kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Mengenal Jenis Kolesterol HDL dan LDL, Manfaat, dan Kadar Normalnya


Rabu, 24 Januari 2024 / 15:23 WIB
Mengenal Jenis Kolesterol HDL dan LDL, Manfaat, dan Kadar Normalnya
ILUSTRASI. Mengenal Jenis Kolesterol HDL dan LDL, Manfaat, dan Kadar Normalnya.

Penulis: Tiyas Septiana

Kadar Normal Kolesterol -  Ketika Anda melakukan pengecekan kadar koelsterol, Anda pasti akan mendapatkan angka LDL, HDL, dan trigliserida. Kadar LDL dan HDL menjadi penentu apakah kolesterol Anda normal atau tidak. 

Secara umum, mengutip dari situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kolesterol adalah senyawa lemak seperti lilin yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh. 

Selain diproduksi di dalam tubuh, kolesterol juga bisa didapat dari berbagai jenis makanan terutama daging. 

Baca Juga: Pendaftaran Lowongan BBOP Bank BRI 2024 Dibuka, Ini Posisi dan Syarat Daftarnya

Kolesterol, dalam tingkatan yang normal, dibutuhkan tubuh untuk menunjang dan memlihara kesehatan. Namun jika terlalu banyak bisa menimbulkan penyakit yaitu kolesterol tinggi. 

Terdapat dua jenis kolesterol yang cukup umum dikenal masyarakat yaitu High Density Lipoprotein (HDL) dan Low Density Lipoprotein (LDL)

Dalam kondisi normal, kadar kolesterol seseorang tidak boleh melebihi batas tertentu. Kolesterol darah merupakan jumlah total dari HDL, LDL, dan trigliserida. Kadar normal masing-masing jenis kolesterol yakni: 

  • HDL: Lebih dari 55 mg/dL (perempuan) atau 45 mf/dL (laki-laki)
  • LDL: Kurang dari 130 mg/dL untuk kondisi normal, atau kurang dari 100 mg/dL jika Anda mengidap gangguan pembuluh darah, gangguan jantung atau diabetes
  • Trigliserida: Kurang dari 150 mg/dL

Apa itu HDL?

High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik, memiliki fungsi untuk mencegah penyempitan pembuluh darah akibat lemak (ateroma). 

Ateroma dapat memicu penyakit jantung yang disebut  ateroklerosis atau pengerasan pembuluh darah. Ateroma adalah plak lemak yang menumpuk di dinding arteri pembuluh darah.

Mengutip situs Healthline, HDL bekerja mengangkuti kolesterol dalam darah ke organ hati untuk kemudian dikeluarkan dari tubuh. 

Kolesterol jenis ini membantu mengurangi kelebihan kolesterol yang bisa menyumbat pembuluh darah. 

Jika kadar HDL dalam darah tinggi, artinya kolesterol Anda termasuk dalam kategori yang normal.

Kadar HDL bisa ditingkatkan dengan cara berolahraga rutin, mengonsumsi makanan rendah kolesterol, atau menggunakan obat jenis statin. 

Baca Juga: 5 Tips Sukses Menceritakan Tentang Diri Sendiri saat Interview Kerja

Apa itu kolesterol LDL?

Kebalikan dari HDL yang disebut dengan kolesterol baik, maka LDL adalah kolesterol jahat. Kolesterol jenis ini adalah penyebab utama penyakit kolesterol yang bisa menimbulkan berbagai penyakit lainnya. 

Kadar LDL yang tinggi, bersumber dari Web MD, dapat menyebabkan plak lemak yang menyumbahtpembuluh darah. Pembuluh darah yang tersumbat dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga stroke. 

Meskipun jahat, sebenarnya LDL memiliki fungsi penting dalam tubuh. Melansir situs Bethsaida Hospital, LDL bertugas mengankut sebagain besar kolesterol tubuh. 

Selanjutnya LDL akan diserap kembali oleh sel-sel tubuh yang kemudian digunakan untuk membuat sel-sel dan hormon. 

Namun kolesterol tersebut tidak sepenuhnya dapat diserap oleh tubuh. Sisa kolesterol yang tidak terserap kemudian dibuangh ke dalam darah. 

Jika kolesterol sisa tersebut terlalu banyak, maka akan menumpuk dan menyebabkan timbunan lemak di dinding pembuluh darah. 

Agar kondisi kolesterol tetap terjaga, sebaiknya Anda mulai rutin mengecek setiap 5 tahun sekali setelah menginjak umur di atas 20 tahun. 

Batasi makanan berlemak dan yang digoreng karena jenis makanan ini banyak mengandung kolesterol jahat yang tidak baik untuk tubuh. 

Jangan lupa banyak makanan bergizi dan berolahraga teratur untuk membantu mengurangi lemak tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×