kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 5 Penyebab beserta Cara Pencegahan Jerawat Punggung atau Back Acne


Kamis, 16 November 2023 / 15:26 WIB
Ini 5 Penyebab beserta Cara Pencegahan Jerawat Punggung atau Back Acne
ILUSTRASI. Ini 5 Penyebab beserta Cara Pencegahan Jerawat Punggung atau Back Acne

Penulis: Bimo Kresnomurti

Cara Pencegahan Jerawat Punggung - JAKARTA. Kenali penyebab hingga pencegahan jerawat punggung yang mengganggu. Kondisi back acne bisa jadi pemicu rasa tidak nyaman pada area tubuh bagian atas.

Jerawat punggung, atau yang sering disebut dengan "back acne" atau "bacne," adalah kondisi kulit di mana terjadi pembentukan jerawat pada area punggung.

Seperti jerawat pada wajah, jerawat punggung disebabkan oleh penyumbatan folikel rambut oleh minyak dan sel kulit mati, yang kemudian menyebabkan peradangan.

Anda bisa menemukan jerawat di bahu, punggung atas, atau di seluruh tubuh Anda. Kemunculan jerawat ini bisa menyakitkan dan muncul berkelompok.

Baca Juga: Ketahui 16 Lebih Manfaat Buah Alpukat, Baik untuk Kulit dan Cegah Kolesterol Tinggi

Anda mungkin hanya mengalami satu jenis jerawat atau campuran komedo putih, komedo hitam, benjolan merah, jerawat nodular, atau jerawat kistik.

Untuk itu, Anda perlu memahami penyebab jerawat pungggung bisa timbul secara tiba-tiba.

Penyebab jerawat punggung

Jerawat punggung

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan jerawat punggung meliputi:

1. Produksi Minyak Berlebihan

Kelenjar minyak di bawah kulit memproduksi sebum (minyak) untuk menjaga kelembaban kulit. Jika produksi minyak berlebihan, dapat menyumbat folikel rambut dan menyebabkan jerawat.

2. Sel Kulit Mati

Sel-sel kulit mati yang tidak terkelupas dengan baik dapat menyumbat pori-pori dan berkontribusi pada pembentukan jerawat.

3. Aktivitas Kelenjar Hormon

Perubahan hormon, seperti yang terjadi selama masa pubertas, kehamilan, atau saat menggunakan kontrasepsi hormonal, dapat memengaruhi produksi minyak dan menyebabkan jerawat.

4. Faktor Genetik

Kondisi jerawat bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Jika anggota keluarga memiliki riwayat jerawat, kemungkinan Anda juga rentan terhadap kondisi ini.

5. Pemakaian Produk Pemutih Kulit atau Minyak

Beberapa produk perawatan kulit atau minyak yang berat dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

6. Pakaian yang Ketat atau Panas

Pakaian yang ketat atau terlalu panas dapat meningkatkan produksi minyak dan memicu jerawat.

Jerawat punggung dapat muncul dalam bentuk komedo (pori-pori yang tersumbat dengan minyak dan sel-sel kulit), jerawat papula (benjolan kecil yang meradang dan berwarna merah), pustula (jerawat dengan pus), atau nodul dan kista yang lebih dalam.

Pencegahan dan pengelolaan jerawat punggung melibatkan perawatan kulit yang baik, penggunaan pakaian yang tidak memicu iritasi, dan mungkin konsultasi dengan dokter atau ahli dermatologi untuk penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: 4 Obat Herbal Ini Efektif Menurunkan Demam

Pengobatan rumahan dan pencegahan

Anda bisa mengikuti panduan mudah untuk memulai pencegahan jerawat punggung dilansir dari laman Medpark Hospital.

  • Kenakanlah kemeja yang longgar agar menghindari gesekan dan iritasi, karena kemeja yang ketat dapat menyebabkan penangkapan keringat dan gesekan yang dapat merusak kulit. Untuk mencegah gesekan lebih lanjut, hindari menggunakan ransel atau peralatan pelindung olahraga yang empuk di daerah punggung Anda.
  • Segera mandi untuk mencegah keringat terperangkap yang dapat menyumbat pori-pori kulit, dan pastikan untuk tidak berbaring di lantai yang kotor, terutama saat dalam keadaan telanjang dada.
  • Pilihlah perawatan kulit yang ringan dan non-komedogenik untuk menjaga kebersihan kulit Anda.
  • Untuk mengatasi jerawat punggung, gunakan produk benzoil peroksida, biarkan selama 5 menit sebelum dibilas. Gel retinol juga dapat membantu mengurangi jerawat dan memberikan kesan kulit yang lebih muda.
  • Penting untuk diingat untuk tidak memencet jerawat, karena hal ini dapat meninggalkan bekas dan berpotensi menyebabkan infeksi.
  • Jaga kebersihan rambut Anda dan hindari kontak dengan punggung Anda, karena minyak dan kotoran dari rambut dapat menyebabkan jerawat punggung.
  • Perhatikan pola makan Anda dengan menghindari makanan pemicu jerawat seperti roti tawar, pasta putih, kentang, atau makanan dengan indeks glikemik tinggi.

Itulah panduan mudah dalam pencegahan dan pengobatan rumahan jerawat punggung yang perlu Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×