kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 4 Aset Pendapatan Pasif yang Paling Oke Menurut Robert Kiyosaki


Selasa, 16 April 2024 / 07:39 WIB
Ini 4 Aset Pendapatan Pasif yang Paling Oke Menurut Robert Kiyosaki
ILUSTRASI. Robert Kiyosaki telah lama mendukung kekuatan pendapatan pasif.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Robert Kiyosaki merupakan seorang penulis dengan bukunya yang berjudul Rich Dad Poor Dad. Selain berprofesi sebagai seorang penulis, Kiyosaki juga dikenal sebagai investor sekaligus penasihat keuangan. 

Dalam beberapa pernyataannya, Kiyosaki telah lama mendukung kekuatan pendapatan pasif. Kiyosaki telah mengajarkan pentingnya memperoleh aset yang menghasilkan arus kas stabil dengan sedikit kerja aktif melalui pengajaran, buku, permainan, dan seminarnya. 

Pada tahun 2023, Kiyosaki menyebutkan empat pendapatan pasif terbaik yang bisa dilirik investor. Pendapatan pasif tersebut antara lain real estat, saham dividen, royalti, dan bisnis. 

Menurutnya, masing-masing aset tersebut dapat menghasilkan arus kas yang stabil jika dilakukan dengan strategi yang tepat. 

Melansir New Trader U, berikut adalah empat aset yang bisa digunakan untuk mendapatkan pendapatan pasif terbaik menurut Kiyosaki:

1. Sewa Real Estat

Salah satu aset pendapatan pasif utama yang Kiyosaki sarankan selama beberapa dekade adalah penyewaan properti. Dia melihat bisnis penyewaan properti bisa menghasilkan arus kas bulanan yang relatif stabil dan dapat diprediksi.

Akan tetapi, Kiyosaki menekankan pentingnya melakukan uji tuntas secara menyeluruh sebelum membeli properti apa pun. 

Baca Juga: Ini Aset yang Bisa Memberikan Kebebasan Finansial Seumur Hidup ala Robert Kiyosaki

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli properti untuk disewakan adalah rasio harga terhadap sewa dan tingkat pengembalian yang diharapkan.

Perhatikan pula nilai lokasi, potensi permintaan dan pertumbuhan, serta pajak properti. 

Kiyosaki merekomendasikan untuk mempekerjakan ahli untuk memeriksa properti apa pun secara komprehensif sebelum membeli. Manfaatkan manajer properti untuk menangani manajemen sehari-hari jika Anda menginginkan kepemilikan pasif sepenuhnya.

2. Saham Dividen

Selain real estate, Kiyosaki juga menyarankan saham dividen sebagai aset pendapatan pasif yang patut dilirik. 

Dia merekomendasikan untuk memilih saham perusahaan dengan bisnis yang terbukti, stabil, dan berjangka panjang yang secara teratur membayar dividen yang meningkat dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Robert Kiyosaki Beberkan 4 Alat Agar Bisa Tajir, Kali Ini Bukan Bitcoin atau Emas

Kuncinya adalah mengidentifikasi perusahaan-perusahaan yang mapan dan sehat secara finansial dalam industri yang siap untuk berkembang. Saham tersebut kemudian dapat memberikan aliran pendapatan triwulanan atau tahunan melalui dividen.

3. Royalti

Aset lain yang sering disarankan oleh Kiyosaki adalah royalti. Royalti memberikan pembayaran atas pekerjaan yang Anda lakukan satu kali yang dapat terus menghasilkan pendapatan tanpa batas.

Contoh yang ia berikan antara lain buku, musik, paten, waralaba, dan kursus atau publikasi online. 

Kiyosaki telah memperoleh penghasilan royalti yang besar dari berbagai buku yang ditulisnya selama bertahun-tahun. 

Ini adalah aset pendapatan pasif terobosannya setelah kesuksesan bukunya “Rich Dad, Poor Dad”. Jika dilakukan dengan benar, royalti dapat memberikan aliran pendapatan pasif yang mengesankan seumur hidup.

Baca Juga: Tak Lagi Sebut Bitcoin, Robert Kiyosaki Sebutkan 4 Alat untuk Kaya Raya

4. Bisnis

Menurut Kiyosaki, memiliki seluruh atau sebagian bisnis dapat menjadi aset arus kas cerdas lainnya. Dia lebih menyukai jenis bisnis informasi, pendidikan, real estat, dan penjualan langsung. 

Menemukan model bisnis dan mitra yang sesuai sangat penting untuk menjadikan peran kepemilikan ini lebih pasif.

Kiyosaki mengatakan kuncinya adalah membangun atau membeli bisnis kunci yang siap meraih kesuksesan jangka panjang dan terukur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×