kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 9 Buah yang Baik untuk Kesehatan Ginjal, Kaya Antioksidan dan Antiinflamasi


Kamis, 23 November 2023 / 16:32 WIB
Ini 9 Buah yang Baik untuk Kesehatan Ginjal, Kaya Antioksidan dan Antiinflamasi
ILUSTRASI. Buah yang Baik untuk Kesehatan Ginjal, Kaya Antioksidan dan Antiinflamasi

Penulis: Bimo Kresnomurti

Buah untuk Kesehatan Ginjal - JAKARTA. Simak daftar buah yang baik untuk kesehatan ginjal. Konsumsi buah secara rutin tentu memiliki banyak keuntungan bagi tubuh.

Beberapa buah mengandung antioksidan yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan ginjal.

Buah-buahan dan sayur-sayuran yang segar, penuh warna, dan ramah ginjal. Bahkan, buah ini baik untuk penderita, Alzheimer, dan Parkinson's.

Senyawa kuat yang disebut antioksidan yang ditemukan dalam makanan tertentu dapat membantu melindungi Anda dari penyakit lain seperti kanker, penyakit ginjal kronis (CKD).

Baca Juga: 11 Tanaman Herbal untuk Menurunkan Darah Tinggi, Cek Daftarnya!

Buah berry

Meskipun banyak yang mengonsumsi vitamin, pastikan untuk konsumsi 60-100 mg vitamin C per hari. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan antioksidan adalah melalui makanan.

Mengapa antioksidan dan antiinflamasi penting untuk ginjal?

Antioksidan dan antiinflamasi dapat memberikan manfaat bagi kesehatan ginjal dengan cara-cara berikut:

  • Perlindungan Sel dari Kerusakan: Ginjal rentan terhadap kerusakan sel akibat radikal bebas, yang dapat merusak struktur sel dan menyebabkan stres oksidatif. Antioksidan membantu melawan radikal bebas, mengurangi risiko kerusakan sel dan meningkatkan keberlanjutan fungsi sel ginjal.
  • Reduksi Peradangan: Peradangan yang berlebihan dapat merusak jaringan ginjal dan menyebabkan penyakit ginjal progresif. Zat antiinflamasi membantu mengurangi peradangan, melindungi ginjal dari kerusakan, dan mencegah perkembangan masalah kesehatan yang terkait dengan peradangan.
  • Pencegahan Pembentukan Batu Ginjal: Beberapa jenis batu ginjal dapat terbentuk akibat kristalisasi mineral dalam urine. Antioksidan, seperti vitamin C, dapat membantu mengurangi risiko pembentukan batu ginjal dengan melawan oksidasi dan menghambat pembentukan kristal.
  • Pemeliharaan Tekanan Darah Normal:Peradangan dapat mempengaruhi pembuluh darah dan mengakibatkan peningkatan tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah ginjal dan menyebabkan kerusakan ginjal. Antiinflamasi membantu menjaga pembuluh darah tetap sehat dan mendukung tekanan darah normal.
  • Manajemen Diabetes: Bagi mereka yang memiliki diabetes, pengelolaan gula darah yang baik sangat penting untuk mencegah kerusakan ginjal. Antioksidan dan zat antiinflamasi dapat membantu mengelola stres oksidatif dan peradangan yang terkait dengan diabetes.
  • Pemeliharaan Fungsi Ginjal Melalui efek mereka yang bersifat melindungi dan mendukung, antioksidan dan antiinflamasi dapat membantu mempertahankan fungsi ginjal yang optimal dan mencegah kemungkinan kerusakan jangka panjang.

Daftar buah untuk kesehatan ginjal

Ahli diet menggunakan warna pada buah dan sayuran untuk mengidentifikasi antioksidan, yang meliputi:

  • Buah dengan warna merah/Ungu memiliki kandungan Antosianin, polifenol, resveratrol
  • Buah dengan warna Oranye/Kuning memiliki kandungan Cryptoxanthin, flavonoid
  • Buah dengan warna Kuning/Hijau memiliki kandungan Lutein, zeaxanthin
  • Buah dengan warna Hijau memiliki kandungan Indoles, sulforaphanes, lutein
  • Buah dengan warna Putih/Hijau memiliki kandungan Allyl sulfides, quercetin.

Antioksidan membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas dan dapat mendukung kesehatan ginjal.

Berikut adalah beberapa buah yang kaya akan antioksidan dan bermanfaat bagi kesehatan ginjal dilansir dari laman Davita Kidney Care.

1. Buah Berry

Anda bisa memilih Blueberry maupun Strawberry yang baik untuk kesehatan ginjal. Kandungan Blueberry terdapat flavonoid, antosianin, dan vitamin C yang dapat memberikan perlindungan antioksidan.

Selain itu, Strawberry juga memiliki banyak kandungan vitamin C dan memiliki sifat antiinflamasi.

2. Buah Apel

Mengandung antioksidan seperti quercetin, yang dapat memberikan manfaat antiinflamasi.

3. Buah Ceri

Terutama ceri hitam, kaya akan antosianin yang dapat membantu mengurangi peradangan dan memberikan perlindungan bagi ginjal.

4. Buah Nanas

Konsumsi buah Nanas ini mengandung bromelain, sebuah enzim dengan sifat antiinflamasi. Sama seperti buah lainnya, kandungan antiinflamasi baik untuk menjaga kesehatan ginjal.

5. Buah Delima

Salah satu buah yang tinggi antioksidan adalah Delima. Kandungan punicalagin merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel ginjal dari kerusakan.

6. Buah Kiwi

Konsumsi buah Kiwi dipercaya dapat menjaga fungsi dan kesehatan ginjal seara menyeluruh. Kaya akan vitamin C, serat, dan antioksidan yang mendukung fungsi ginjal yang sehat.

7. Buah Anggur Merah

Salah satu jenis Anggur, yakni Anggur Merah mengandung resveratrol. Ini merupakan sebuah senyawa yang dapat memiliki efek perlindungan pada ginjal.

8. Buah Melon

Buah Melon yang kaya akan air dan elektrolit, dapat membantu menjaga hidrasi dan mendukung fungsi ginjal.

9. Buah Plum

Terakhir ada buah Plum yang kaya akan antioksidan dan serat, baik untuk kesehatan pencernaan dan mencegah masalah ginjal.

Selain mengonsumsi buah-buahan tersebut, penting juga untuk menjaga pola makan seimbang, cukup minum air, dan mengurangi konsumsi garam yang berlebihan untuk mendukung kesehatan ginjal secara keseluruhan.

Apabila Anda memiliki masalah ginjal atau kondisi medis tertentu, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan atau gaya hidup Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×