kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Jangan Lewatkan, Ini 10 Manfaat Makan Ikan untuk Kesehatan yang Sudah Dibuktikan


Kamis, 23 November 2023 / 12:04 WIB
Jangan Lewatkan, Ini 10 Manfaat Makan Ikan untuk Kesehatan yang Sudah Dibuktikan
ILUSTRASI. Manfaat makan ikan secara teratur dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung, stroke. ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/foc.

Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Pada 21 November lalu ditetapkan pemerintah sebagai Hari Ikan Nasional. Salah satu tujuannya adalah untuk mengingatkan manfaat makan ikan bagi kesehatan masyarakat Indonesia. 

Ikan dapat menjadi salah satu solusi utama bagi permasalahan gizi di Indonesia. Ikan kaya akan gizi esensial yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecerdasan. 

Selain itu, ikan mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, asam lemak omega 3, 6, 9 yang baik untuk tubuh manusia. Kandungan asam amino dan omega-3 ikan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan bahan pangan sumber protein yang lainnya. 

Hal ini membuat manfaat makan ikan sangat baik bagi pertumbuhan anak dan di masa dewasanya kelak. 

Lalu, apa saja manfaat makan ikan? 

Baca Juga: 6 Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan dan Ibu Hamil yang Murah dan Mudah Didapat

Manfaat makan ikan 

Manfaat makan ikan

Dirangkum dari laman Healthline, berikut sejumlah manfaat makan ikan: 

1. Memiliki banyak nutrisi penting yang baik untuk tubuh 

Manfaat makan ikan yakni mengandung sejumlah nutrisi penting yang baik untuk tubuh. Diantaranya protein berkualitas tinggi, yodium, dan berbagai vitamin dan mineral.

Spesies ikan berlemak termasuk salmon, trout, sarden, tuna, dan mackerel, memiliki nutrisi berbasis lemak yang lebih tinggi. Termasuk mengandung vitamin D yang larut dalam lemak. 

Ikan berlemak juga mengandung asam lemak omega-3, yang penting untuk fungsi tubuh dan otak yang optimal dan sangat terkait dengan penurunan risiko banyak penyakit.

Untuk memenuhi kebutuhan omega-3, dianjurkan makan ikan berlemak setidaknya sekali atau dua kali seminggu. 

Baca Juga: Cek, 6 Manfaat Ikan Kembung untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya

2. Dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke

Serangan jantung dan stroke adalah dua penyebab kematian dini paling umum di dunia. Manfaat makan ikan secara teratur dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung, stroke, dan kematian akibat penyakit jantung.

Selain itu, ikan berlemak lebih bermanfaat bagi kesehatan jantung karena kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi.

3. Menunjang perkembangan otak anak dan janin 

Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak dan menjaga kesehatan mata. 

Oleh karena itu, wanita hamil dan menyusui sering kali disarankan untuk mengonsumsi cukup asam lemak omega-3. Namun, beberapa ikan mengandung merkuri tinggi, yang dikaitkan dengan masalah perkembangan otak.

Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya hanya mengonsumsi ikan rendah merkuri, seperti salmon, sarden, dan trout, dan tidak lebih dari 340 gram per minggu.

Ibu hamil juga perlu menghindari mengonsumsi ikan mentah karena kemungkinan mengandung mikroorganisme yang dapat membahayakan janin.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Ikan Nila untuk Kesehatan dan Kandungan Gizinya

4. Dapat meningkatkan kesehatan otak

Fungsi otak seseorang sering kali menurun seiring bertambahnya usia.

Meskipun penurunan mental ringan adalah hal yang normal, namun tidak menutup kemungkinan seseorang dapat terkena penyakit neurodegeneratif yang serius seperti penyakit Alzheimer.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa manfaat makan ikan dapat memperlambat penurunan fungsi otak di usia lanjut usia. 

5. Dapat membantu mencegah dan mengobati depresi

Depresi adalah kondisi mental yang umum. Gejala depresi dapat berupa suasana hati yang buruk, rasa sedih berkepanjangan, kehilangan energi, dan hilangnya minat untuk hidup dan beraktivitas.

Studi menemukan bahwa manfaat makan ikan secara teratur dapat memperkecil kemungkinan untuk mengalami depresi. Selain itu, asam lemak omega-3 juga dapat membantu kondisi mental lainnya, seperti gangguan bipolar. 

Baca Juga: ​7 Manfaat Ikan Belanak untuk Kesehatan dan Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

6. Sumber vitamin D yang baik

Ikan juga merupakan sumber vitamin D yang baik bagi tubuh. Vitamin D berfungsi seperti hormon steroid dalam tubuh.

Ikan dan produk ikan adalah salah satu sumber makanan terbaik vitamin D. Ikan berlemak seperti salmon dan herring mengandung jumlah vitamin D tertinggi. 

Satu porsi salmon matang seberat 113 gram mengandung sekitar 100% asupan vitamin D yang direkomendasikan.

Beberapa minyak ikan, seperti minyak hati ikan kod, juga mengandung vitamin D yang sangat tinggi, menyediakan lebih dari 200% Nilai Harian (DV) dalam satu sendok makan 15 ml.

7. Dapat mengurangi risiko penyakit autoimun

Manfaat makan ikan juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit autoimun. Penyakit autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang dan menghancurkan jaringan tubuh yang sehat.

Beberapa penelitian mengaitkan asupan omega-3 atau minyak ikan dengan penurunan risiko diabetes tipe 1 pada anak-anak, serta bentuk diabetes autoimun pada orang dewasa. 

Beberapa ahli percaya bahwa asupan ikan juga dapat menurunkan risiko rheumatoid arthritis dan multiple sclerosis, namun bukti saat ini masih lemah. 

Baca Juga: 5 Makanan Sehat dan Murah untuk Ibu Menyusui yang Kaya Nutrisi dan Mengenyangkan

8. Dapat membantu mencegah asma pada anak-anak

Manfaat makan ikan juga bisa membantu mencegah asma pada anak-anak. Asma adalah penyakit umum yang ditandai dengan peradangan kronis pada saluran pernapasan.

Studi menunjukkan bahwa manfaat makan ikan secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko asma sebesar 24% pada anak-anak. 

9. Mencegah penyakit degenerasi makula terkait usia 

Penyakit degenerasi makula terkait usia (AMD) adalah penyebab utama gangguan penglihatan dan kebutaan yang sebagian besar menyerang orang dewasa lanjut usia. 

Beberapa bukti menunjukkan bahwa manfaat makan ikan dengan asam lemak omega-3 dapat melindungi tubuh terhadap penyakit ini.

Sebuah studi menyebutkan, asupan ikan secara teratur dikaitkan dengan risiko terkena AMD 42% lebih rendah pada wanita. 

Baca Juga: eFishery Berencana Ekspansi Pasar ke Amerika Serikat dan China

10. Manfaat makan ikan dapat meningkatkan kualitas tidur

Gangguan tidur telah menjadi hal yang sangat umum di seluruh dunia. Peningkatan paparan cahaya biru pada gadget kemungkinan berperan menurunkan kualitas tidur. 

Namun, beberapa peneliti percaya bahwa kekurangan vitamin D juga bisa menurunkan kualitas tidur. Manfaat makan ikan yang kaya vitamin D dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. 

Demikian sejumlah manfaat makan ikan untuk kesehatan yang sudah terbukti. 

Selanjutnya: Dr Stone Season 3 Episode 18 Subtitle Indonesia Kapan Tayang? Simak Sinopsis & Jadwal

Menarik Dibaca: Cuaca Besok (24/11) di Jakarta Berpotensi Hujan Petir di Daerah Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×