kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini ​8 Manfaat Mangga untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui


Sabtu, 20 April 2024 / 10:15 WIB
Ini ​8 Manfaat Mangga untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat mangga untuk kesehatan antara lain adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan.

Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Mangga adalah buah musiman yang digemari banyak orang di Indonesia karena rasanya yang manis. Namun, ternyata ada sejumlah manfaat mangga untuk kesehatan yang perlu diketahui oleh masyarakat Indonesia. 

Manfaat mangga untuk kesehatan antara lain adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan. Bahkan beberapa polifenol yang ditemukan dalam buah mangga bahkan dapat menurunkan risiko kanker tertentu.

Mangga berasal dari India dan Asia Tenggara, dan telah dibudiyakan selama lebih dari 4.000 tahun. Mangga tidak hanya enak tetapi juga memiliki profil nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Lantas, apa saja manfaat mangga untuk kesehatan? 

manggBaca Juga: Simak 7 Daftar Buah yang Dihindari saat Diet Ketat Mengandung Kalori Tinggi

Manfaat mangga untuk kesehatan 

Manfaat mangga untuk kesehatan

Dirangkum dari buku "Strategi Budidaya Tanaman Mangga" (2021) dan laman Healthline, berikut beberapa manfaat buah mangga untuk kesehatan:

1. Membantu melancarkan pencernaan 

Manfaat buah mangga untuk kesehatan yang pertama adalah melancarkan pencernaan. Buah mangga mampu menjaga kesehatan metabolisme tubuh karena mengandung polifenol yang sangat baik untuk usus. 

Selain itu, mangga juga mengandung enzim pencernaan yang disebut amilase. Fungsi enzim pencernaan adalah memecah makanan sehingga memudahkan tubuh menyerapnya. 

Enzim amilase lebih aktif pada mangga matang, itulah sebabnya mangga lebih manis daripada mangga mentah. Selain itu, karena mangga mengandung banyak air dan serat makanan, mangga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan diare.

Satu studi selama 4 minggu pada orang dewasa dengan konstipasi kronis menemukan bahwa makan mangga setiap hari lebih efektif dalam meredakan gejala sembelit dibandingkan mengonsumsi suplemen yang mengandung serat larut dalam jumlah yang mirip dengan mangga.

Baca Juga: 7 Makanan Tinggi Kalori yang Bisa Menaikkan Berat Badan dengan Sehat

2. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Buah mangga juga mengandung vitamin C yang bisa membantu dalam memproduksi banyak sel darah putih. Sel darah putih diproduksi agar dapat melawan penyakit, membantu sel-sel bekerja lebih efektif. 

Hal itu dijelaskan dalam penelitian dari Journal of Leukocyte Biology. 

3. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah mangga juga bisa menjaga kesehatan jantung. Mangga mengandung magnesium dan potasium, yang membantu menjaga aliran darah yang sehat. 

Nutrisi ini dapat membantu memperlancar peredaran darah dan menurunkan tingkat tekanan darah. Kandungan mangiferin dalam mangga juga baik untuk kesehatan jantung. 

Penelitian pada hewan menemukan bahwa mangiferin dapat melindungi sel jantung dari peradangan, stres oksidatif, dan kematian sel. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat mangiferin pada manusia. 

Baca Juga: Jangan Jadi Korban, Berikut Nama-Nama Pinjol Ilegal Juli 2023

4. Menurunkan kadar kolesterol 

Selain baik untuk menjaga kesehatan jantung, manfaat mangga juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

5. Menjaga kesehatan mata 

Mangga penuh dengan nutrisi yang membantu mendukung kesehatan mata. Kandungan dua nutrisi utama yang baik untuk mata adalah antioksidan lutein dan zeaxanthin.

Di dalam retina, lutein dan zeaxanthin bertindak sebagai tabir surya alami, menyerap kelebihan cahaya. Selain itu, kedua nutrisi tersebut juga melindungi mata dari cahaya biru yang berbahaya.

Manfaat mangga juga merupakan sumber vitamin A yang baik, yang mendukung kesehatan mata. Kekurangan vitamin A telah dikaitkan dengan mata kering dan kebutaan di malam hari. 

Kekurangan yang parah dapat menyebabkan masalah yang lebih serius, seperti jaringan parut pada kornea.

Baca Juga: Makan Buah dan Sayur Berlebihan Bisa Memicu Sembelit?

6. Dapat membantu menurunkan risiko kanker tertentu

Mangga kaya akan polifenol, yang mungkin memiliki sifat antikanker. Polifenol dapat membantu melindungi sel dari proses stres oksidatif, yang terkait dengan berbagai jenis kanker. 

Penelitian tabung reaksi dan hewan telah mengamati bahwa polifenol dalam buah mangga mengurangi stres oksidatif. 

Studi juga menemukan bahwa manfaat polifenol dalam mangga menghentikan pertumbuhan berbagai sel kanker, termasuk leukemia dan kanker usus besar, paru-paru, prostat, dan payudara. 

Mangiferin, polifenol utama dalam mangga, baru-baru ini mendapat perhatian karena efek antikankernya yang menjanjikan. 

Dalam studi pada hewan, mangiferin mengurangi peradangan, melindungi sel dari stres oksidatif, dan menghentikan pertumbuhan sel kanker. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efek mangiferin sebagai antikanker pada manusia. 

Baca Juga: 8 Tanda-Tanda Penyakit Liver Tahap Awal Sampai Lanjut

7. Dapat membantu mencegah diabetes

Mangga segar mengandung gula alami yang relatif tinggi dibandingkan dengan buah segar lainnya. Buah mangga berukuran 165 gram mengandung gula sebanyak 22 gram. 

Meski demikian, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa mengonsumsi mangga segar dapat menyebabkan diabetes. Sebaliknya, studi mengaitkan bahwa asupan buah segar dapat menurunkan risiko terkena diabetes.

Studi lain menyimpulkan bahwa mengonsumsi buah dan sayuran yang tinggi vitamin C dan karotenoid dapat membantu mencegah timbulnya diabetes. Mangga kaya akan kedua nutrisi ini, sehingga dapat memberikan manfaat yang serupa. 

Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian mengenai hal tersebut. Namun, karena mangga mengandung gula alami yang tinggi, mangga berpotensi menyebabkan lonjakan kadar gula darah jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak.

Baca Juga: 7 Makanan Rendah Purin yang Layak Dikonsumsi Penderita Asam Urat  

8. Bisa untuk diet

Manfaat mangga juga bisa ditambahkan dalam menu diet harian Anda. Mangga segar seberat 165 gram mengandung kurang dari 100 kalori. 

Sehingga, mengonsumsi mangga bisa dijadikan sebagai menu diet. Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi buah segar seperti mangga sebelum makan dapat membantu Anda agar tidak makan berlebihan. 

Demikian sejumlah manfaat mangga untuk kesehatan yang perlu diketahui. 

Selanjutnya: Jadwal Salat di Gunungkidul Hari ini, Sabtu 20 April 2024 Resmi Kemenag

Menarik Dibaca: Bikin Ngeri! Ini 5 Saus Cabai Terpedas di Dunia yang Mencapai 16 Juta SHU

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×