kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 8 Makanan yang Baik dalam Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes


Minggu, 28 April 2024 / 11:25 WIB
Ini 8 Makanan yang Baik dalam Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes
ILUSTRASI. Ini 8 Makanan yang Baik dalam Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak makanan sehat untuk mengontrol gula darah untuk penderita diabetes. Anda perlu cermat memilih makanan yang menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal atau stabil, terutama bagi individu yang memiliki diabetes berisiko tinggi.

Tujuan dari makanan semacam itu adalah untuk menghindari lonjakan gula darah yang drastis setelah makan, serta untuk memberikan nutrisi yang seimbang.

Kontrol gula darah merujuk pada upaya untuk mengatur dan memantau kadar glukosa (gula) dalam darah seseorang dalam rentang yang sehat. Kontrol gula darah adalah hal penting, terutama bagi individu yang memiliki diabetes atau berisiko tinggi mengembangkan diabetes.

Tujuannya adalah untuk menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal sehingga mencegah komplikasi yang terkait dengan fluktuasi gula darah yang tidak terkendali.

Baca Juga: Luar Biasa! Ini 5 Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

Cara mengontrol gula darah lewat makanan sehat

Perbedaan Chia Seed vs Biji Selasih

Pola makan yang sehat, terutama menghindari makanan tinggi gula sederhana dan karbohidrat olahraga, serta mengontrol porsi makanan, dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil.

Anda bisa memilih makanan Indeks Glikemik Rendah cenderung tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang besar setelah dikonsumsi. Contoh makanan dengan indeks glikemik rendah termasuk sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, dan biji-bijian utuh.

Selain itu, makanan tinggi serat membantu mengendalikan gula darah dengan menjaga penyerapan gula dari makanan yang lebih lambat. 

Anda juga memilih makanan yang dikonsumsi sebaiknya rendah gula tambahan dan karbohidrat sederhana. Ini berarti menghindari makanan dan minuman manis, serta membatasi asupan tepung putih, roti putih, dan nasi putih.

Baca Juga: Cek 8 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Nah, ada beberapa jenis makanan sehat untuk mengontrol gula darah dilansir dari Byram Healthcare.

1. Kacang-kacangan dan Telur

Kacang-kacangan dan telur merupakan sumber protein dan lemak sehat yang dapat membantu mengendalikan gula darah. Namun, perlu diperhatikan jenis kacang-kacangan yang dikonsumsi, seperti almond dan kacang brazil, yang rendah karbohidrat dan tinggi serat.

Telur juga mengandung nutrisi penting dan dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

2. Biji-bijian

Biji-bijian tertentu, seperti biji chia dan biji rami, memiliki khasiat khusus dalam mengatur kadar gula darah. Kandungan serat yang tinggi dalam biji chia membantu menjaga stabilitas gula darah. Sementara itu, biji rami dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau dikenal sebagai sumber nutrisi penting dan rendah karbohidrat yang mudah dicerna. Memasukkan sayuran hijau ke dalam pola makan sehari-hari dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil.

Beberapa pilihan sayuran hijau yang sangat baik, seperti bayam dan kangkung, kaya akan vitamin C yang dapat mendukung manajemen diabetes dan melindungi mata dari komplikasi.

4. Konsumsi ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon dan teri adalah pilihan makanan sehat untuk semua orang, termasuk penderita diabetes. Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan ini dapat melindungi jantung dari risiko komplikasi diabetes, seperti penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, protein yang tinggi dalam ikan berlemak juga membantu menjaga kenyang dan mengatur berat badan.

5. Lemak nabati

Minyak zaitun extra-virgin dan jenis lemak alami lainnya, seperti minyak kelapa dan alpukat, memiliki manfaat besar dalam mengontrol diabetes.

Antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun dapat mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel tubuh. Selain itu, lemak alami juga membantu menjaga keseimbangan gula darah.

6. Cuka apel

Cuka apel telah dikenal memiliki efek positif dalam mengendalikan diabetes. Asam asetat yang terkandung dalam cuka apel dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi respons gula darah setelah makan. Penggunaan cuka apel dengan bijaksana dapat membantu menjaga kesehatan gula darah.

7. Buah-buahan

Stroberi dan berbagai jenis buah beri lainnya merupakan pilihan camilan yang sehat bagi penderita diabetes. Buah-buahan ini kaya akan antioksidan dan serat, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengendalikan gula darah. Pilihlah buah-buahan segar sebagai alternatif camilan yang sehat.

8. Rempah-rempah

Rempah-rempah seperti kayu manis dan kunyit memiliki manfaat yang luar biasa dalam mengatur kadar gula darah. Kayu manis dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar hemoglobin A1c.

Sementara itu, kunyit memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Kontrol porsi makanan adalah penting untuk menghindari konsumsi kalori berlebihan. Porsi makan yang terlalu besar dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

Dari penjelasan terkait makanan sehat di atas diklaim dapat mengontrol gula darah penderita diabetes.

Selanjutnya: Daftar Bahan Alami untuk Mengobati Batuk yang Mudah Didapatkan

Menarik Dibaca: Catat 6 Destinasi Wisata Wajib Saat Berlibur Ke Australia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×