kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Pusing Setelah Bangun Tidur


Minggu, 31 Desember 2023 / 07:30 WIB
Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Pusing Setelah Bangun Tidur
ILUSTRASI. Penyebab dan Cara Mengatasi Pusing Setelah Bangun Tidur

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara mengatasi pusing setelah bangun tidur yang mengganggu. Simak langkah mudah untuk menanggulangi rasa pusing yang timbul setelah bangun dari tidur.

Sakit kepala disebut juga cefalalgia, adalah sensasi nyeri atau ketidaknyamanan yang terjadi di area kepala.  Ini adalah gejala yang umum dan bisa bervariasi dalam intensitas, durasi, dan lokasi di kepala.

Setiap lokasi sakit kepala dapat menandakan sedang terjadi penyakit yang berkaitan dengan organ lain.

Intip beberapa hal yang dapat menimbulkan sakit kepala saat setelah bangun tidur.

Baca Juga: ​Waspadai, Ini 5 Komplikasi Diabetes Melitus dan Cara Mencegahnya

Penyebab pusing setelah bangun tidur

Sakit Kepala Belakang

Berikut adalah beberapa faktor yang mungkin menyebabkan sakit kepala setelah bangun tidur.

  • Kualitas Tidur yang Buruk: Kurang tidur, tidur yang terganggu, atau tidur dalam posisi yang tidak nyaman dapat menyebabkan sakit kepala setelah bangun tidur. Kualitas tidur yang buruk dapat mempengaruhi sirkulasi darah dan memicu ketegangan otot yang dapat menyebabkan sakit kepala.
  • Kebiasaan Makan: Makan makanan yang terlalu berat atau terlalu pedas sebelum tidur dapat memicu sakit kepala saat bangun tidur. Kafein dan alkohol juga dapat mempengaruhi tidur dan menyebabkan sakit kepala.
  • Postur Tidur yang Buruk: Saat tidur dengan posisi yang buruk atau tidur dengan bantal yang tidak mendukung dapat menyebabkan ketegangan leher dan kepala yang dapat berkontribusi pada sakit kepala setelah bangun tidur.
  • Sleep Apnea: Sleep apnea adalah gangguan tidur yang ditandai dengan episodik berhenti bernapas selama tidur. Hal ini dapat mengganggu pola tidur dan menyebabkan sakit kepala setelah bangun tidur. Jika Anda mencurigai sleep apnea, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi dan diagnosis yang tepat.
  • Kekurangan Cairan: Dehidrasi dapat menjadi faktor penyebab sakit kepala setelah bangun tidur. Selama tidur, tubuh bisa kehilangan cairan melalui pernapasan dan keringat. Pastikan Anda mengonsumsi cukup cairan sepanjang hari, terutama sebelum tidur.
  • Tegang atau Stres: Tegang, stres, atau kecemasan yang berkelanjutan dapat mengganggu tidur dan menyebabkan sakit kepala pada pagi hari.

Ikuti beberapa cara mengatasi sakit kepala setelah bangun tidur dirangkum dari Cleveland Clinic.

Baca Juga: Rekomendasi 12 Makanan & Minuman Saat Sakit Tenggorokan Mendera

Cara mengatasi pusing setelah bangun tidur

Apabila Anda mengalami sakit kepala setiap kali bangun tidur, berikut adalah beberapa langkah yang dapat dicoba.

1. Tidur yang Cukup

Masalah sakit kepala bisa terjadi karena durasi tidur yang tidak normal. Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap malam, idealnya antara 7-9 jam.

Kondisi kurang tidur dapat menyebabkan sakit kepala yang muncul setelah terbangun dari tidur baik malam maupun siang hari.

2. Posisi Tidur yang Tepat

Pastikan Anda mencari posisi tidur ternyaman dengan bantal yang tidak Cobalah tidur dengan posisi yang nyaman dan mendukung. Tidur dengan bantal yang sesuai dan menjaga posisi leher dan kepala yang baik dapat membantu mencegah sakit kepala.

3. Hindari Tidur Terlalu Lama

Tidur yang berlebihan juga dapat menyebabkan sakit kepala. Cobalah untuk menjaga rutinitas tidur yang konsisten dengan waktu tidur yang cukup, baik di malam hari maupun saat tidur siang.

4. Hindari Stimulan Sebelum Tidur

Hindari minuman berkafein atau makanan yang mengandung stimulan, seperti kopi, teh, cokelat, atau minuman energi, beberapa jam sebelum tidur. Stimulan ini dapat mengganggu tidur dan menyebabkan sakit kepala.

5. Minum Air Cukup

Pastikan Anda terhidrasi dengan baik sepanjang hari dan juga sebelum tidur. Buatlah kebiasaan seperti minum minimal 8 gelas per hari air mineral untuk menghidrasi tubuh.

Kondisi dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala, jadi pastikan Anda minum cukup air.

6. Hindari Alkohol Sebelum Tidur

Pastikan Anda menghindari konsumsi alkohol sebelum tidur dapat membantu mengurangi sakit kepala yang terkait. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat mengganggu sistem pencernaan tubuh yang tentunya berdampak pada keseimbangan organ lainnya.

7. Hindari Makanan Pedas Sebelum Tidur

Makan makanan berat atau pedas sebelum tidur dapat memicu sakit kepala. Coba makan makanan ringan dan seimbang beberapa jam sebelum tidur.

8. Kelola Stres

Kondisi mental yang terkena tekanan atau stres dapat mempengaruhi kualitas tidur dan menyebabkan sakit kepala. Cari cara untuk mengelola stres, seperti meditasi, relaksasi otot, atau aktivitas fisik yang teratur.

Penting saat mengalami sakit kepala yang parah, berubah dalam karakteristik atau frekuensi, atau disertai dengan gejala, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi dan penanganan yang tepat.

Itulah beberapa informasi terkait cara mengatasi pusing setelah bangun tidur yang bisa Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×