kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,29   1,62   0.19%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Kim Jong Un Ancam Lancarkan Serangan Nuklir Jika Terjadi Hal Ini


Kamis, 21 Desember 2023 / 06:33 WIB
Kim Jong Un Ancam Lancarkan Serangan Nuklir Jika Terjadi Hal Ini
ILUSTRASI. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengatakan Pyongyang tidak akan ragu melancarkan serangan nuklir. KCNA melalui REUTERS

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Media pemerintah Korea Utara KCNA melaporkan, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengatakan Pyongyang tidak akan ragu melancarkan serangan nuklir. 

Menurut Kim, serangan tersebut akan dilakukan jika musuh memprovokasi mereka dengan senjata nuklir.

Melansir Reuters, pernyataan itu disampaikan Kim saat ia bertemu dengan tentara Korea Utara di bawah biro rudal militer mengenai latihan peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) baru-baru ini.

“Dia (Kim) mengatakan bahwa aktivitas militer tegas yang dilakukan oleh perusahaan kali ini adalah penjelasan yang jelas tentang mode serangan balik dan evolusi strategi nuklir serta doktrin DPRK untuk tidak ragu-ragu bahkan dalam hal nuklir, menyerang ketika musuh memprovokasi dengan nuklir,” lapor KCNA.

DPRK adalah inisial nama resmi Korea Utara, Republik Rakyat Demokratik Korea.

Korea Utara mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka telah menguji ICBM terbarunya pada hari Senin untuk mengukur kesiapan perang kekuatan nuklirnya melawan ancaman permusuhan dari Amerika yang semakin meningkat. Hal tersebut memicu kecaman dari Amerika Serikat dan sekutunya.

Baca Juga: Intip Kemampuan Hwasong-18, ICBM Korea Utara yang Baru Diuji Coba

Kim mengatakan peluncuran hari Senin ini menunjukkan mobilitas tinggi dan kemampuan serangan cepat militer, dan menyerukan upaya untuk lebih memperkuat efisiensi tempurnya.

Dalam pernyataan terpisah, saudara perempuan Kim, Kim Yo Jong mengecam Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) yang mengadakan pertemuan mengenai peluncuran ICBM, dan mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bentuk pelaksanaan hak negara untuk membela diri.

Baca Juga: Korea Utara Tembak Rudal Jarak Pendek, Semenanjung Korea Memanas

“DK PBB harus memberikan tanggung jawab yang besar atas perilaku dan tindakan AS dan Korea Selatan yang tidak bertanggung jawab, yang telah memperburuk ketegangan di Semenanjung Korea melalui segala macam provokasi militer sepanjang tahun,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

×