kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 4 Makanan yang Tidak Dikonsumsi Bersama Kopi, Wajib Dihindari


Senin, 04 Maret 2024 / 11:16 WIB
Ini 4 Makanan yang Tidak Dikonsumsi Bersama Kopi, Wajib Dihindari
ILUSTRASI. Kopi dan makanan

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak makanan yang tidak dikonsumsi bersama kopi. Dalam menikmati kopi, terdapat beberapa panduan yang bisa membantu menjaga keseimbangan untuk kesehatan tubuh.

Ini termasuk batasan konsumsi kopi yang direkomendasikan maksimal 3 cangkir per hari. Hal ini berkaitan dengan anjuran untuk menjaga kadar kalsium dalam tubuh tetap optimal, mengingat kafein dapat mempengaruhi penyerapan kalsium serta meningkatkan ekskresi kalsium melalui urin.

Selain itu, penting untuk memperhatikan waktu konsumsi kopi, terutama bagi mereka yang juga mengonsumsi sumber zinc dan zat besi non-heme, karena kafein dan tannat dalam kopi dapat menghambat penyerapan kedua mineral penting tersebut.

Konsumsi kopi sebaiknya dilakukan beberapa jam setelah mengonsumsi makanan untuk mencegah interaksi negatif.

Baca Juga: 11 Makanan & Minuman Ini yang Tak Boleh Didekati Penderita Diabetes Kronis

Makanan yang tidak dikonsumsi bersama kopi

Kopi hitam

Dengan mengikuti panduan ini, penggemar kopi dapat menikmati minuman favorit tanpa mengorbankan kesehatan. Ini berdasarkan penelitian yang dikutip dari laman Weekand.

1. Makanan Tinggi Kalsium

Apabila Anda memerlukan stimulan kafein di pagi hari, sebaiknya elakkan sumber kalsium seperti produk susu sebelum minum kopi. Kafein dalam kopi standar dapat mengganggu penyerapan kalsium dan meningkatkan volume kalsium yang dikeluarkan melalui urin.

Efek ini cukup kecil bagi sebagian besar orang, dimana satu cangkir kopi hanya membuat kehilangan 2 sampai 3 miligram dari anjuran konsumsi harian 1.000 miligram. Namun, agar kadar kalsium tetap optimal, disarankan oleh Linus Pauling Institute untuk membatasi konsumsi kopi maksimal 3 cangkir sehari. Kopi tanpa kafein tidak berpengaruh pada penyerapan kalsium.

2. Makanan yang Mengandung Zinc

Meskipun penggemar kopi tanpa kafein bisa minum kopi dengan aman setelah mengonsumsi sumber kalsium, baik kopi tanpa kafein maupun kopi biasa dapat menghambat tubuh dari menyerap zinc.

Hal ini disebabkan karena kopi mengandung tannat, yang menciptakan ikatan dengan beberapa mineral dalam diet. Ikatan ini sulit untuk dipecah oleh tubuh, sehingga konsumsi kopi dapat mengakibatkan pengeluaran zinc yang sebenarnya bisa diserap oleh tubuh.

Sebaiknya hindari minum kopi setelah mengonsumsi sumber zinc, seperti tiram, daging merah, unggas, kacang, dan kacang-kacangan.

Baca Juga: 11 Bahan Alami Untuk Mengobati Asam Lambung

3. Makanan dengan Zat Besi Non-Heme

Ada dua bentuk zat besi dalam diet: heme dan non-heme. Walaupun tubuh dapat menyerap zat besi heme dari makanan hewani dengan mudah, hanya zat besi non-heme yang terdapat dalam makanan tumbuhan.

Vegan dan vegetarian seringkali kesulitan menyerap zat besi non-heme. Hal ini bisa menjadi masalah khusus bagi mereka yang juga menyukai kopi, karena tannat memiliki efek yang sama terhadap zat besi non-heme seperti pada zinc.

Agar cukup mendapatkan zat besi dari makanan tumbuhan, hindari mengonsumsi makanan yang kaya zat besi seperti kacang polong, kacang, lentil, kacang arab, dan produk kedelai sebelum minum kopi.

4. Vitamin

Selain dampaknya terhadap penyerapan mineral, kopi juga tampaknya mempengaruhi beberapa vitamin. Sebagai contoh, kafein bisa berdampak negatif pada level vitamin D.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Bone Metabolism pada tahun 2017 menunjukkan bahwa individu yang mengonsumsi lebih banyak kopi umumnya memiliki level vitamin D yang lebih rendah.

Meskipun ini bukan bukti konklusif bahwa kafein menurunkan vitamin D, ini menandakan pentingnya pengaturan konsumsi kafein untuk menjaga level vitamin D tetap sehat.

Itulah daftar kandungan makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersama kopi agar mendapatkan manfaat kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×