kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 9 Aturan Mendapatkan Perut Rata dengan Benar


Rabu, 17 April 2024 / 18:05 WIB
Ini 9 Aturan Mendapatkan Perut Rata dengan Benar
ILUSTRASI. gerakan plank pada sit up untuk membentuk perut rata sixpack

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak aturan mendapatkan perut datar atau tidak bergelambir. Tingkat lemak tubuh yang rendah dan otot perut yang terlihat bisa menyebabkan kondisi tertentu.

Kondisi ini biasanya diinginkan oleh banyak orang karena dianggap sebagai tanda kebugaran dan kesehatan. Untuk mencapai perut rata, sejumlah faktor dapat berperan, termasuk diet sehat, olahraga teratur, dan genetika.

Diet sehat memainkan peran penting dalam mencapai perut rata dengan mengelola asupan kalori dan menjaga kadar lemak tubuh dalam kisaran yang sehat.

Makanan bergizi, seimbang, dan rendah lemak membantu mengontrol berat badan dan mengecilkan lapisan lemak di sekitar perut.

Baca Juga: Anda Sering Kembung dan Kentut? Ini 3 Tips Jitu Atas Perut Kembung dan Sering Kentut

Aturan mencapai perut rata

Perut rata atau sixpack

Pentingnya memilih olahraga, khususnya latihan yang melibatkan otot perut seperti sit-up, plank, atau crunches, dapat membentuk dan menguatkan otot-otot perut, memberikan tampilan perut yang lebih rata.

Latihan kardiovaskular juga membantu membakar kalori dan mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan. Genetika juga dapat memainkan peran dalam penampilan perut seseorang.

Beberapa orang mungkin memiliki kecenderungan genetika untuk menyimpan lemak di daerah perut, sementara yang lain mungkin cenderung memiliki distribusi lemak yang lebih merata di seluruh tubuh.

Untuk itu, Anda perlu mengikuti panduan di bawah ini untuk mendapatkan hasil perut rata yang bisa Anda dapatkan. Berikut ini tips dan cara mudah dan panduan dari Web MD.

Baca Juga: 7 Penyakit yang Menjadi Penyebab Rasa Sakit saat Kencing atau Disuria

1. Frekuensi Makan Kecil Lebih Sering

Untuk menjaga metabolisme tetap aktif sepanjang hari, menyusun makanan dengan memakan porsi lebih kecil dan frekuensi yang lebih sering bisa menjadi solusi terbaik.

Anda perlu mengurangi ukuran porsi dan memberi prioritas pada lima atau enam kali makan sehari tidak hanya membantu menghindari rasa lapar yang kuat, tetapi juga bahan-bahan makanan sehat dapat menjaga tubuh tercukupi energi dan mencegah masuk ke mode kelaparan, yang dapat mengurangi kecenderungan tubuh untuk menyimpan lemak.

2. Perhatikan Nutrisi Makro

Mulailah memantau makanan Anda untuk menilai keseimbangan karbohidrat, lemak, dan protein. Untuk hasil yang optimal, konsultasikan dengan ahli gizi yang dapat memberikan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan dan tipe tubuh Anda.

Satu saran umum yang efektif adalah mengurangi asupan karbohidrat. Konsumsi berlebihan karbohidrat dapat memengaruhi fluktuasi gula darah, yang berkontribusi pada penumpukan lemak.

Anda dapat mengurangi karbohidrat sambil meningkatkan protein dan asupan lemak sehat dapat membantu menjaga kenyang sepanjang hari.

3. Pilih Karbohidrat yang Tepat

Mengonsumsi karbohidrat sederhana seperti gula rafinasi, nasi putih, dan roti putih dapat meningkatkan gula darah dan akumulasi lemak.

Jika tujuannya adalah menurunkan lemak perut dan mengurangi kembung, pilih karbohidrat kompleks dalam bentuk alaminya, seperti nasi merah, kentang manis, dan roti gandum utuh.

4. Minum Air Putih Cukup

Seberapa banyak air yang Anda konsumsi sepanjang hari juga menjadi pertimbangan penting. Meskipun beberapa orang khawatir tentang "berat air," satu tips untuk menghindari retensi air adalah dengan minum air berkualitas sepanjang hari.

Orang sering menemukan bahwa penimbunan berat air lebih sering terjadi ketika mereka mengonsumsi terlalu banyak sodium dan kurang air.

Minum air mendukung pencernaan dan mengurangi kembung dengan mengatasi sembelit. Terhidrasi juga dapat meningkatkan metabolisme dan membantu lambung merasa kenyang, hingga mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi.

Apabila Anda merasa ingin camilan, coba minum segelas air dan menunggu 20 menit dapat meredakan sinyal lapar, memungkinkan Anda menunggu hingga waktu makan berikutnya.

5. Konsumsi Asupan Serat

Serat yang terkandung dalam buah, sayuran, dan biji-bijian utuh membantu menjaga kenyang sepanjang hari dan mendukung pencernaan yang sehat. Pastikan menyertakan serat larut dalam makanan, seperti kacang hitam, kentang manis, lentil, oat, dan buah segar, untuk mencegah rasa lapar di antara waktu makan.

6. Pilih Protein Rendah Lemak

Konsumsi protein rendah lemak memiliki peran penting dalam mengatasi rasa lapar dan memberikan kepuasan jangka panjang. Selain membantu merasa kenyang lebih lama, protein rendah lemak juga memberikan bahan dasar yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan otot.

Banyak orang melihat hubungan langsung antara konsumsi protein berkualitas tinggi dan penurunan lemak perut. Pilihan sumber protein yang beragam, seperti daging sapi, telur, ayam, dan susu, dapat dimasukkan dalam diet seimbang.

7. Konsumsi Lemak Berkualitas

Jangan salah kaprah dengan menghindari lemak dalam makanan ketika tujuannya adalah menurunkan lemak perut. Mengonsumsi lemak sehat merupakan bagian integral dari diet sehat dan seimbang.

Anda perlu menghindari lemak yang sangat diproses, seperti minyak nabati canola atau minyak bunga matahari, dan lebih baik memilih sedikit asam lemak tak jenuh tunggal dari sumber lemak sehat seperti kacang-kacangan, minyak zaitun, alpukat, mentega kacang alami, dan minyak wijen.

8. Batasi Minuman Tinggi Kalori

Meskipun meminum soda atau minuman tinggi kalori sepanjang hari terdengar menggoda, hal ini dapat menambahkan ratusan kalori ke dalam diet Anda. Mudah untuk kelebihan gula dan kalori saat minum kalori daripada memakannya.

Minuman tinggi kalori, seperti soda, kopi manis, dan minuman energi, serta jus dan susu, yang meskipun terlihat lebih sehat tetap tinggi kalori, dapat meningkatkan gula darah.

Sebaiknya menghindari minuman tinggi kalori dan memilih air sebagai alternatif utama. Untuk memberikan sedikit rasa, cobalah menambahkan potongan buah segar atau daun mint ke dalam botol air Anda. Lemon, stroberi, dan mint adalah kombinasi yang menyegarkan dan meningkatkan kenikmatan minuman!

9. Pantau Makanan dan Minuman

Pastikan Anda tahu berapa kalori yang Anda konsumsi setiap hari. Banyak orang mungkin mengonsumsi lebih banyak dari yang disadari. Anda bisa memakai aplikasi jurnal pelacakan makanan dapat meningkatkan kesadaran terhadap semua yang Anda makan dan minum.

Dengan demikian, Anda dapat lebih memperhatikan pilihan makanan dan minuman yang sehat. Selain memantau kalori, pelacakan makanan dapat membantu Anda memastikan asupan nutrisi yang optimal.

Anda bisa mengunduh aplikasi pelacakan makanan untuk memudahkan Anda melihat konsumsi kalori serta melacak makronutrien dengan mudah dan efisien.

Bahan-bahan umum yang bisa menjadi penyebab antara lain gluten, telur, dan produk susu. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk uji alergi atau penasihat gizi untuk mendapatkan rekomendasi menu sehat dan lezat.

Itulah informasi terkait bagaimana mendapatkan perut rata agar berhasil dengan panduan konsisten berikut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×