kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,11   -2,76   -0.27%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Lemak Perut Menumpuk di Usia 40 tahun, Ini 3 Cara Menghilangkannya


Minggu, 03 Desember 2023 / 04:05 WIB
Lemak Perut Menumpuk di Usia 40 tahun, Ini 3 Cara Menghilangkannya

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Timbunan lemak perut atau belly fat biasanya sering terlihat saat usia 40 tahun ke atas. Bagaimana cara menghilangkan lemak perut agar perut kembali rata?

Lemak perut bisa terjadi pada laki-laki maupun perempuan. Lemak perut menjadi masalah yang terus ada, susah disiasati. Namun tenang saja, kini ada cara mudah menghilangkan lemak perut.

Mengutip dari laman Healthline, lemak perut adalah visceral fat yang ada dalam rongga perut dan menyelubungi organ vital seperti usus juga hati. Bahaya lemak perut bagi kesehatan sangat banyak.

Visceral fat adalah lemak berbahaya yang jika menumpuk dan ada di pembuluh darah bisa menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Itu sebabnya, visceral fat dikatakan sebagai faktor utama penyebab penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2 dan berbagai masalah kesehatan serius lainnya.

Lemak perut selain membahayakan kesehatan, juga sangat menganggu penampilan. Ditambah lagi, lemak ini seakan mudah datang dan susah pergi untuk mereka yang berada di usia 40 tahun ke atas. Apa sebabnya dan bagaimana cara menghilangkan lemak perut?

Baca juga: Mudah dan tak perlu obat, ini 4 cara mengecilkan perut

Mengapa lemak perut betah melekat di usia 40 tahun ke atas?

Sebab utamanya adalah di usia ini, kita semua cenderung kehilangan massa otot murni. Penuaan membuat manusia kehilangan massa otot murninya, dan hal ini akan berpengaruh ke sistem metabolisme tubuh. Sistem metabolisme yang mulai melambat, membuat kita semakin sedikit membakar lamak dan kalori.

Dilansir dari Times of India, alasan kedua adalah adanya perubahan hormon. Baik kenaikan atau penurunan berat badan, dipengaruhi oleh hormon.

Wanita cenderung menumpuk lemak di perut dan paha, sedangkan laki-laki cenderung menumpuknya hanya di area perut. Proses ini terjadi semenjak seseorang menginjak pubertas, dan akan terus terjadi hingga menuju 40.

Di usia menjelang 50 tahun, akan terjadi perubahan hormon besar-besaran. Perubahan ini berimbas pada semakin menumpuknya visceral fat yang ada di rongga perut.

Cara menghilangkan lemak perut

Untuk menghilangkan lemak perut, kita harus menurunkan berat badan. Namun untuk menurunkan berat badan pada usia 40 tahun ke atas, perlu tenaga lebih ekstra.

Meski begitu, ada beberapa tips yang bisa menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak pada perut ini.

1. Jaga pola makan

Cara ketiga untuk membantu menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak perut adalah menjaga pola makan. Di usia ini, diet harus dilakukan dengan lebih cermat dan disiplin. Perbanyak serat dan protein, kurangi zat gula, alkohol, dan makanan-makanan yang terproses secara pabrikan.

2. Hindari stres

Cara pertama untuk membantu menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak perut adalah dengan menghindari stres. Stres adalah faktor penyumbang terbesar kenaikan berat badan, terutama untuk Anda yang sudah menuju usia 50 tahun.

Jadi jika ingin menghilangkan lemak dalam perut, hindarilah stres semaksimal mungkin. Lakukan meditasi, yoga, atau pilates agar stres menjauh dari kehidupan Anda.

3. Lakukan olahraga rutin

Cara kedua untuk membantu menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak perut adalah dengan olahraga rutin. Menjaga pola makan tanpa diimbangi olahraga rutin tak akan menghasilkan efek seperti yang diharapkan.

Jadi meski tulang dan otot tak seenergik dulu, lakukan terus olahraga rutin setiap hari agar terbentuk massa otot murni sehingga pembakaran kalori lebih bisa maksimal dilakukan oleh tubuh.

Upaya menghilangkan lemak perut di usia 40 tahun ke atas memang pekerjaan rumah yang susah diselesaikan. Kuncinya hanya satu, yaitu disiplin. Disiplin dalam menjaga pola makan, berolahraga, juga menjauhkan diri dari stres.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menyiasati Lemak Perut di Usia 40 Tahun ke Atas",

Penulis : Inten Esti Pratiwi
Editor : Inten Esti Pratiwi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Outlook 2024, Meneropong saham unggulan di Tahun Politik The Coughing Dragon | Global Market Series - China

×