kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 5 Obat Alami untuk Batuk Anak yang Bisa Dilakukan dari Rumah


Jumat, 01 Maret 2024 / 14:29 WIB
Ini 5 Obat Alami untuk Batuk Anak yang Bisa Dilakukan dari Rumah
ILUSTRASI. Batuk pada anak minum obat apa?

Penulis: Bimo Kresnomurti

Obat Alami untuk Batuk Anak - JAKARTA. Simak sederet pengobatan alami untuk batuk anak dari rumah. Pahami beberapa informasi terkait rekomendasi obat alami yang bisa dicoba saat anak menderita batuk.

Batuk adalah refleks alami tubuh anak untuk membersihkan dan melindungi saluran pernapasan dari iritasi, infeksi, lendir, atau zat asing. Batuk dapat terjadi sebagai gejala tunggal atau bersamaan dengan penyakit lain seperti flu, pilek, bronkitis, atau infeksi tenggorokan.

Jenis batuk pada anak beragam seperti Batuk produktif yang menghasilkan lendir dan Batuk kering yang tanpa tidak menghasilkan lendir.

Sebagian orang tua memilih pengobatan langsung ke dokter, sehingga mendapatkan pengobatan medis. Namun, ada juga pengobatan yang bisa dilakukan dari rumah.

Baca Juga: 9 Cara Alami yang Bisa Bikin Tekanan Darah Tinggi Kembali Normal

Ada beberapa rekomendasi obat alami untuk batuk anak yang bisa dicoba oleh orang tua. Pastikan untuk memantau kondisi terkait tingkat keparahan dari penyakit tersebut.

Bila batuk pada anak berlangsung lama, disertai dengan sesak napas, atau menunjukkan gejala yang mengkhawatirkan, segera konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk evaluasi dan saran lebih lanjut.

Obat alami untuk batuk anak

Air madu

Berikut ini beberapa pengobatan alami dari rumah yang bisa dicoba oleh orang tua, dilansir dari laman Pediakid.

1. Berkumur dengan cuka apel

Untuk meredakan batuk pada anak yang lebih besar, saran terbaik adalah berkumur, terutama untuk meredakan sakit tenggorokan. Campurkan cuka apel, air, dan sedikit garam, panaskan, dan berikan kepada anak untuk berkumur beberapa kali sehari.

2. Menghirup Uap

Inhalasi uap dapat efektif meredakan batuk pada anak yang mengalami suara gonggongan. Caranya, pergilah ke kamar mandi, tutup pintu, dan hidupkan shower air panas. Ajak anak untuk menghirup uap yang dihasilkan untuk mengurangi serangan batuk.

3. Berikan Air Secara Teratur

Orang tua bisa memberikan air secara teratur untuk melembapkan tenggorokan dan meredakan iritasi. Gunakan larutan garam atau aerosol untuk melembapkan hidung dan mulut anak.

4. Minum Madu pada Anak

Madu dapat efektif meredakan sakit tenggorokan dan batuk pada anak. Berikan satu atau dua sendok teh madu secara teratur. Pilih madu organik jika mungkin dan pastikan anak menyikat gigi setelah mengonsumsi madu.

5. Meredakan Batuk dengan Bawang

Bawang dapat membantu meredakan batuk pada anak. Tempatkan bawang yang sudah dikupas di bawah tempat tidur anak atau alternatifnya, campurkan bawang dengan madu, dan berikan kepada anak dua kali sehari.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah! Ini Aturan Konsumsi Lidah Buaya untuk Mengobati Asam Lambung

Kapan harus ke dokter?

Pengobatan segera ke dokter diperlukan saat gangguan:

  • Jika gejala mengganggu anak Anda, pastikan untuk memerlukan obat atau pengobatan apa pun. Saat anak terganggu dengan batuk atau pilek dan bisa mengganggu tidur nyenyak.
  • Demam tinggi mengobatinya jika membuat anak Anda lamban atau menyebabkan beberapa ketidaknyamanan. Hal ini terjadi ketika suhu mencapai 102° F (39° C) atau lebih tinggi.
  • Gejala lain muncul, rasa tidak nyaman pada pernapasan atau sakit kepala.

Itulah informasi yang bisa Anda pahami untuk pengobatan secara alami dari rumah yang bisa dicoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×