kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 8 Makanan untuk Meningkatkan Kolesterol Baik yang Menyehatkan Tubuh


Sabtu, 11 November 2023 / 09:50 WIB
Ini 8 Makanan untuk Meningkatkan Kolesterol Baik yang Menyehatkan Tubuh
ILUSTRASI. Ini 8 Makanan dengan Kolesterol Baik yang Menyehatkan Tubuh

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar makanan untuk meningkatkan kolesterol baik yang menyehatkan tubuh. Kadar kolesterol pada tubuh terdapat dua jenis salah satunya kolesterol baik.

Kolesterol baik merujuk pada lipoprotein berdensitas tinggi atau High-Density Lipoprotein (HDL) dalam darah. HDL adalah salah satu dari dua jenis lipoprotein utama yang membawa kolesterol dalam aliran darah.

Kolesterol merupakan zat lemak yang esensial untuk berbagai fungsi dalam tubuh, tetapi kelebihan kolesterol dapat menjadi faktor risiko penyakit jantung.

HDL disebut sebagai "kolesterol baik" karena peran positifnya dalam kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Baca Juga: Selain Segar, Ini 5 Alasan Mengapa Air Kelapa Bisa Mengatasi Gejala Diabetes

Fungsi kolesterol baik

Kolesterol

Berikut adalah beberapa hal yang menjelaskan mengapa HDL dianggap sebagai kolesterol baik:

  • Pengangkut Kolesterol dari Jaringan ke Hati: HDL berfungsi membawa kolesterol berlebih dari jaringan dan arteri kembali ke hati untuk pengolahan atau pengeluaran dari tubuh. Ini membantu mencegah penumpukan kolesterol pada dinding arteri.
  • Antiinflamasi dan Antioksidan: Sifar HDL sebagai antiinflamasi dan antioksidan bisa membantu melawan peradangan dan kerusakan sel yang dapat mempengaruhi dinding arteri.
  • Melawan Pembentukan Plak Aterosklerosis: HDL dapat melawan pembentukan plak aterosklerosis, yang merupakan penumpukan kolesterol dan bahan lain pada dinding arteri. Plak ini dapat menyebabkan penyempitan arteri dan meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.
  • Mengurangi Kolesterol Total dalam Darah:HDL dapat membantu mengurangi total kolesterol dalam darah dengan membawa kolesterol berlebih ke hati untuk dikeluarkan. Ini memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan antara kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).

Untuk mendapatkan manfaat dari kolesterol baik, Anda bisa memilih beberapa makanan bisa meningkatkan kadar kolesterol itu.

Simak daftar makanan untuk meningkatkan kolesterol baik yang menyehatkan tubuh dilansir dari laman Eating Well.

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah makanan pokok Mediterania karena alasan yang bagus. Ini kaya akan senyawa anti-inflamasi, asam oleat, yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa elenolide yang ditemukan dalam minyak zaitun, terutama minyak zaitun berkualitas tinggi, membantu mencegah tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Ikan salmon

Ikan salmo kaya akan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung. Asam lemak omega-3 membantu meningkatkan kolesterol HDL dalam darah Anda, yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Untuk mendapatkan manfaat peningkat kolesterol, cobalah memasak salmon dengan benar tanpa menghilangkan zat penting.

3. Kacang-kacangan

Konsumsi makanan sumber kolesterol baik bisa meningkatkan kadar kolesterol HDL, salah satunya dengan serat larut.

Sumber serat larut ini bisa menghalangi penyerapan kolesterol LDL, sehingga menghasilkan rasio HDL dan kolesterol LDL yang lebih sehat.

Kacang-kacangan dan polong-polongan adalah sumber serat larut dan vitamin B yang sangat baik yang menjaga jantung kita berfungsi dengan baik.

Ada juga, kacang-kacangan memiliki bentuk, ukuran, dan rasa yang serbaguna serta harganya yang sangat terjangkau, sehingga cocok untuk segala anggaran atau acara.

4. Gandum Utuh

Makanan sumber kolesterol baik lainnya adalah biji-bijian disebut-sebut sebagai menu sehat untuk jantung.

Mirip dengan kacang-kacangan, biji-bijian mengandung serat larut dan vitamin yang membantu tubuh membersihkan kelebihan kolesterol LDL, sehingga meningkatkan rasio kolesterol HDL dan LDL.

Tingkatkan asupan Anda dengan mengganti roti gandum utuh atau pasta gandum utuh, bukan roti putih atau pasta gandum olahan.

5. Biji-bijian

Dalam hal kesehatan jantung, kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki manfaatnya. Kacang kaya akan lemak tak jenuh dan serat yang sehat untuk membantu menjaga kadar kolesterol baik tetap terkendali.

Biji seperti biji chia juga mengandung asam lemak omega-3 untuk lebih banyak manfaat meningkatkan HDL.  Anda bisa menambahkan salad Anda dengan biji labu, kenari di atas oat, atau almond.

6. Alpukat

Buah Alpukat punya sederet manfaat untuk kesehatan jantung. Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan serat yang menyehatkan.

Kombinasi nutrisi ini memungkinkan alpukat membantu membersihkan kolesterol LDL sekaligus meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Anda juga bisa menggunakan alpukat dalam makanan salad maupun dikonsumsi secara langsung.

7. Buah beri

Konsumsi asupan serat adalah cara terbaik bagus untuk meningkatkan kadar kolesterol baik. Selain Alpukat dengan asam lemak, ada buah beri adalah salah satu buah yang paling berserat tinggi.

Kombinasi antioksidan dan serat dalam buah beri seperti raspberry dan blueberry membantu menjaga kolesterol LDL sekaligus meningkatkan rasio kolesterol HDL.

Ditambah lagi, buah beri adalah cara yang enak untuk menambah asupan buah Anda. Aduk ke dalam yogurt parfait atau smoothie , atau tambahkan salad untuk menambah rasa manis.

8. Anggur

Terakhir, salah satu makanan dengan kolesterol baik adalah buah Anggur, khususnya anggur merah. Kandungan antioksidan kuat dari buah ini adalah resveratrol dan proanthocyanidins.

Penelitian ungkap senyawa ini terbukti meningkatkan kadar kolesterol HDL sekaligus menurunkan kadar kolesterol LDL, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa konsumsi anggur merah dalam jumlah sedang dapat memberikan perlindungan dari sakit jantung.

Itulah sederet rekomendasi makanan untuk meningkatkan kolesterol baik yang praktis untuk dilakukan.

Selanjutnya: Ini Alasan Trimegah Sekuritas Pangkas Target Harga Saham Semen Indonesia (SMGR)

Menarik Dibaca: 4 Cara Membuat Komposisi Parfum Lebih Tahan Lama, Cobain Ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×