kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.430.000   -10.000   -0,69%
  • USD/IDR 15.243   97,00   0,63%
  • IDX 7.905   76,26   0,97%
  • KOMPAS100 1.208   12,11   1,01%
  • LQ45 980   9,43   0,97%
  • ISSI 230   1,69   0,74%
  • IDX30 500   4,71   0,95%
  • IDXHIDIV20 602   4,65   0,78%
  • IDX80 137   1,32   0,97%
  • IDXV30 141   0,53   0,38%
  • IDXQ30 167   1,08   0,65%
AKTUAL /

Hari Diabetes Sedunia, Cek Makanan Penurun Gula Darah dengan Cepat


Selasa, 14 November 2023 / 12:17 WIB
Hari Diabetes Sedunia, Cek Makanan Penurun Gula Darah dengan Cepat
ILUSTRASI. Hari Diabetes Sedunia, Cek Makanan Penurun Gula Darah dengan Cepat

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Hari Diabetes Sedunia- Jakarta. Hari Ini, Selasa, 14 November 2023 adalah hari diabetes sedunia. Untuk membantu para penderita diabetes, berikut daftar makanan penurun gula darah dengan cepat.

Hari diabetes sedunia menjadi peringatan setiap orang terhadap risiko penyakit tersebut. Di tengah tren gaya hidup tidak sehat, jumlah penderita diabetes semakin banyak.

Peringatan hari diabetes sedunia harus menjadi periode untuk meningkatkan kesadaran terhadap penyakit tersebut. Pasalnya, sejauh ini belum ada obat diabetes yang mujarab.

Disisi lain, penderita diabetes juga harus selektif konsumsi makanan. Tidak semua buah cocok dikonsumsi penderita diabetes. Pasalnya, ada buah-buahan yang mengandung kadar gula tinggi sehingga berisiko untuk penderita diabetes.

Hari Diabetes Sedunia diperingati setiap tanggal 14 November. Hari Diabetes Sedunia bertepatan dengan kelahiran Sir Federick Banting  yang merupakan penemu insulin. 

Pencetusan Hari Diabetes Dunia pertama kali pada 1991 dilakukan oleh International Diabetes Federation (IDF) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebagai tanggapan atas keprihatinan yang berkembang mengenai meningkatnya ancaman kesehatan akibat diabetes.

Makanan penurun gula darah

Penderita diabetes perlu rutin minum obat penurun gula darah. Selain obat-obatan, sejumlah makanan juga memilik manfaat sebagai penurun gula darah.

Mengutip artikel kesehatan di website Siloam Hospital, penderita diabetes perlu konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah untuk membantu mengontrol dan menurunkan gula darah.

Indeks glikemik rendah adalah makanan yang bisa dicerna tubuh secara perlahan sehingga tidak menyebabkan kadar gula darah naik signifikan.

Berikut adalah daftar makanan penurun gula darah dengan cepat

1. Kacang-kacangan

Makanan penurun gula darah yang pertama adalah kacang-kacangan. Kacang diketahui memiliki kandungan serat dan protein tinggi. Selain itu, kacang juga mengandung karbohidrat kompleks dan mempunyai indeks glikemik rendah. Kacang-kacangan juga mengandung magnesium yang bermanfaat menjaga kadar gula darah tetap stabil.

2. Sayuran Berdaun Hijau

Makanan penurun gula darah selanjutnya adalah sayuran berdaun hijau. Sayuran hijau tidak mengandung zat pati, sehingga gula darah tak akan naik bila mengkonsumsinya.

3. Ceri

Makanan penurun gula darah yang ketiga adalah buah ceri. Buah ceri mengandung anthocyanin yang memengaruhi sensitivitas tubuh terhadap insulin. Tubuh akan menghasilkan lebih banyak insulin untuk menurunkan gula darah.

4. Tomat

Makanan penurun gula darah yang keempat adalah tomat. Tomat mengandung likopen dan anthocyanin yang tergolong sebagai antioksidan. Zat pada tomat tersebut bahkan dianggap memiliki efek serupa dengan obat antidiabetes acarbose yang berfungsi memperlambat serta mengurangi pelepasan gula dalam darah.

5. Makanan Tinggi Protein

Makanan penurun gula darah yang kelima adalah makanan tinggi protein seperti ikan dan telur. Ikan dan telur diketahui mengandung lemak sehat omega-3 yang dapat mengurangi peradangan sekaligus menjaga kadar gula darah tetap stabil.

6. Gandum Utuh

Makanan penurun gula darah yang keenam adalah gandum utuh. Gandum utuh tergolong ke dalam asupan tinggi serat dengan indeks glikemik rendah, di mana dua kombinasi tersebut efektif untuk membantu memperlambat penyerapan glukosa dalam darah.

7. Ubi Jalar

Makanan penurun gula darah yang ketujuh adalah ubi jalar. Ubi jalar membantu mengendalikan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Hal ini karena ubi jalar memiliki indeks glikemik rendah. Selain itu, kandungan vitamin A, vitamin C, serat dan kalium di dalamnya juga baik untuk penderita diabetes.

8. Alpukat

Makanan penurun gula darah yang kedelapan adalah buah alpukat. Hal ini karena mengandung lemak sehat dan mineral. Kedua nutrisi tersebut juga berfungsi membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga insulin bisa bekerja dengan baik.

Selamat Hari Diabetes Sedunia 14 November 2023. Perbanyak makan makanan penurun gula darah akan membantu penderita diabetes mengontrol gula darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

×