kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,72   -3,94   -0.44%
  • EMAS1.368.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 4 Makanan untuk Meredakan Sakit Kepala beserta Pantangannya


Senin, 01 April 2024 / 13:47 WIB
Ini 4 Makanan untuk Meredakan Sakit Kepala beserta Pantangannya
ILUSTRASI. Makanan untuk Meredakan Sakit Kepala beserta Pantangannya

Penulis: Bimo Kresnomurti

Makanan untuk Meredakan Sakit Kepala  - JAKARTA. Simak daftar makanan untuk mengurangi sakit kepala. Kondisi tidak nyaman pada saat pusing bisa memicu hambatan dalam aktivitas.

Saat menghadapi sakit kepala, penting untuk memperhatikan pilihan makanan yang tepat untuk membantu meredakan gejala dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Meskipun tidak ada makanan ajaib yang secara langsung menyembuhkan sakit kepala, beberapa jenis makanan telah terbukti dapat memberikan bantuan dalam mengurangi intensitas dan frekuensi serangan sakit kepala.

Dengan memilih makanan yang kaya akan nutrisi tertentu dan menghindari pemicu potensial, seseorang dapat mengelola sakit kepala dengan lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan.

Saat menghadapi sakit kepala, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari karena dapat memicu atau memperburuk gejala.

Baca Juga: 5 Taktik Jitu Minum Kopi agar Asam Lambung Tidak Naik

Pantangan makanan saat sakit kepala

Sakit kepala

Makanan-makanan ini bervariasi tergantung pada individu, namun beberapa makanan umum yang sering dianggap sebagai pemicu potensial untuk sakit kepala adalah:

  • Makanan yang Mengandung MSG (Monosodium Glutamat): MSG adalah pemicu umum bagi beberapa orang yang menderita migrain atau sakit kepala tegang. Makanan yang sering mengandung MSG termasuk makanan olahan, makanan siap saji, sup instan, saus, dan camilan.
  • Makanan Berlemak Tinggi: Makanan yang tinggi lemak, terutama lemak jenuh dan trans, dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh dan mempengaruhi aliran darah ke otak, yang dapat memicu sakit kepala pada beberapa individu.
  • Makanan yang Mengandung Tiramin: Tiramin adalah senyawa yang ditemukan dalam beberapa makanan dan minuman yang dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah, yang merupakan pemicu umum untuk sakit kepala. Makanan yang mengandung tiramin termasuk keju tua, cokelat, minuman berkafein seperti kopi dan teh, serta makanan yang diasamkan atau diasap.
  • Makanan yang Mengandung Aspartam: Aspartam adalah pemanis buatan yang ditemukan dalam banyak makanan ringan, minuman bersoda ringan, dan permen karet. Beberapa orang mengalami sakit kepala setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung aspartam.

Baca Juga: Ini 5 Makanan untuk Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Mengemudi Jauh

Makanan untuk mengurangi sakit kepala

Untuk itu, jelajahi beragam makanan yang dapat menjadi bagian dari strategi nutrisi untuk mengatasi sakit kepala, dilansir dari laman Advil.

1. Telur

Apakah Anda lebih memilih telur direbus, telur matang sempurna, atau telur dadar, telur merupakan salah satu makanan yang dapat membantu meredakan sakit kepala.

Telur secara alami mengandung riboflavin, atau vitamin B2, yang penting untuk pertumbuhan sel dan fungsi tubuh. Beberapa ahli merekomendasikan suplemen riboflavin sebagai pencegahan sakit kepala migrain, karena bukti menunjukkan keefektifannya.

Konsumsi telur saat sarapan adalah cara alami untuk memperoleh riboflavin dalam diet. Anda dapat memadukannya dengan sayuran seperti paprika merah dan zucchini dalam orak-arik sarapan yang berwarna-warni atau menyertakannya dalam rutinitas persiapan makan dengan merebus telur di awal minggu.

Telur juga dapat menjadi tambahan lezat dalam hidangan di luar sarapan dan makan siang, misalnya, dengan menambahkan telur rebus ke atas nasi merah atau menggunakan telur untuk membuat shakshuka yang lezat.

2. Semangka

Dehidrasi bisa memicu sakit kepala, maka mengapa tidak mencoba mengonsumsi semangka? Dikenal karena kandungan airnya yang tinggi dan rasa manisnya, semangka sangat menarik terutama di musim panas.

Tambahkan potongan semangka ke dalam salad buah, buat camilan beku dengan es, atau nikmati saja. Anda juga dapat mencampur semangka ke dalam salad segar untuk hidangan yang menyegarkan.

Cobalah dengan tambahan mint, feta, dan kacang-kacangan atau buat salad seafood musim panas dengan semangka, alpukat, udang, dan daun ketumbar.

Telur

3. Kacang navy

Jenis Kacang ini berukuran kecil dan berwarna putih, adalah bagian dari keluarga kacang-kacangan bersama dengan kacang merah, pinto, buncis, dan lentil.

Kacang-kacangan seperti kacang navy merupakan sumber magnesium yang baik, nutrisi penting untuk mengatur fungsi otot, kadar gula darah, tekanan darah, dan fungsi saraf.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen magnesium dapat membantu mengurangi frekuensi sakit kepala migrain. Anda dapat menambahkan kacang navy ke dalam sup hangat atau memasukkannya ke dalam hidangan, seperti wajan sarapan dengan tomat dan telur, atau dalam hummus untuk camilan sehat.

4. Kacang Almond

Kacang almond adalah sumber magnesium yang luar biasa, selain itu juga kaya akan vitamin E, serat, biotin, dan kalsium, serta dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Almond mudah dijadikan camilan dan dapat ditambahkan ke dalam berbagai hidangan. Anda bisa mencoba menambahkan irisan almond ke dalam salad, menggunakan tepung almond sebagai alternatif bebas gluten dalam pembuatan kue, atau memasukkannya ke dalam granola.

Apabila memiliki alat pengolah makanan di rumah, bisa membuat mentega almond sendiri yang lezat untuk dinikmati dengan roti panggang atau irisan apel.

Itulah beberapa makanan yang diklaim bisa mengurangi gejala sakit kepala dengan perlahan. Pastikan konsisten konsumsi makanan sehat agar mendapatkan manfaat yang signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×