kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,35   16,58   1.84%
  • EMAS1.325.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 7 Sayuran dan Biji-bijian yang Mencerahkan Kulit secara Alami


Jumat, 22 Maret 2024 / 10:55 WIB
Ini 7 Sayuran dan Biji-bijian yang Mencerahkan Kulit secara Alami
ILUSTRASI. Kulit cerah dengan sayuran

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar sayuran dan biji-bijian untuk mencerahkan kulit alami. Bahan-bahan alami, seperti sayuran dan biji-bijian, tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh tetapi juga dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk kulit.

Dengan kandungan nutrisi yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, sayuran dan biji-bijian dapat membantu mencerahkan dan meremajakan kulit secara alami.

Inilah mengapa memasukkan makanan-makanan ini ke dalam pola makan sehari-hari dapat menjadi langkah penting dalam merawat kecantikan kulit Anda.

Simak beberapa sayuran dan biji-bijian yang menjadi andalan dalam perawatan kulit yang sehat dan bersinar.

Baca Juga: 5 Buah Kaya Vitamin Ini untuk Menurunkan Kolesterol Jahat dan Tekanan Darah Tinggi

Kacang kenari

Sayuran dan biji-bijian mengandung sejumlah nutrisi penting yang dapat membantu mencerahkan kulit. Berikut adalah beberapa nutrisi utama yang terkandung dalam sayuran dan biji-bijian serta manfaatnya untuk kulit:

  • Vitamin C: Vitamin C membantu dalam produksi kolagen, yang dapat meningkatkan kekenyalan kulit, mengurangi kerutan, dan memberikan kulit tampilan yang lebih cerah.
  • Vitamin E: Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi lingkungan, serta membantu menjaga kelembapan kulit.
  • Beta-karoten: Beta-karoten membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan meningkatkan warna kulit, memberikan tampilan kulit yang lebih cerah dan bersinar.
  • Serat: Sayuran dan biji-bijian juga kaya akan serat, yang membantu membersihkan racun dari tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan. Pencernaan yang sehat dapat membantu kulit terlihat lebih bersih dan cerah.
  • Mineral: Sayuran hijau mengandung mineral penting seperti zat besi dan seng. Mineral-mineral ini membantu menjaga kesehatan kulit dengan mengoptimalkan proses regenerasi sel dan meningkatkan kecerahan kulit.

Sayuran dan biji-bijian untuk mencerahkan Kulit

Berikut bahasan secara detail makanan yang berasal dari sayuran dan biji-bijian untuk kulit bercahaya, dilansir dari laman Care Hospitals.

1. Bunga Matahari

Dalam membahas makanan untuk kulit sehat bercahaya, biji bunga matahari tidak bisa dikesampingkan. Biji ini mengandung campuran nutrisi penting, vitamin, selenium, zinc, dan protein.

Kombinasi nutrisi ini memanjakan lidah Anda dan sistem pendukung komprehensif untuk integritas kulit, produksi kolagen, dan vitalitas kulit secara keseluruhan.

2. Kenari

Kacang Kenari adalah salah satu makanan sehat untuk kulit Anda. Berlimpah asam lemak esensial, termasuk omega-3, mengurangi peradangan pada kulit.

Satu ons kenari dapat menghasilkan 8% dari nilai harian zinc, elemen penting untuk fungsi pelindung kulit dan penyembuhan luka. Selain seng, kenari menawarkan antioksidan lain, seperti vitamin E dan selenium, yang meningkatkan profil nutrisi kulit.

3. Ubi Jalar

Ubi jalar bisa menjadi makanan Anda untuk kulit bercahaya dan sehat. Ini kaya akan Beta-karoten, nutrisi yang berasal dari tumbuhan. Beta-karoten (prekursor vitamin A) menjadi pusat perhatian dalam meningkatkan kesehatan kulit.

Hanya 100 gram porsi ubi panggang menawarkan beta-karoten yang melebihi enam kali lipat nilai harian vitamin A. Antioksidan ini terintegrasi ke dalam kulit Anda, membentuk perisai pelindung terhadap paparan sinar matahari, dan membantu mencegah sengatan matahari, kerusakan sel, dan kulit. perkembangan kulit kering dan keriput.

4. Paprika

Paprika, sumber beta-karoten yang luar biasa, bisa menjadi makanan terbaik untuk mencerahkan kulit. Mereka juga merupakan kontributor utama vitamin C, pemain kunci dalam produksi kolagen yang penting untuk menjaga kekencangan dan kekuatan kulit.

5. Brokoli

Nah, Anda sedang mencari makanan apa saja untuk kulit cerah, Brokoli mungkin bisa menjadi pilihan Anda. Ini adalah pembangkit tenaga listrik yang menutrisi kulit dengan vitamin A dan C esensial serta mineral seperti seng.

Dengan kandungan lutein dan sulforaphane, yang menawarkan perlindungan terhadap kerusakan oksidatif dan memiliki potensi efek anti kanker.

6. Kedelai

Kedelai bisa menjadi komponen makanan Anda untuk kulit bercahaya. Isoflavon kedelai, yang dikenal untuk mengatur estrogen, membantu mengurangi kerutan dan meningkatkan elastisitas.

Wanita pascamenopause mungkin mengalami perbaikan pada kekeringan kulit dan peningkatan kolagen untuk kulit lebih halus dan kenyal. Isoflavon juga melindungi sel internal dan kulit dari radiasi UV.

7. Tomat

Tomat bisa menjadi makanan Anda untuk mendapatkan kulit bercahaya. Tomat kaya akan vitamin C, likopen, dan lutein. Trio beta karoten, lutein, dan likopen melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari dan dapat mencegah kerutan.

Demikian penjelasan terkait sayuran dan biji-bijian yang baik untuk mencerahkan kulit secara alami. Selain itu, Anda bisa mencoba berbagai perawatan kulit untuk mendukung pola konsumsi makanan sehat tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×