kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,58   -2,96   -0.33%
  • EMAS1.324.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Kenali 7 Manfaat Buah Leci Bagi Kesehatan yang Luar Biasa


Minggu, 10 Maret 2024 / 18:20 WIB
Kenali 7 Manfaat Buah Leci Bagi Kesehatan yang Luar Biasa
ILUSTRASI. Leci

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Buah leci menyimpan segudang manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, manfaat buah leci juga luar biasa dan telah teruji khasiatnya.

Melansir dari Healthline, Leci, termasuk buah tropis yang sama yang menawarkan vitamin, mineral, dan antioksidan yang menyehatkan. Menambahkan buah ini ke dalam makanan Anda adalah pilihan yang sehat.

Buah leci, atau sering juga disebut sebagai "longan" dalam bahasa Inggris, adalah buah yang berasal dari Asia Tenggara, khususnya populer di negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. 

Baca Juga: Apa Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan? Jangan Lewatkan!

Buah ini memiliki rasa yang manis dan daging buah yang lembut, membuatnya menjadi camilan yang lezat dan juga kaya akan nutrisi. Selain rasanya yang enak, leci juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Berikut beberapa manfaat buah leci untuk kesehatan tubuh:

Sumber Antioksidan

Buah leci mengandung antioksidan yang penting seperti vitamin C, vitamin A, dan berbagai senyawa fenolik. Antioksidan ini membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini, kerusakan sel, dan bahkan penyakit serius seperti kanker.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi, Coba 8 Hal Ini

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang terkandung dalam buah leci memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi leci secara teratur, Anda dapat membantu tubuh Anda untuk melawan infeksi dan penyakit dengan lebih efektif.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dan vitamin A dalam leci juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kedua vitamin ini membantu dalam merangsang produksi kolagen, yang dapat membuat kulit Anda tetap sehat, lembut, dan bercahaya. Selain itu, antioksidan dalam leci membantu melawan kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV matahari.

Baca Juga: 6 Manfaat Lengkuas Bagi Kesehata Jika Dikonsumsi Dengan Benar

Membantu Pencernaan

Buah leci mengandung serat diet yang baik untuk pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus dengan meningkatkan gerakan usus. Hal ini juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit pencernaan, seperti divertikulitis.

Menyediakan Energi

Leci mengandung karbohidrat, yang merupakan sumber utama energi bagi tubuh. Karbohidrat dalam leci dapat memberikan dorongan energi yang baik, membuatnya menjadi camilan yang baik untuk mengatasi kelelahan.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam buah leci berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A diperlukan untuk menjaga penglihatan yang baik dan mencegah masalah mata seperti rabun senja.

Baca Juga: Apa Manfaat Buah Stroberi Bagi Kesehatan? Ada 10 Hal Unik

Meningkatkan Kualitas Tidur

Buah leci juga mengandung senyawa seperti triptofan, yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Triptofan adalah prekursor untuk hormon serotonin, yang berperan dalam mengatur tidur dan suasana hati.

Meskipun buah leci memiliki banyak manfaat kesehatan yang signifikan, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak sebagai bagian dari diet seimbang.

Konsumsi buah leci dalam jumlah moderat adalah kunci untuk memanfaatkan manfaat kesehatannya tanpa mengonsumsi terlalu banyak gula. Dengan mengintegrasikan buah leci ke dalam pola makan Anda, Anda dapat mendukung kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan sambil menikmati rasa manis dan kenikmatan buah yang khas.

Selanjutnya: Pantau Hilal, Perukiyat di Masjid Raya KH Hasyim Ashri Gunakan 3 Alat

Menarik Dibaca: Apa Boleh Makan Mie Instan 2 Porsi Sekaligus? Cari Tahu Jawabannya di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

×