kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 6 Kebiasaan yang Membuat Panjang Umur dan Sehat hingga Hari Tua


Rabu, 14 Februari 2024 / 15:49 WIB
Ini 6 Kebiasaan yang Membuat Panjang Umur dan Sehat hingga Hari Tua
ILUSTRASI. Kebiasaan yang Membuat Panjang Umur dan Sehat hingga Hari Tua. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.

Penulis: Bimo Kresnomurti

Tips Panjang Umur - JAKARTA. Pahami kebiasaan yang membuat panjang umur dan sehat hingga hari tua. Hidup lebih lama dengan gaya hidup sehat dan perhatian terhadap faktor-faktor tertentu memiliki berbagai manfaat, baik secara fisik maupun mental. 

Hal ini terkait dengan gaya hidup sehat, termasuk pola makan seimbang dan olahraga teratur, dapat menjaga kesehatan fisik. Ini dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan penyakit lainnya, yang dapat memperpanjang umur dan meningkatkan kualitas hidup.

Anda juga bisa membiasakan pola makan yang baik dan aktivitas fisik dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.

Pemahaman terkait. penyakit obesitas dapat menjadi faktor risiko untuk berbagai penyakit, dan mempertahankan berat badan yang sehat dapat mengurangi risiko tersebut.

Baca Juga: Gejala Kolesterol Tinggi yang Kerap Diabaikan, Cek 4 Cara Mencegahnya Tanpa Obat

Ilustrasi olahraga

Olahraga teratur meningkatkan kebugaran fisik dan daya tahan tubuh. Tubuh yang bugar lebih mampu melawan infeksi, mengatasi penyakit, dan menjalani aktivitas sehari-hari dengan energi yang lebih besar.

Selain itu, Aktivitas relaksasi seperti meditasi atau yoga dapat membantu dalam manajemen stres. Stres yang terkontrol dapat membantu mencegah penyakit terkait stres dan meningkatkan kesejahteraan mental.

Interaksi sosial yang sehat dari dukungan keluarga dan hubungan yang positif dapat berkontribusi pada kesehatan mental. Kesehatan mental yang baik terkait dengan penurunan risiko depresi dan gangguan kejiwaan lainnya.

Hidup sehat melibatkan berbagai aktivitas yang mendukung kesehatan fisik dan mental. Berikut adalah beberapa aktivitas yang dapat membantu Anda lebih panjang umur, dilansir dari laman Eatingwell.

Baca Juga: Bahaya, Penyebab, beserta Cara Mengatasi Hipersomnia atau Kebanyakan Tidur

Kebiasaan yang membuat hidup lebih lama

1. Pola Hidup Sehat

Anda melakukan aktivitas fisik secara teratur, seperti berjalan, berlari, bersepeda, atau berenang, dapat meningkatkan kekuatan otot, kebugaran jantung, dan kesehatan keseluruhan.

Anda perlu mengonsumsi makanan seimbang yang kaya akan nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein sehat, merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat.

Kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat merugikan kesehatan. Berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol dengan bijak dapat membantu mencegah berbagai penyakit.

2. Terapkan Hara Hachi Bu

Alihkan fokus dari diet ketat dan detoksifikasi, dan terapkan filosofi "hara hachi bu" asal Jepang. Prinsip "Hara Hachi Bu" mengajarkan untuk berhenti makan sebelum merasa benar-benar kenyang, kira-kira ketika mencapai 80 persen kekenyangan.

Dengan mengadopsi kebiasaan ini, orang Okinawa meyakini bahwa mereka dapat mengontrol asupan kalori mereka, mencegah overeating, dan mendukung kesehatan serta umur panjang.

Filosofi ini tidak hanya berfokus pada kuantitas makanan tetapi juga menekankan kualitas makanan yang dikonsumsi. Makanan yang dikonsumsi biasanya sehat, rendah kalori, dan kaya nutrisi, seperti sayuran, buah-buahan, ikan, dan makanan tradisional lainnya.

3. Batasi Gula Tambahan

Anda bisa mengatur konsumsi makanan olahan untuk secara alami mengurangi asupan gula tambahan. Orang di Zona Biru hanya mengonsumsi gula secara disengaja, tidak lebih dari 7 sendok teh per hari.

Selain itu, Anda bisa meningkatkan frekuensi memasak di rumah untuk mengontrol bahan makanan, porsi, dan mengurangi stres. Ini dapat membantu mengurangi risiko terhadap penyebab kematian.

Setelah memasak, bagikan makanan dengan orang lain. Ini tidak hanya meningkatkan kesehatan nutrisi tetapi juga membangun lingkungan sosial yang mendukung perilaku sehat.

4. Cukup Istirahat

Anda perlu menjaga pola tidur yang teratur dan cukup tidur setiap malam penting untuk pemulihan fisik dan kesehatan mental.

Anda bisa menerapkan teknik manajemen stres, seperti meditasi, yoga, atau olahraga, dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan mental.

5. Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Anda melakukan pemeriksaan kesehatan rutin dan mengikuti program vaksinasi dapat membantu mendeteksi dini penyakit atau kondisi kesehatan dan mencegah penyakit menular.

Stimulasi mental, seperti membaca, belajar, atau menyelesaikan teka-teki, dapat membantu menjaga kesehatan otak dan mengurangi risiko gangguan kognitif.

6. Gabungkan Aktivitas Sehari-hari

Anda bisa menanamkan kebiasaan bergerak tanpa disadari dalam kehidupan sehari-hari. Anda menghindari pandangan tradisional tentang olahraga dan prioritaskan aktivitas fisik yang terintegrasi dalam rutinitas harian, seperti merawat taman atau melakukan pekerjaan rumah.

Itulah beberapa informarasi terkait tips dan kebiasaan yang membuat panjang umur hingga sehat hingga hari tua.

Selanjutnya: Ini Dampak Pilpres Satu atau Dua Putaran bagi IHSG, Intip Rekomendasi Saham

Menarik Dibaca: Gara-Gara Harga Emas Dunia Jeblok, Emas Antam Merosot Rp 15.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×