kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 5 Penanganan Demam saat Puasa yang Bisa Dilakukan


Senin, 25 Maret 2024 / 12:10 WIB
Ini 5 Penanganan Demam saat Puasa yang Bisa Dilakukan
ILUSTRASI. Demam menggigil

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak cara penanganan demam saat puasa yang bisa dicoba. Demam saat menjalani puasa dapat menjadi pengalaman yang tidak nyaman dan menantang bagi banyak orang.

Saat tubuh mengalami demam, kebutuhan akan cairan dan nutrisi yang tepat menjadi lebih penting untuk mempercepat proses pemulihan.

Penting bagi individu yang mengalami demam untuk tetap memperhatikan kesehatan dan kesejahteraan mereka selama bulan puasa.

Merawat diri dengan istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan yang bergizi saat berbuka, dan memastikan untuk minum cairan yang cukup saat berbuka puasa dan sahur adalah langkah-langkah penting untuk membantu tubuh dalam melawan infeksi dan memulihkan diri dari demam.

Namun, jika demam berlanjut atau menjadi parah, penting untuk segera mencari bantuan medis untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Baca Juga: Ini 6 Tanda-Tanda Radang Sendi atau Arthritis pada Orang Dewasa

Penanganan Demam saat puasa

Anak demam

Jika Anda mengalami demam saat berpuasa, penting untuk mengambil langkah-langkah tertentu untuk menjaga kesehatan.

Simak beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk penanganan demam, dirangkum dari laman Dry Fasting Club.

1. Beristirahat

Anda perlu istirahat cukup untuk membantu tubuh melawan infeksi dan mempercepat pemulihan dari demam. Pastikan Anda mencoba untuk tidur yang cukup dan hindari aktivitas yang terlalu berat selama puasa.

2. Konsumsi Cairan saat Buka dan Sahur

Demam dapat menyebabkan dehidrasi, terutama jika Anda kehilangan cairan melalui keringat atau demam tinggi. Pastikan untuk minum banyak air putih atau cairan lain yang mengandung elektrolit untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

3. Makan dengan Bijak

Meskipun Anda mungkin tidak memiliki nafsu makan saat demam, penting untuk tetap makan makanan yang ringan dan mudah dicerna. Hindari makanan berat atau pedas yang dapat memperburuk gejala Anda.

4. Berkonsultasi dengan Dokter

Apabila demam Anda berlangsung lebih dari beberapa hari atau jika Anda mengalami gejala lain yang mengkhawatirkan, seperti sesak napas atau nyeri dada, segera hubungi dokter. Dokter dapat memberikan diagnosis yang tepat dan perawatan yang diperlukan untuk membantu Anda pulih.

5. Berhenti Berpuasa Jika Diperlukan

Bila demam Anda sangat parah atau merasa tidak mampu berpuasa tanpa mengganggu kesehatan lebih lanjut, Anda dapat memutuskan untuk berhenti berpuasa.

Kesehatan Anda harus menjadi prioritas utama, dan Islam memperbolehkan untuk tidak berpuasa jika sakit atau dalam kondisi yang memerlukan perhatian medis.

Itulah informasi terkait penanganan demam saat puasa yang bisa Anda lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×