kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Jelang Debat Cawapres, Berikut Persiapan Muhaimin, Gibran dan Mahfud


Rabu, 17 Januari 2024 / 16:37 WIB
Jelang Debat Cawapres, Berikut Persiapan Muhaimin, Gibran dan Mahfud
ILUSTRASI. Ketiga bakal calon wakil presiden (Cawapres) keempat akan dilaksanakan pada Minggu (21/1/2024) mendatang.

Reporter: Leni Wandira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Ketiga bakal calon wakil presiden (Cawapres) keempat akan dilaksanakan pada Minggu (21/1/2024) mendatang.

Debat keempat ini akan diikuti oleh cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.

Adapun tema debat keempat Pilpres 2024 bertemakan isu pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Baca Juga: Mencari Presiden yang Berkualitas

Lalu bagaimana persiapan dari ketiga cawapres dalam menghadapi debat keduanya nanti? 

Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan meyakini Cak Imin sudah siap menghadapi debat cawapres kedua kali ini.

Menurutnya, Cak Imin mampu mengikuti dinamika debat yang akan datang. Sehingga calon wakil presidennya itu tak perlu dimentori.

"Cak Imin udh bisa jalan sendiri, tim nya sudah ada, tim nya sama. Kemudian menyiapkan bahan-bahan bahwasanya insyallah siaplah untuk debat keempat," ujar Anies kepada wartawan.

Sementara itu, Juru Bicara Tim Nasional (Timnas) pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Iwan Tarigan menyatakan bahwa Muhaimi  melakukan perubahan strategi secara signifikan. 

"Penyampaian Program kerja, visi, dan misi serta gagasan untuk mencari solusi atas sejumlah persoalan Indonesia. Adapun untuk persiapan menghadapi debat, diskusi rutin diintensifkan oleh dewan pakar bersama cawapres," ungkapnya.

Baca Juga: Resmi, Ini Jadwal Kampanye Akbar Pemilu 2024, Apa Saja Aturan & Larangan Kampanye

Optimisme yang sama juga datang dari cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka. Dirinya mengaku siap untuk menghadapi debat keempat ini.

"Udah, udah disiapkan," singkat Gibran kepada wartawan. 

Sayangnya, Gibran tak mejelaskan secara rinci persiapan apa saja yang ia lakukan untuk debat keempat tersebut.

Komandan Tim Echo (Hukum dan Advokasi) TKN Prabowo-Gibran, Hinca Pandjaitan, memastikan Gibran siap tampil dalam debat kedua cawapres mendatang.

"Kira-kira main kedua kan ndak mungkin turun lagi dari situ. Sekali dia tampil begitu, tentu akan tampil lebih baik lagi," ujar Hinca.

Tak hanya Cak Imin dan Gibran Saja, Cawapres nomor urut tiga juga optimis dan mengaku akan tampil prima dalam debat yang salah satunya membawa isu pembangunan dan energi itu.

Juru bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Aiman Witjaksono meyakini jika Mahfud akan tampil prima. Bukan tanpa alasan, tapi keyakinan itu melihat dari rekam jejak Mahfud selama ini.

Baca Juga: Mayoritas Responden Tetap pada Pilihannya Usai Saksikan Debat Capres

"Pak Mahfud dari rekan bijak yang paripurna di eksekutif dan legislatif dan bahkan yudikatif itu memiliki pengalaman luar biasa dari sisi isu-isu kenegaraan apalagi saat ini sudah tidak diperbolehkan lagi singkatan jebakan digunakan dalam debat," ujar dia.

"Jadi kami yakin pak Mahfud akan tampil prima dan seperti pada debat pertama cawapres beberapa waktu lalu bahwa pak Mahfud akan memiliki keyakinan atau nilai yang paling tinggi di mata masyarakat," pungkasnya.

Sebelumnya, KPU telah tiga kali menggelar debat Pilpres 2024, yakni pada 12 Desember 2023 (debat capres), 22 Desember 2023 (debat cawapres), dan 7 Januari 2024 (debat capres).

Akan ada dua rangkaian debat Pilpres 2024 yang bakal diselenggarakan KPU, yakni pada Minggu (21/1) dan Minggu (4/2).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×