di masa depan, bukan sejarahnya.

2. Saat berinvestasi, berinovasi - jangan menjadi pengikut orang lain

Warren Buffett meyakini, tidak mengadopsi mentalitas kawanan adalah cara yang pasti untuk mendapatkan hasil yang lumayan. "Anda harus memisahkan pikiran Anda dari orang banyak," katanya.

Ini sulit, tetapi Anda harus keluar dari kelompok dengan mengembangkan strategi investasi Anda sendiri berdasarkan pengetahuan dan pengalaman Anda. "Untuk menjadi investor yang sukses, Anda harus memisahkan diri dari ketakutan dan keserakahan orang-orang di sekitar Anda, meskipun itu hampir tidak mungkin," kata Warren Buffett.

Pada saat yang sama, bersikaplah terbuka terhadap nasihat yang baik.

Baca Juga: Warren Buffett: Jika saya bisa memilih, saya ingin dilahirkan sekarang dan di Amerika

3. Hidup hemat

Warren Buffett terkenal hidup jauh di bawah kemampuannya. Dia dikenal mengendarai mobil yang lebih tua dan sederhana. Dia masih tinggal di rumah yang dia beli di Omaha, Nebraska, seharga US$ 31.500 pada tahun 1958, dan dia mengambil sarapan di drive-thru McDonald hampir setiap hari.

4. Dimulai dengan komunikasi yang baik

Kunci pertama Warren Buffett menuju kemakmuran tidak ada hubungannya dengan memilih saham. Warren Buffett mengatakan, Anda perlu menjadi komunikator yang kuat: Gunakan kata-kata sebagai alat terpenting Anda.

"Tanpa keterampilan komunikasi yang baik, Anda tidak akan dapat meyakinkan orang untuk mengikuti Anda meskipun Anda melihat dari atas gunung dan mereka tidak," kata Warren Buffett kepada seorang mahasiswa MBA Stanford.

Baca Juga: 6 Rahasia sukses berbisnis dari Jack Ma, pendiri raksasa ritel Tiongkok, Alibaba

Meskipun ini mungkin tampak seperti nasihat bijak bagi perencana keuangan, ini baik untuk membantu siapa pun dalam mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan kemampuan untuk berpikir dalam situasi yang penuh tekanan.

5. Selalu bersedia mempelajari hal-hal baru

Warren Buffett suka mengatakan bahwa pengetahuan terakumulasi seperti halnya bunga di bank. Dia memulai setiap hari dengan koran, dan dia membaca buku tentang berbagai topik setiap hari.

Baca Juga: Berikut sifat-sifat utama yang dimiliki pengusaha sukses di atas rata-rata

Mengkonsumsi informasi tidak hanya akan memengaruhi investasi Anda, tetapi juga akan mempersiapkan Anda untuk sukses di semua bidang kehidupan. Pelajari apa yang orang lain dapat ceritakan tentang teknologi baru dan strategi baru.

Mereka yang menghindari mempelajari hal-hal baru berisiko menjadi usang. Jadilah seperti Warren Buffett, dan Anda tidak akan pernah menjadi terlalu tua untuk mempelajari trik baru.

6. Berinvestasi untuk jangka panjang

Beli dan tahan adalah strategi investasi jangka panjang yang umum yang mengharuskan seseorang untuk bertahan dengan saham bahkan ketika sedang mengalami hari - atau bulan yang buruk.

Pendekatan Warren Buffett mungkin disebut beli dan tahan dan tahan. Seperti yang sering dia katakan kepada pemegang saham Berkshire Hathaway, "Periode kepemilikan favorit kami adalah selamanya."

Dia tidak keberatan ketika harga saham jatuh sesekali, karena itu adalah peluang bagus untuk membeli lebih banyak saham dengan harga diskon.

Baca Juga: Bingung mengatur keuangan? Yuk coba tips mengelola keuangan dari Warren Buffett ini

7. Jangan pernah menginvestasikan uang pinjaman

Saat berinvestasi, gunakan uang Anda sendiri. Warren Buffett mengatakan meminjam itu merupakan hal yang "gila". "Ini gila mempertaruhkan apa yang Anda miliki dan butuhkan untuk sesuatu yang tidak benar-benar Anda butuhkan," katanya kepada CNBC.

Jika Anda meminjam untuk berinvestasi, strategi Anda akan terlalu terkait erat dengan kebutuhan Anda untuk membayar kembali uang tersebut. Beberapa investasi memerlukan perencanaan jangka panjang dan bertahan untuk pertumbuhan, yang sulit dilakukan dengan hutang yang menggantung di kepala Anda.

8. Ketahui kapan harus melepas aset

Jangan salah paham, Warren Buffett memang menjual saham saat dia harus melakukannya. Warren Buffett mengakui, dirinya banyak bertaruh pada banyak ketidakpastian. Namun, trik untuk kesuksesan investasi jangka panjang adalah mengetahui kapan harus melepas aset yang dimiliki.

Warren Buffett mempelajari pelajaran ini sebagai pemuda yang bertaruh pada pacuan kuda. Dia mencoba mengganti kerugian dengan meningkatkan investasinya pada instrumen berbeda dan prospektif.

Baca Juga: 5 Sifat utama yang dimiliki orang sukses seperti Jeff Bezos dan Bill Gates

9. Dividen adalah kunci pertumbuhan jangka panjang

Warren Buffett menyukai saham yang membayar dividen. Perusahaannya, Berkshire Hathaway, mendapat ratusan juta dolar setiap tahun dari Coca-Cola dalam bentuk dividen.

Dividen berasal dari perusahaan andal yang secara konsisten memenuhi atau melampaui tujuan mereka. Saham mereka mungkin tidak menghasilkan banyak uang dengan cepat, tetapi dividen mereka dapat membuat investasi Anda menjadi autopilot.

Baca Juga: 10 Tips keuangan untuk membantu bertahan hidup dari Covid-19 di 2021

10. Ingat, segala sesuatu mungkin terjadi

Warren Buffett dikenal memoles dindingnya dengan apa yang disebutnya "seni instruksional." Ini termasuk halaman depan surat kabar dengan tajuk utama tentang kehancuran pasar saham.

Mereka mengingatkannya bahwa, dalam berinvestasi dan dalam hidup, Anda harus siap karena apa pun bisa terjadi. Jika Anda mengingat hal ini, Anda akan melanjutkan dengan hati-hati dan membuat keputusan yang tepat tentang investasi Anda.

Anda akan menghindari mengambil hutang yang tidak dapat Anda tangani, tidak akan menjalani gaya hidup mewah yang tidak berkelanjutan, dan akan mampu menahan fluktuasi pasar.

Selanjutnya: Promo JSM Alfamart Terbaru 9 Februari 2024 Spesial Libur Panjang, Jangan Lewatkan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×