kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 -1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Turunkan Gula Darah Secara Alami, Catat Menu Penderita Diabetes


Senin, 20 November 2023 / 21:11 WIB
Turunkan Gula Darah Secara Alami, Catat Menu Penderita Diabetes
ILUSTRASI. Menu Penderita Diabetes, Menurunkan Gula Darah Secara Alami

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak panduan menu makan untuk penderita diabetes guna membantu menurunkan gula darah. Selain memperhatikan menu makan, penderita diabetes juga perlu melakukan cara menurunkan diabetes secara alami.

Panduan menu makan untuk penderita diabetes adalah hal penting. Pasalnya, penderita diabetes tidak boleh konsumsi makanan secara sembarangan karena bisa mengakibatkan lonjakan gula darah.

Memiliki panduan menu makan untuk penderita diabetes bermanfaat menjaga mengontrol gula darah agar tetap stabil dan bisa turun ke level normal.

Lalu bagaimana panduan menu makan untuk penderita diabetes?

Mengutip Kompas.com, berikut panduan menu makan penderita diabetes:

Baca Juga: Mirip Diabetes Militus, Bagaimana Pencegahan Diabetes Insipidus?

1. Pilih karbohidrat yang lebih sehat

Panduan menu makan penderita diabetes untuk menurunkan gula darah yang pertama adalah memilih karbohidrat yang lebih sehat. Dilansir dari Asosiasi Diabetes Inggris, bagi penderita diabetes, semua jenis karbohidrat dapat memengaruhi kadar gula (glukosa) dalam darah.

Untuk itu, penting mengetahui jenis makanan apa saja yang mengandung karbohidrat yang baik dikonsumsi oleh penderita diebetes. Berikut adalah beberapa sumber karbohidrat yang sehat untuk menu makan penderita diabetes:

  • Biji-bijian utuh seperti beras merah, soba (salah satu jenis mi Jepang), dan gandum utuh
  • Buah
  • Sayuran
  • Kacang-kacangan seperti buncis, buncis, dan lentil
  • Susu seperti yogurt dan susu tanpa pemanis

Selain itu, penting juga untuk mengurangi makanan rendah serat seperti roti putih, nasi putih, dan sereal olahan.

2. Kurangi asupan garam

Panduan menu makan penderita diabetes untuk menurunkan gula darah yang kedua adalah mengurangi asupan garam. Mengonsumsi banyak garam dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

Hal ini pada akhirnya juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Ketika seseorang menderita diabetes, mereka akan lebih berisiko terhadap semua kondisi tersebut.

Baca Juga: Aspirin Obat Penghilang Rasa Sakit, Cek Asal-Usul, Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

3. Makan lebih sedikit daging merah dan olahan

Panduan menu makan penderita diabetes untuk menurunkan gula darah yang ketiga adalah mengurangi konsumsi daging merah dan daging olahan. Daging olahan seperti kornet tinggi zat pengawet dan sodium, jadi tak baik jika dikonsumsi berlebihan oleh penderita diabetes.

Bagi penderita diabetes, daging merah dan daging olahan bukan merupakan ide yang baik untuk menjalani diet diabetes. Makan-makanan daging olahan seperti ham, bacon, sosis, daging sapi dan domba dapat menyebabkan masalah jantung dan kanker.

4. Banyak makan buah dan sayuran

Panduan menu makan penderita diabetes untuk menurunkan gula darah yang keempat adalah banyak makan buah dan sayuran. Diketahui, makan buah dan sayur memiliki banyak manfaat pada tubuh.

Sayur dan buah-buahan dapat menjadi camilan yang mengenyangkan saat lapar. Dengan mengonsumsi buah dan sayur, maka seseorang bisa mendapatkan vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan tubuh setiap hari untuk membantu tetap sehat.

Bagi penderita diabetes, mengonsumsi buah utuh sangat dianjurkan dibanding dengan buah yang di jus. Buah memang mengandung gula, tapi itu gula alami. Ini berbeda dengan gula tambahan yang ada di dalam cokelat, biskuit, dan kue.

5. Kurangi gula tambahan

Panduan menu makan penderita diabetes untuk menurunkan gula darah yang kelima adalah mengurangi gula tambahan. Mengurangi jumlah konsumsi gula harian, tentu merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol gula darah atau diabetes.

Cobalah untuk mulai mengganti minuman manis, seperti minuman berenergi, soda, dan jus buah dengan air putih, teh dan kopi tanpa gula. Dengan mengurangi gula tambahan ini, maka dapat membantu Anda dalam mengontrol kadar glukosa darah dan membantu menurunkan berat badan.

6. Pilih lemak yang lebih sehat

Panduan menu makan penderita diabetes untuk menurunkan gula darah yang keenam adalah memilih lemak sehat. Dikutip dari Web MD, selain karbohidrat, penderita diabetes juga perlu memperhatikan dalam memilih lemak untuk dikonsumsi.

Lemak memiliki beberapa jenis yang berbeda dan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dengan cara yang berbeda pula. Lemak yang sehat terdapat di dalam makanan seperti kacang tawar, biji-bijian, alpukat, ikan berminyak, minyak zaitun, minyak rapeseed, dan minyak bunga matahari.

Selain itu, mengonsumsi beberapa lemak jenuh juga dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah, meningkatkan risiko masalah jantung. Ini terutama ditemukan dalam produk hewani dan makanan siap saji, seperti: Daging merah dan olahan Ghee (minyak samin) Mentega Lemak babi Biskuit, kue, pai, dan kue kering

Baca Juga: Diet Dash dari Kemenkes, Membantu Menjinakkan Hipertensi!

7. Mengonsumsi vitamin dan suplemen

Panduan menu makan penderita diabetes untuk menurunkan gula darah yang ketujuh adalah konsumsi vitamin dan suplemen. Mengonsumsi vitamin dan suplemen dapat membantu dalam pemenuhan nutrisi dalam tubuh.

Beberapa orang mengonsumsi suplemen seperti kayu manis atau kromium untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Namun, beberapa penderita diabetes tidak diperbolehkan untuk sembarangan dalam memilih vitamin dan suplemen. Untuk itu, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Cara menurunkan gula darah secara alami

Cara menurunkan gula darah secara alami bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi bahan makanan tertentu. Diberitakan Kontan.co.id, berikut bahan makanan untuk menurunkan gula darah secara alami:

Kale

Siapa yang gemar makan kale? Mengutip dari Healthline (healthline.com), serat, antioksidan, dan senyawa lain dalam bahan alami itu cukup efektif mengurangi jumlah gula darah. Cobalah untuk mengonsumsi 7-14 g kale per hari.

Baca Juga: Bahan alami yang efektif mengobati asam urat

Alpukat

Cara menurunkan gula darah berikutnya adalah dengan makan alpukat. Serat, vitamin, mineral, dan jenis lemak yang Anda temukan dalam alpukat mampu mengontrol gula darah yang ada di tubuh Anda. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan manfaat alpukat itu.

Telur

Rutin mengonsumsi telur juga bisa mengontrol gula darah, lho. Menurut penelitian, makan satu butir telur besar setiap hari bisa menurunkan gula darah hingga 4.4%. Kebiasaan yang sama juga berpengaruh pada sensitivitas insulin di tubuh Anda.

Oatmeal

Healthline mengatakan bahwa pengaturan gula darah dalam tubuh bisa lebih baik apabila Anda makan oatmeal secara teratur. Selain itu, makan oatmeal juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang cukup tinggi.

Baca Juga: Brokoli terbukti bisa menurunkan gula darah, begini cara penyajiannya

Apel

Makan apel termasuk salah satu cara menurunkan gula darah yang layak Anda coba. bukan tanpa alasan, jenis buah itu memiliki jenis serat dan senyawa lain yang baik untuk mengontrol jumlah gula darah. Artinya, rutin makan apel bisa menurunkan risiko diabetes.

Kimchi

Kimchi adalah makanan fermentasi yang baik untuk kesehatan tubuh karena bisa berperan sebagai penurun gula darah. Tidak hanya kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral, kimchi juga dipenuhi dengan probiotik yang bagus untuk kesehatan.

Itulah panduan menu makan penderita diabetes serta cara menurunkan gula darah secara alami. Jangan lupa konsultasi dengan dokter untuk memilih bahan makanan menurunkan gula darah.

Selanjutnya: Anda Kaya Beneran atau Cuma Sok Kaya? Ketahui Ini Sebelum Menajwab

Menarik Dibaca: Ulang Tahun ke-1, Museum Prasejarah Semedo Adakan Acara Kenduri Budaya Ki Watu Balung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×