kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Inilah 7 Penyakit yang Ditandai Mulut Berdarah yang Perlu Dikenali Sejak Dini


Selasa, 27 Februari 2024 / 16:20 WIB
Inilah 7 Penyakit yang Ditandai Mulut Berdarah yang Perlu Dikenali Sejak Dini
ILUSTRASI. Inilah 7 Penyakit yang Ditandai Mulut Berdarah yang Perlu Dikenali Sejak Dini

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pahami penyakit yang ditandai mulut berdarah. Munculnya sensasi pahit pada kerongkongan ini dapat terkait erat dengan kesehatan sistem pernafasan, mulut, dan pencernaan.

Kehadiran darah di mulut dan kerongkongan bukanlah hal yang sepele dan dapat dipicu oleh beragam faktor medis. Ini bisa menjadi indikasi gejala serius yang memerlukan perhatian medis segera.

Berbagai faktor dapat menjadi pemicu mulut berdarah, dan melihat darah saat Anda meludah bukanlah satu-satunya manifestasi atau dampak yang mungkin timbul.

Oleh karena itu, kondisi ini dapat bervariasi tergantung pada sumber infeksi yang mendasari, metode pengobatan yang dijalani, faktor kesehatan yang ada, atau tingkat keparahan trauma yang dialami.

Baca Juga: 6 Bahan Alami untuk Mengatasi Tenggorokan Gatal dan Serak

Penyakit yang ditandai mulut berdarah

Ilustrasi kesehatan

Penyebab dari perdarahan mulut dapat juga terkait dengan rasa pahit pada lidah. Gejala ini dapat dipengaruhi oleh sumber perdarahan, baik itu berasal dari saluran pencernaan, sistem pernapasan, atau bagian tubuh lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk menyelidiki lebih lanjut jika perdarahan tenggorokan disertai dengan gejala pendukung yang dapat mengindikasikan beberapa gangguan kesehatan tertentu.

Pahami beberapa kemungkinan penyebab perdarahan mulut dan munculnya sensasi pahit untuk langkah-langkah penanganan yang tepat.

Kenali beberapa penyakit yang ditandai mulut berdarah hingga rasa pahit, dilansir dari laman Village EC.

Baca Juga: Ini 3 Waktu yang Tepat untuk Minum Cuka Apel dan Manfaatnya

1. Gejala Penyakit Autoimun

Perdarahan di berbagai bagian tubuh, termasuk mulut, dapat menjadi tanda seseorang mengalami penyakit autoimun seperti lupus. Pemeriksaan darah di laboratorium diperlukan untuk informasi lebih lanjut.

2. Perdarahan Gusi

Salah satu penyebab umum dari perdarahan mulut adalah inflamasi atau pendarahan pada gusi, yang sering kali diakibatkan oleh masalah gusi seperti gingivitis atau periodontitis. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan, pembengkakan, dan keluarnya darah dari gusi.

3. Cedera atau Trauma

Cedera fisik pada mulut, seperti tergigit, terkena benda tajam, atau luka akibat jatuh, dapat menjadi pemicu perdarahan pada mulut. Tergigitnya mulut secara tidak sengaja saat beraktivitas seperti makan juga dapat menyebabkan trauma dan perdarahan tanpa disadari.

4. Pengaruh Bahan Obat-obatan

Penggunaan beberapa obat, terutama antikoagulan yang mencegah pembekuan darah, dapat meningkatkan kecenderungan gusi untuk berdarah. Selain itu, paparan bahan kimia keras atau toksin juga dapat merusak jaringan mulut dan menyebabkan pendarahan.

5. Kerusakan Gigi

Karies gigi yang dalam atau kerusakan pada gigi dapat menyebabkan perdarahan saat saraf atau pulpa gigi terbuka. Ini juga dapat terjadi akibat perubahan fisik pada gigi yang terkena karies, seperti kerusakan pada bagian akar.

6. Infeksi atau Peradangan

Keadaan peradangan dan infeksi dalam mulut, seperti abses gigi atau radang tenggorokan (faringitis), dapat menjadi penyebab perdarahan pada mulut. Jika gejala disertai ketidaknyamanan pada kerongkongan, konsultasikan dengan dokter spesialis THT.

7. Adanya Pembekuan Darah

Beberapa kondisi medis, seperti penyakit hemoragik yang memengaruhi kemampuan pembekuan darah, dapat mengakibatkan perdarahan yang sulit dihentikan.

Perhatikan perdarahan mulut yang tidak biasa, terutama jika disertai gejala lain seperti nyeri, bengkak, atau perubahan warna, dan segera konsultasikan dengan profesional medis.

Pastikan Anda tidak mengabaikan perdarahan mulut yang tidak biasa, terutama jika disertai gejala lain seperti nyeri, bengkak, atau perubahan warna.

Demikian beberapa penyakit ditandai mulut berdarah hingga munculnya rasa pahit pada kerongkongan yang perlu diwaspadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×