kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,60   4,88   0.55%
  • EMAS1.365.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini Isi Surat Albert Einsten yang Menentang Berdirinya Negara Israel


Selasa, 21 November 2023 / 10:02 WIB
Ini Isi Surat Albert Einsten yang Menentang Berdirinya Negara Israel
ILUSTRASI. Albert Einstein, fisikawan ternama dunia, merupakan salah satu orang yang paling menentang berdirinya negara Israel. REUTERS/Toby Melville

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Albert Einstein, fisikawan ternama dunia, merupakan salah satu orang yang paling menentang berdirinya negara Israel. 

Hal tersebut diungkapkan oleh jurnalis Yvonne Ridley, yang meneliti surat-surat Einstein dan ditulis dalam kolom Middle East Monitor.

Dari surat-surat Einstein akhirnya diketahui, sepuluh tahun sebelum Israel mendeklarasikan kemerdekaannya pada tahun 1948 atas tanah yang dicuri dari rakyat Palestina, Einstein menggambarkan usulan pembentukan Israel sebagai sesuatu yang bertentangan dengan “sifat esensial Yudaisme”. 

Setelah melarikan diri dari Jerman pada masa pemerintahan Hitler, Einstein akhirnya menjadi warga negara AS.

Einsten yang didukung oleh beberapa intelektual Yahudi terkenal lainnya, menemukan kekurangan dan garis kesalahan pada tahun 1946 ketika ia berpidato di depan Komite Penyelidikan Anglo-Amerika mengenai isu Palestina. Dia tidak mengerti mengapa Israel dibutuhkan. 

“Saya yakin itu buruk,” katanya.

Dua tahun kemudian, pada tahun 1948, ia dan sejumlah akademisi Yahudi mengirimkan surat ke New York Times untuk memprotes kunjungan Perdana Menteri Israel pada waktu itu, Menachem Begin, ke Amerika. 

Baca Juga: Di Beijing, Para Menteri Arab & Negara Muslim Desak Agar Perang Gaza Diakhiri

Dalam surat yang terdokumentasi dengan baik, mereka mengecam partai Herut (Kebebasan) pimpinan Begin, dan menyamakannya dengan “partai politik yang organisasi, metode, filosofi politik, dan daya tarik sosialnya sangat mirip dengan partai Nazi dan Fasis”.

Herut adalah partai nasionalis sayap kanan yang kemudian menjadi Partai Likud yang dipimpin oleh Benjamin Netanyahu. Sebagai pemimpin kelompok teroris Zionis Irgun, yang memisahkan diri dari organisasi paramiliter Yahudi yang lebih besar, Haganah, Begin dicari karena melakukan aktivitas teroris terhadap otoritas Mandat Inggris. 

Bahkan ketika ia menjadi perdana menteri Israel (1997-1983) ia tidak pernah berani mengunjungi Inggris, dimana ia masih masuk dalam daftar orang paling dicari.

Kekerasan yang terjadi menjelang lahirnya Israel lah yang membuat Einstein muak. Dan tentu saja hal inilah yang paling terlintas dalam benaknya ketika ia menolak tawaran untuk menjadi Perdana Menteri Israel. 

Tawaran ini diberikan kepadanya pada tahun 1952 oleh Perdana Menteri pendiri negara bagian tersebut, David Ben-Gurion. 

Meskipun penolakannya sopan, Einstein yakin peran tersebut akan bertentangan dengan hati nuraninya sebagai seorang ilmuwan. Selain itu, ada pula fakta bahwa dia harus pindah ke Timur Tengah dari rumahnya di Princeton, New Jersey tempat dia menetap sebagai pengungsi Jerman.

Ada pula surat-suratnya yang lain, yang kurang dikenal namun mungkin jauh lebih terbuka dibandingkan surat-surat lain yang pernah ia tulis mengenai Palestina. 

Baca Juga: Israel Serang RS Indonesia di Gaza, Kemenlu Sebut Hilang Kontak dengan 3 WNI

Surat itu cukup singkat, yakni hanya 50 kata. Pesan tersebut mencakup peringatannya tentang “bencana terakhir” yang dihadapi Palestina di tangan kelompok teror Zionis.

Surat khusus ini ditulis kurang dari 24 jam setelah berita mengenai pembantaian Deir Yassin di Yerusalem Barat pada bulan April 1948. 

Surat yang diketik Einstein ditujukan kepada Shepard Rifkin, Direktur Eksekutif American Friends of the Fighters for the Freedom of Israel, yang berbasis di New York. 

Kelompok ini awalnya diluncurkan untuk mempromosikan ide-ide anti-Inggris dari Geng Stern, dan mengumpulkan uang di Amerika untuk membeli senjata guna mengusir Inggris keluar dari Palestina. 

Dia telah diberitahu oleh Benjamin Gepner, seorang komandan yang sedang mengunjungi AS, untuk meminta bantuan Einstein. Rifkin memang menurutinya, namun setelah terjadinya pembantaian di Deir Yassin, dia menerima tanggapan pedas dari fisikawan tersebut, yang ditulis hanya dalam 50 kata:

Yang terhormat,

Ketika bencana nyata dan terakhir menimpa Palestina, pihak pertama yang bertanggung jawab adalah Inggris, dan pihak kedua adalah organisasi Teroris yang dibangun dari pihak kita sendiri. Saya tidak ingin melihat siapa pun dikaitkan dengan orang-orang yang menyesatkan dan kriminal itu.

Hormat saya,

Albert Einstein.

Keberpihakan Einsten kepada Palestina juga dapat dilihat dari surat yang dikirimkan oleh F.I Shatara, Presiden Liga Nasional Arab pada 21 April 1938.

Baca Juga: Pesan Macron untuk Netanyahu: Terlalu Banyak Korban Sipil di Gaza

Mengutip Palestineremembered.com, bunyi suratnya adalah sebagai berikut:

21 April 1938

Surat dari F. I. Shatara, Presiden Liga Nasional Arab

Profesor Einstein yang saya sayangi,

Izinkan saya mengucapkan selamat kepada Anda atas pidato yang Anda sampaikan pada tanggal 17 April, di Seder Service, Hotel Astor, New York City. 

Peringatan yang Anda sampaikan terhadap bahaya yang melekat dalam Zionisme Politik mempunyai banyak bukti dalam peristiwa-peristiwa malang yang terjadi di Palestina saat ini. 

Pada saat sebagian besar pemimpin Yahudi tampaknya telah menyerah pada romantisme emosional, sungguh menyegarkan untuk mendengar dari seorang pemimpin yang berpikiran jernih dan pemikir yang memiliki keberanian untuk mengatakan kebenaran tidak peduli betapa tidak populernya kebenaran tersebut.

Menurut pendapat saya, jika Zionis mengikuti saran Anda, persahabatan bersejarah antara Yahudi dan Arab akan dipulihkan, perdamaian akan terwujud di Palestina, dan kedua ras yang bersepupu ini kemudian dapat bekerja sama untuk membangun peradaban Semit.

Ini adalah tugas besar yang membutuhkan pemimpin hebat seperti Anda. Jika Anda mau memberikan upaya dan gengsi Anda untuk menyelesaikan masalah Palestina, Anda telah memberikan pengabdian kepada kemanusiaan yang akan menyaingi pengabdian abadi Anda terhadap sains.

Hormat saya,
F.I.Shatara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×