kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Kerutan Hilang & Bikin Awet Muda, Cek 5 Khasiat Buah Pepaya yang Jarang Orang Tahu


Selasa, 16 Januari 2024 / 04:30 WIB
Kerutan Hilang & Bikin Awet Muda, Cek 5 Khasiat Buah Pepaya yang Jarang Orang Tahu

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah pepaya untuk kulit wajah sangat besar. Salah satu alasannya adalah buah pepaya mengandung nutrisi yang sangat tinggi. 

Ada banyak kandungan nutrisi yang ada di buah pepaya. Misalnya saja vitamin A, B, C, E, dan karotenoid. Buah pepaya juga mengandung enzim proteolitik sehingga memiliki sifat antijamur dan antibakteri.  

Akan tetapi, manfaat pepaya untuk wajah ini harus disertai dengan cara menggunakannya dengan tepat. Sebagai contoh, Anda bisa memanfaatkan pepaya matang untuk dijadikan masker wajah. Penggunaannya bisa dikombinasikan dengan bahan alami lainnya. 

Selain itu, dengan mengonsumsi pepaya secara teratur, seseorang dapat meningkatkan kesehatan kulitnya, terutama kulit wajah. 

Manfaat pepaya untuk wajah

Manfaat pepaya pada kulit wajah tergantung pada komposisinya. Buah pepaya kaya akan enzim papain, yang meningkatkan produksi kolagen. 

Nah, kolagen sendiri sangat bermanfaat pada elastisitas dan kesehatan kulit. Itu sebabnya, ekstrak pepaya banyak ditambahkan dalam produk perawatan kulit.

Baca Juga: 11 Buah Rendah Gula yang Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Berikut rangkuman tentang manfaat pepaya untuk wajah yang dihimpun dari berbagai sumber:

1. Mengurangi kerutan

Melansir Healthline, dalam pepaya banyak mengandung antioksidan, yang biasa dikenal dengan sebutan likopen. Likopen ini bisa melawan tanda-tanda penuaan pada kulit wajah.

Penelitian yang dilakukan pada 2015 menunjukkan bahwa sebagian besar kerutan pada kulit seiring bertambahnya usia dapat dipicu oleh aktivitas radikal bebas yang berlebihan.

Antioksidan yang terkandung pada buah pepaya dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas. Alhasil, kulit wajah Anda tetap halus dan awet muda.

Baca Juga: 6 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan yang Menakjubkan

2. Memperbaiki tekstur kulit dan membuat kulit bercahaya

Mengutip bebeautiful.in, buah pepaya berfungsi untuk pengelupasan kulit sehingga dapat memperbaiki warna kulit, menghilangkan sel-sel kulit tua, memberikan kehalusan dan kilau. 

Jika Anda ingin kulit wajah cerah, Anda bisa mencoba produk yang mengandung pepaya. Disarankan untuk mengaplikasikannya dua kali sehari dan ditepuk dengan jari. Setelah penggunaan rutin Anda akan melihat bahwa kulit Anda menjadi lembab, halus, dan bercahaya.

3. Melembabkan dan menutrisi kulit 

Pepaya dan produk kulit yang mengandung pepaya membantu mengatasi kekeringan pada kulit. Di antara semua manfaat jus pepaya untuk kulit, kita tidak boleh melupakan pelembab dan nutrisi yang mendalam. 

Sebab, produk yang mengandung pepaya sudah pasti mengandung vitamin A dan E. Produk ini dapat mengubah kulit kering dan bersisik menjadi lembut, terhidrasi, dan bercahaya.

4. Mengontrol jerawat

Healthline memberitakan, enzim papain dan chymopapain pada pepaya mampu menurunkan peradangan pada kulit wajah. Fungsi dari papain adalah untuk melarutkan protein. Dan ini dapat ditemukan di banyak produk eksfoliasi. 

Bagi Anda yang belum tahu, produk-produk tersebut membantu mengurangi jerawat dengan menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

Pepaya juga kaya akan vitamin A. Vitamin A diyakini berperan dalam perkembangan dan pengobatan jerawat.

5. Perawatan melasma

Pepaya adalah obat rumahan yang populer untuk melasma. Melasma merupakan bercak-bercak yang berwarna kecokelatan atau lebih gelap dibandingkan warna kulit. 

Melasma umumnya muncul di kulit wajah dan lebih sering dialami oleh wanita, terutama ibu hamil.

Penggunaan minyak biji pepaya yang diperas setiap hari dapat membantu mencerahkan bintik-bintik hitam.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan dan Khasiat yang Tidak Terduga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×