kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Jangan Dibuang, Ini 6 Olahan Kulit Wortel Agar Tidak Menjadi Limbah


Selasa, 16 April 2024 / 17:15 WIB
Jangan Dibuang, Ini 6 Olahan Kulit Wortel Agar Tidak Menjadi Limbah
ILUSTRASI. Kulit Wortel

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak cara mengolah kulit wortel yang bermanfaat. Anda tentu mendapati limbah saat mengupas wortel dari kulitnya, lalu kulit wortel dapat diolah menjadi apa saja?

Kulit wortel tidak berbahaya untuk dikonsumsi, dan sebenarnya mengandung sejumlah nutrisi yang baik. Namun, ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan.

Sebelum mengonsumsi wortel, penting untuk mencucinya dengan baik untuk menghilangkan kotoran dan residu pestisida yang mungkin ada pada kulitnya.

Kulit wortel mengandung serat yang penting untuk pencernaan dan kesehatan usus. Namun, bagi beberapa orang, serat kasar dalam kulit wortel dapat sulit dicerna dan menyebabkan masalah pencernaan seperti gas atau kembung.

Baca Juga: 6 Jenis Sayuran untuk Menurunkan Berat Badan Berdasarkan Pilihan Para Ahli Diet

Mengolah kulit Wortel

Wortel

Bahkan, Wortel adalah salah satu dari "12 Buah dan Sayuran Kotor" menurut Environmental Working Group, yang berarti mereka dapat mengandung jumlah residu pestisida yang lebih tinggi.

Meskipun risiko ini lebih kecil jika Anda memilih varietas organik atau mencucinya dengan baik, beberapa orang lebih memilih untuk mengupas kulitnya untuk mengurangi paparan potensial terhadap pestisida.

Sehingga, dala mengolah kulit wortel dapat menjadi cara yang kreatif untuk meminimalkan pemborosan dan mendapatkan manfaat tambahan dari nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Berikut adalah beberapa cara mengolah kulit wortel yang dirangkum dari laman Mashed.

Baca Juga: Cukup Diseduh, Ini 2 Cara Minum Air Daun Sirsak yang Aman dan Efektif

1. Tambahkan ke Smoothie

Cuci bersih kulit wortel dan tambahkan ke dalam blender saat Anda membuat smoothie buah atau sayur. Kulit wortel akan menambahkan serat dan nutrisi tambahan ke dalam minuman Anda.

2. Buat Keripik

Iris tipis kulit wortel dan panggang di oven hingga kering untuk membuat keripik wortel. Anda juga bisa menambahkan sedikit minyak zaitun dan rempah-rempah untuk memberikan rasa yang lebih menarik.

3. Tambahkan ke Sup atau Kaldu

Potong kulit wortel menjadi potongan kecil dan tambahkan ke dalam sup atau kaldu saat memasak. Ini akan menambahkan rasa dan tekstur ke dalam hidangan Anda, serta meningkatkan kandungan serat dan nutrisinya.

4. Fermentasi

Anda juga bisa mencoba mengolah kulit wortel dengan cara difermentasi untuk membuat kimchi atau acar wortel. Proses fermentasi akan menambahkan probiotik dan meningkatkan kandungan nutrisi dalam kulit wortel.

5. Tambahkan ke Salad

Cuci bersih kulit wortel dan iris tipis untuk ditambahkan ke dalam salad. Kulit wortel akan memberikan tambahan warna, tekstur, dan nutrisi ke dalam hidangan Anda.

6. Bahan Pesto

Pesto adalah saus Italia yang terbuat dari basil, kacang pinus, minyak zaitun, dan parmesan. Anda dapat menambahkan kulit wortel bersama dengan kenari dan pistachio untuk membuat pesto Anda lebih sehat.

Demikian informasi terkait mengolah kulit wortel yang bermanfaat untuk berbagai keperluan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×