kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Inilah Daftar Buah & Sayur Pantangan Makan Asam Urat, Cek Juga Obat Herbal Gout


Rabu, 29 November 2023 / 12:29 WIB
Inilah Daftar Buah & Sayur Pantangan Makan Asam Urat, Cek Juga Obat Herbal Gout
ILUSTRASI. Inilah Daftar Buah & Sayur Pantangan Makan Asam Urat, Cek Juga Obat Herbal Gout

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Pantangan Makan Asam Urat - Jakarta. Simak daftar buah dan sayur menjadi pantangan makan penderita asam urat. Selain menjauhi buah dan sayur pantangan makan, penderita asam urat bisa manfaatkan obat herbal untuk mengatasi penyakit gout ini.

Asam urat dalam dunia medis disebut sebagai penyakit gout. Asam urat adalah salah satu radang sendi akibat penumpukan kristal asam urat. Penyakit asam urat biasanya terjadi pada orang dewasa usia 30 tahun ke atas.

Penyakit asam urat terjadi karena pola makan yang salah. Konsumsi makanan yang tinggi purin adalah penyebab utama asam urat.

Oleh karena itu, jika menderita gout penderita asam urat juga perlu menjauhi pantangan makanan tertentu.

Lalu, apa saja pantangan makan asam urat?

Ada banyak pantangan makan asam urat. Bahkan, kelompok buah-buahan dan sayur-sayuran pun ada yang menjadi pantangan makan asam urat.

Buah-buahan dan sayur-sayuran pantangan makan asam urat harus dijauhi pada penderitanya. Menjauhi makanan pantangan asam urat bisa mencegah kadar asam urat semakin parah.

Dilansir dari Kompas.com, laman Livestrong menyebutkan sebagian besar sayuran tergolong dalam makanan rendah purin. Namun, beberapa sayuran lain masuk dalam daftar berpurin sedang dan tinggi sehingga termasuk pantangan makan penderita asam urat.

Sayuran pantangan makanan penderita asam urat

Berikut beberapa jenis sayur-sayuran pantangan makan penderita asam urat:

1. Sayuran mengandung purin

Sayur-sayuran pantangan makan penderita asam urat yang pertama adalah sayuran mengandung purin. Menurut American Academy of Family Physicians, sejumlah sayuran masuk dalam kategori makanan berpurin sedang, seperti asparagus, bayam, bunga kol, dan jamur.

Kendati demikian, penelitian dalam Nutrients pada Desember 2020 menemukan bahwa sayuran berpurin tinggi tidak memperburuk asam urat.

Kondisi ini berbeda saat mengonsumsi makanan hewani dengan kandungan purin tinggi yang akan menyebabkan serangan asam urat.

Meski cenderung tidak memperburuk kondisi, penderita asam urat perlu membatasi jumlah asupan sayuran tersebut untuk meminimalisasi terjadinya kekambuhan.

2. Sayuran mengandung oksalat

Sayur-sayuran pantangan makan penderita asam urat yang kedua adalah sayuran mengandung oksalat. Oksalat adalah zat alami dalam tubuh yang dapat meningkatkan kandungan asam urat.

Oleh karena itu, untuk mencegah serangan, penderita sebaiknya menghindari mengonsumsi makanan dengan kandungan oksalat tinggi, termasuk sayuran.

Adapun sumber nabati dengan kandungan oksalat, antara lain rhubarb, lobak, bit, dan okra.

3. Sayuran yang diolah dengan produk hewani

Sayur-sayuran pantangan makan penderita asam urat yang ketiga adalah sayuran yang diolah dengan produk hewani. Produk hewani mengandung protein yang baik bagi kesehatan. Kandungan protein juga merupakan sumber energi selain lemak dan karbohidrat.

Sayuran yang diolah atau dimasak dengan produk hewani berpotensi mengandung purin jauh lebih tinggi, dan meningkatkan risiko serangan asam urat pada penderita.

Untuk itu, bagi penderita asam urat tinggi, sebaiknya hindari memasak sayuran dengan menggunakan produk hewani.

Sementara itu, beberapa produk hewani yang sebaiknya tidak terlalu sering digunakan, yakni:

  •     Mentega tinggi lemak
  •     Krim
  •     Lemak babi
  •     Grease atau gemuk (pelumas padat)
  •     Gravy atau jenis saus dari lemak dan sari daging
  •     Kecap ikan.

Buah-buahan pantangan makanan penderita asam urat

Diberitakan Momsmoney.id, Health Focus menyatakan cara mencegah penyakit asam urat tidak kambuh lagi dengan melakukan beberapa cara berikut:  

1. Batasi makanan tinggi purin

Asupan tinggi purin merupakan salah satu penyebab asam urat. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga pola makan dan membatasi makanan tinggi purin untuk mencegah asam urat terjadi.  

Beberapa makanan tinggi purin di antaranya jeroan, makanan laut (seafood), daging merah, minuman beralkohol, makanan atau minuman mengandung pemanis, dan jenis makanan lainnya.   

2. Banyak minum air putih 

Selain air putih, minuman yang disarankan adalah minuman yang diionisasi atau yang mengandung mineral. Anda dapat minum delapan hingga 12 gelas sehari.  

Kemudian, wajib mengurangi konsumsi air alkali dan jangan minum air berbaking soda, karena dua jenis minuman ini mengandung banyak garam yang berbahaya bagi pengidap asam urat.  

3. Rajin mengonsumsi ceri, seledri, dan stroberi

Tiga jenis makanan ini mengandung komponen yang efektif memerangi asam urat. Ketiganya mengandung antioksidan lengkap yang bisa melindungi persendian dari peradangan.  

Selain itu, biji seledri juga memiliki potensi untuk mengurangi penumpukan asam urat.  

4. Hindari cedera untuk pencegahan asam urat

Trauma atau cedera pada sendi dapat meningkatkan risiko terjadinya serangan asam urat, terutama bagi yang sudah memiliki asam urat tinggi.  

Sebaiknya, menghindari cedera atau trauma sebagai bentuk pencegahan. Untuk menghindarinya, Anda bisa mengenakan sepatu yang pas dan tepat sesuai ukuran kaki Anda.  

5. Minum susu dan jus jeruk

Susu terbukti mampu menurunkan kadar asam urat. Jika Anda potensial mengidap asam urat, risikonya dapat diturunkan bila minum segelas susu setiap hari.  

Satu gelas susu menurunkan asam urat hingga 0,25 mg/dL, demikian pula dengan jus jeruk, walau susu lebih ampuh mencegah asam urat.  

Jangan lupa untuk selalu rutin melakukan cek asam urat guna membantu mengontrol kadar uric acid Anda dan terhindar dari penyakit tersebut.  

Itulah beberapa cara mencegah penyakit asam urat kambuh yang bisa Anda lakukan. Selain itu, Asam urat kambuh disebabkan karena banyak faktor, salah satunya adalah asupan makanan. 

Baca Juga: Daftar 12 Makanan yang Banyak Mengandung Kolesterol

Makanya, cara mencegah asam urat kambuh, salah satunya dengan tidak mengonsumsi 5 buah pantangan asam urat ini. 

Ada buah dan sayur yang bisa membuat asam urat naik, hingga jadi pantangan penderita asam urat.  

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang umum diderita oleh masyarakat tanah air. Penyakit ini tidak bersifat menular tapi asam urat bisa menyerang siapa saja, laki-laki atau perempuan.   

Selain itu, ternyata ada beberapa jenis Buah-buahan pantangan makan penderita asam urat yang harus dipatuhi. Berikut ini daftar buah-buahan pantangan makan penderita asam urat:

1. Nangka

Buah-buahan pantangan makan penderita asam urat yang pertama adalah nangka. Selain tinggi kalori, nangka mengandung purin tinggi yang bisa memicu naiknya kadar asam urat. 

2. Rambutan 

Buah-buahan pantangan makan penderita asam urat yang kedua adalah rambutan. Rambutan memiliki rasa yang manis bila matang sempurna. Asal tahu saja, gula dalam rambutan ini bisa berubah menjadi alkohol bila tingkat kematangan rambutan terlalu tinggi.  Konsumsi buah rambutan secara berlebihan bisa memicu asam urat tinggi.   

3. Nanas

Buah-buahan pantangan makan penderita asam urat yang ketiga adalah nanas. Buah nanas mengandung serat dan vitamin yang baik untuk tubuh. Sayangnya, nanas bisa merubah menjadi alkohol saat masuk dalam sistem pencernaan. Alkohol tersebut bisa memicu naiknya kadar asam urat.   

4. Durian 

Buah-buahan pantangan makan penderita asam urat yang keempat adalah durian. Durian memiliki aroma dan rasa yang khas. Sudah bukan rahasia bila durian mengandung kolesterol tinggi.  

Selain bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, buah durian juga bisa memicu asam urat tinggi bila dikonsumsi secara berlebihan.   

Obat herbal asam urat

Tak hanya menjauhi makanan pantangan, penderita asam urat juga perlu konsumsi obat untuk mengatasi penyakit gout ini. Selain obat apotek, sejumlah bahan herbal bisa menjadi obat asam urat.

Dilansir dari Gramedia.com, berikut sejumlah bahan herbal untuk obat asam urat:

1. Daun Sirsak

Daun sirsak yang terkenal sebagai daun dengan sejuta manfaat, salah satunya adalah sebagai obat herbal untuk asam urat. Langkah membuat obat herbal dari daun sirsak, yaitu:

  •     Bersihkan daun sirsak dengan menggunakan air yang mengalir sebanyak 5-10 lembar.
  •     Potong serta remas daun sirsak untuk mempermudah keluarnya sari-sari dari daun sirsak.
  •     Rebus daun sirsak dengan menggunakan dua gelas air putih.
  •     Rebus air daun sirsak ini hingga jumlahnya berkurang menjadi setengahnya saja.
  •     Minumlah air rebusan daun sirsak sebagai obat asam urat sebanyak dua kali sehari dan lakukan secara rutin.

2. Daun Salam

Meski terkenal sebagai bumbu dapur, daun salam memiliki manfaat sebagai obat herbal asam urat. Daun salam ini juga mengandung senyawa flavonoid, tanin, atsiri alkaloid yang memiliki fungsi meningkatkan fungsi ginjal, serta memperlancar dan menambah volume urin. Maka dari itu, daun salam memiliki banyak manfaat yang salah satunya ialah meredakan nyeri yang diakibatkan oleh peradangan. Langkah membuat obat asam urat alami dengan menggunakan daun sirsak, diantaranya:

  • Bersihkan 5-10 lembar daun salam yang telah berwarna hijau tua.
  • Potong serta remas daun salam dan rebuslah dengan menggunakan 3 gelas air putih.
  • Rebus hingga air berkurang hingga sepertiganya.
  • Minumlah air rebusan daun salam sebagai obat asam urat sebanyak dua sampai tiga kali seminggu.

3. Seledri

Seledri yang kaya akan kalsium, fosfor, vitamin B1, vitamin C, glikosida, apiin, zat besi, vitamin A, apiol, dan flavonoid. Diantara zat-zat bermanfaat tersebut, Glikosida bermanfaat sebagai obat asam urat alami yang akan menangani berbagai permasalahan sendi lainnya. Selain mengkonsumsinya sebagai lalapan, Anda juga dapat memanfaatkan seledri sebagai obat asam urat alami dengan cara sebagai berikut:

  •     Rebuslah tiga gelas biji seledri dengan tiga gelas air.
  •     Rebus hingga air berkurang menjadi setengahnya.
  •     Saring air dan dinginkan.
  •     Minum air rebusan biji seledri sebagai obat asam urat sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

4. Nanas dan Madu

Obat herbal asam urat lain yang dapat Anda gunakan selanjutnya adalah campuran dari nanas dan madu. Langkah membuat obat asam urat alami dari nanas serta madu sendiri cukup mudah hanya dengan memblender daging buah nanas hingga halus kemudian campur nanas yang sudah di blender dengan jus cherry, jahe serta kunyit yang telah dihaluskan sebanyak satu sendok makan. Tambahkan juga madu secukupnya. Minum jus nanas ini sebagai obat asam urat dalam waktu satu- tiga kali dalam seminggu.

5. Sambiloto

Tanaman sambiloto kian populer sebagai salah satu tanaman yang dapat dijadikan obat herbal tradisional. Sambiloto memiliki zat aldehid, keton, alkane, flavonoid dan mineral penting lainnya yang sangat baik untuk tubuh serta berguna sebagai obat herbal asam urat. Langkah membuat obat asam urat alami dari sambiloto, yaitu:

  • Rebus segenggam kecil daun sambiloto dengan menggunakan dua gelas air.
  • Saat air rebusan sudah berkurang hingga sepertiganya, saring air dan tiriskan.
  • Minum air rebusan ini sekali dalam sehari sebagai, dan konsumsi rutin

6. Teh Hijau

Minuman yang tengah menjadi tren ini terkenal sangat bermanfaat untuk dapat menurunkan lemak serta kolesterol. Namun, siapa yang menyangka bahwa teh ini juga mengandung epigallocatechin-3-gallate, polifenol, vitamin E, serta vitamin C. Kandungan ini sangat berkhasiat dalam mencegah terjadinya penumpukan asam urat serta bertindak sebagai antiinflamasi dalam mencegah peradangan sendi. Cara menjadikan teh hijau sebagai obat asam urat sendiri sederhana. Cukup seduh teh hijau kemudian konsumsi satu hingga dua gelas setiap harinya.

7. Brotowali

Tanaman yang terkenal sebagai obat herbal asam urat selanjutnya adalah brotowali. Selain berfungsi mengobati berbagai penyakit, brotowali juga bermanfaat sebagai obat asam urat alami. Selain itu, Brotowali juga dapat mengobati darah tinggi, menurunkan kolesterol, mengendalikan gula darah, meningkatkan imunitas, bahkan akan membuat kulit kencang dan lebih awet muda, lho!

Cara membuat obat asam urat alami dari brotowali adalah dengan merebus beberapa lembar daun Brotowali yang sudah dibersihkan, kemudian saring air dan tiriskan hingga dingin, minum air rebusan Brotowali sebagai obat asam urat sebanyak satu-tiga kali dalam seminggu.

8. Sidaguri

Meski masih terdengar asing, tetapi tanaman ini biasa digunakan sebagai bahan pembuatan ramuan herbal asam urat. Sidaguri sendiri umumnya digunakan untuk mengatasi infeksi pada kulit. Tak hanya itu, sidaguri juga dapat meredakan nyeri akibat rematik serta asam urat.

Cara membuat obat asam urat alami dari sidaguri adalah dengan merebus beberapa lembar daun sidaguri yang sudah dibersihkan, kemudian saring air dan tiriskan hingga dingin, minum air rebusan sidaguri sebagai obat asam urat dalam waktu satu–tiga kali dalam seminggu.

9. Kumis Kucing

Tanaman ini terkenal sebagai obat herbal untuk batu ginjal. Tak hanya itu, kumis kucing juga berkhasiat sebagai obat herbal asam urat. Bahkan, tanaman kumis kucing juga mengandung zat orthosiphonin glikosida serta diuretik, sehingga akan membantu merangsang pengeluaran asam urat melalui urin. Langkah membuat obat asam urat alami dari daun kumis kucing sangat mudah, di antaranya:

  • Rebus satu genggam daun kumis kucing yang sebelumnya telah dibersihkan.
  • Tambahkan satu ruas jahe merah yang telah diiris tipis, kemudian tambahkan juga sedikit bunga kumis kucing untuk kemudian memberikan sedikit rasa manis.
  • Saring air dan tiriskan hingga dingin dan minum air rebusan daun kumis kucing sebagai obat asam urat sebanyak satu-tiga kali dalam seminggu.

10. Madu Hitam

Sama dengan dandelion, madu hitam juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan ginjal serta berbagai organ tubuh penting yang lainnya. Dengan mengkonsumsi madu hitam secara rutin, maka asam urat tinggi akan terobati serta kesehatan organ tubuh lainnya tetap terjaga.

11. Kunyit
Jika suka minum jamu atau gemar mengulik bumbu dapur Anda pasti mengetahui bahwa kunyit merupakan bumbu dengan banyak manfaat dan kaya akan nutrisi. Kandungan curcumin di dalam kunyit dapat membantu mengatasi nyeri yang dirasakan ketika terkena asam urat. Hal ini dikarenakan kandungan ini merupakan anti-inflamasi yang sangat baik.

Selain itu, karena warnanya yang cukup pekat jika diaplikasikan ataupun dikompres ke kulit, maka Anda dapat mengkonsumsi kunyit hangat (air rebusan) secara langsung untuk meredakan inflamasi dan mengurangi rasa sakit akibat asam urat yang tidak tertahankan.

12. Cuka Apel

Cuka sari apel atau yang dikenal juga dengan nama apple cider vinegar ini dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk asam urat serta rematik. Hal ini sendiri dikarenakan tingkat keasaman dari bahan herbal ini dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dari inflamasi dan pembengkakan yang diakibatkan oleh asam urat.

Untuk dosis konsumsi, Anda dapat mencampurkan satu sendok teh cuka sari apel serta segelas air hangat, lalu konsumsi setiap hari. Anda juga dapat menambahkan madu sebagai penambah rasa dan fungsi anti inflamasi yang baik

Itulah daftar buah-buahan dan sayur-sayuran pantangan asam urat. Penderita asam urat tidak boleh konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran pantangan asam urat agar penyakit ini tidak semakin parah.

Selanjutnya: Jelang Akhir Tahun 2023, Penumpang Bandara I Gusti Ngurah Rai Tumbuh 86%

Menarik Dibaca: Cuaca Besok (30/11) di Jakarta Akan Mendung Seharian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

×