kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 8 Minuman Pereda Sakit Kepala Tegang yang Diklaim Efektif


Jumat, 19 April 2024 / 16:20 WIB
Ini 8 Minuman Pereda Sakit Kepala Tegang yang Diklaim Efektif
ILUSTRASI. Minuman untuk Meredakan Sakit Kepala Tegang

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cek daftar minuman untuk meredakan sakit kepala tegang yang mengganggu. Segala aktivitas akan tidak nyaman dilakukan saat Anda merasakan gejala sakit kepala.

Kepala tegang" menjadi istilah informal yang digunakan untuk menggambarkan rasa pusing atau sakit kepala yang muncul setelah kelelahan, kurang tidur, atau stres.

Ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti tekanan darah rendah, dehidrasi, atau ketegangan otot di leher dan bahu.

Penanganan lewat minuman alami dapat menjadi pendekatan untuk mengatasi gejala atau kondisi tertentu dengan menggunakan minuman yang terbuat dari bahan alami.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Tanpa Obat Agar Tingkat Kolesterol Rendah

Wedang Jahe

Hal ini dapat mencakup minuman seperti herbal tea, infused water, jus buah segar, atau ramuan tradisional yang dipercaya memiliki sifat penyembuhan atau meredakan gejala tertentu.

Misalnya, untuk mengatasi kepala tegang, minuman alami seperti teh jahe yang dapat membantu mengurangi gejala dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Penting untuk diingat bahwa pengobatan alami ini dapat menjadi tambahan yang baik, namun saat gejala terus berlanjut atau memburuk.

Berikut ini beberapa rekomendasi minuman untuk meredakan sakit kepala tegang yang dilansir dari laman Migrain Again.

Baca Juga: Tak Ingin Kadar Gula Darah Tinggi? Ini Menu Terlarang untuk Penderita Diabetes Kronis

1. Susu Almond

Almond kaya akan magnesium, salah satu mineral paling penting bagi orang yang menderita migrain. Sebuah studi pada tahun 2011 menunjukkan bahwa magnesium dapat membantu mencegah serangan migrain dan bahkan membantu mengobatinya.

Konsumsi susu almond adalah cara yang lebih mudah untuk mendapatkan dosis magnesium untuk menghentikan serangan. Susu almond juga berfungsi sebagai penangkal dehidrasi, dan rasanya enak dalam smoothie buah dan sayuran segar.

2. Minyak Ikan Cair

Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3, anti-inflamasi yang kuat yang memberikan dukungan kuat bagi kesehatan jantung dan otak. Studi dalam

The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi minyak ikan lebih sedikit kemungkinan mengalami serangan jantung dan stroke.

Selain itu, minyak ikan membantu menjaga daya ingat dan mencegah penurunan fungsi otak. Omega-3 untuk nyeri migrain didukung oleh ilmu pengetahuan.

3. Air Lemon Hangat

Minum air lemon hangat setelah bangun adalah kebiasaan kesehatan kuno. Lemon kaya akan vitamin C dan membantu tubuh membersihkan diri dari dalam. Asam sitrat memulai sistem pencernaan, yang dapat melambat selama serangan migrain.

Anda dapat menambahkan sendok madu untuk minuman yang lebih lezat dan bergizi.

4. Teh Peppermint

Peppermint adalah obat kuno lainnya yang digunakan untuk meredakan perut yang kacau atau mual, karena dapat merilekskan saraf dan spasme otot di usus.

Karena usus dan otak saling terhubung, perut yang kacau umum selama serangan migrain. Menenangkan perut dengan teh peppermint, baik dingin maupun panas, dapat membantu meredakan sakit kepala, juga.

5. Teh Jahe

Jahe merupakan obat kuno lainnya untuk perut yang kacau dan merupakan salah satu minuman paling populer untuk sakit kepala dan serangan migrain. Ini dapat dengan mudah diseduh menjadi teh, enak jika diminum sendiri atau dengan madu.

Pada tahun 2014, Phytotherapy Research menerbitkan artikel yang mengeksplorasi jahe untuk pengobatan migrain. Mereka menemukan jahe sama efektifnya dengan sumatriptan, triptan yang umum diresepkan, dalam mengurangi nyeri migrain.

Jahe aman digunakan dalam jumlah yang wajar dan layak dicoba untuk pengobatan migrain yang murah dan sederhana. Jika Anda tidak ingin minuman panas, cobalah smoothie jahe pir ini untuk meredakan perut yang kacau.

6. Jus Sayuran

Sayuran hijau yang dikonsumsi dalam bentuk jus juga menjadi cara fantastis untuk memberikan tubuh Anda dosis besar semua vitamin dan mineral yang diperlukan untuk melawan migrain.

Mulai dari kalsium hingga magnesium hingga vitamin B, jus penuh dengan vitamin yang dikenal untuk menaklukkan sakit kepala. 

7. Air jahe

Anda dapat membuat versi air jahe yang lebih sehat di rumah untuk membantu Anda tetap terhidrasi dan menemukan penyembuhan migrain. Jahe berfungsi ganda untuk meredakan mual dan sakit kepala.

Minuman Ini tidak memiliki tambahan atau pemanis sehingga dapat melawan serangan migrain pada beberapa orang. Membuat soda di rumah memberi Anda kendali penuh atas bahan dan rasa.

8. Smoothie Semangka, Mentimun, dan Madu

Bahan-bahan dalam smoothie ini penuh dengan vitamin dan mineral. Semangka kaya akan air, magnesium, dan kalium, yang membantu mengurangi kebingungan mental dan meningkatkan fokus.

Madu mengandung banyak mineral yang membantu dalam relaksasi pembuluh darah, yang meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak.

Itulah panduan praktis untuk memilih minuman dalam meredakan sakit kepala tegang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×