kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,37   -3,13   -0.34%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Minum 1-2 Gelas Per Hari, Air Kelapa Bagus untuk Penderita Diabetes


Minggu, 31 Desember 2023 / 05:38 WIB
Minum 1-2 Gelas Per Hari, Air Kelapa Bagus untuk Penderita Diabetes
ILUSTRASI. Beberapa manfaat air kelapa yakni untuk mengatasi dehidrasi, menyeimbangkan kadar garam, hingga sakit perut.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

MANFAAT AIR KELAPA UNTUK DIABETES - Manfaat air kelapa untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. 

Pasalnya, air kelapa adalah salah satu minuman kaya nutrisi tersehat yang ditawarkan alam kepada kita. 

Beberapa manfaat air kelapa yakni untuk mengatasi dehidrasi, menyeimbangkan kadar garam, hingga sakit perut. 

Namun, muncul pertanyaan apakah air kelapa aman dikonsumsi oleh penderita gula darah tinggi? Atau apakah air kelapa bisa membantu mengatasi gejala diabetes? 

Meskipun air kelapa bisa menjadi minuman yang menyegarkan dan memberikan hidrasi, penderita diabetes harus memantau respons mereka terhadap air tersebut. 

Salah satu waktu terbaik untuk minum air kelapa adalah sebagai bagian dari makanan seimbang atau sebagai minuman di antara waktu makan. 

Hal ini dapat membantu mengurangi potensi lonjakan gula darah karena serat dan protein dalam makanan Anda dapat memperlambat penyerapan gula alami dalam air kelapa. 

Penderita diabetes dianjurkan untuk menghindari minum air kelapa saat perut kosong atau sebelum tidur karena dapat menyebabkan fluktuasi kadar glukosa darah yang signifikan.

Baca Juga: 9 Bahan Alami Ini Efektif Mengontrol dan Menurunkan Gula Darah Penderita Diabetes

Air kelapa bagus untuk penderita diabetes?

Hanya ada sedikit penelitian tentang air kelapa dan pengaruhnya terhadap diabetes.

Namun, mengutip Healthline, beberapa penelitian pada hewan menunjukkan peningkatan pengendalian gula darah dengan mengonsumsi air kelapa.

Dalam sebuah penelitian, tikus disuntik dengan obat pemicu diabetes yang disebut aloksan dan diberi makan air kelapa matang selama 45 hari.

Hewan yang diberi air kelapa mengalami peningkatan signifikan pada gula darah, hemoglobin A1C (HbA1c), dan stres oksidatif, dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Para peneliti mengaitkan hasil ini dengan tingginya kandungan kalium, magnesium, mangan, vitamin C, dan L-arginin dalam air kelapa, yang semuanya membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Meskipun air kelapa tanpa pemanis merupakan sumber gula alami, ini adalah pilihan yang jauh lebih baik dibandingkan minuman manis lainnya dan akan memiliki efek lebih rendah pada kadar gula darah Anda.

Baca Juga: 8 Makanan Sehat untuk Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes

Meskipun demikian, cobalah membatasi asupan Anda menjadi 1–2 cangkir (240–480 ml) per hari.

Mengutip Stylecraze dan Healthline, berikut sejumlah alasan mengapa air kelapa bisa membantu mengatasi gejala diabetes:

1. Kepadatan Nutrisi

Seperti disebutkan sebelumnya, air kelapa kaya akan beberapa vitamin esensial, mineral, dan asam amino. Setiap cangkir minuman lezat ini mengandung 5,8 mg vitamin C, 0,1 mg riboflavin, 57,6 mg kalsium, 60 mg magnesium, 600mg potasium, 252 mg sodium, dan 0,3 mg mangan. Nutrisi ini, terutama natrium dan kalium, dapat membantu mengendalikan fluktuasi gula darah.

2. Mengandung Lebih Banyak Serat Dan Lebih Sedikit Karbohidrat

Sebagai penderita diabetes, mengontrol asupan karbohidrat sama pentingnya dengan memantau kandungan gulanya. Padahal, pola makan yang dianjurkan bagi penderita diabetes (sesuai anjuran dokter) harus tinggi serat dan rendah karbohidrat.

Karbohidrat ini, yang mengandung gula alami yang sangat tinggi, dapat dengan cepat menyebabkan lonjakan kadar glukosa darah, yang terbukti berbahaya bagi penderita diabetes.

Air kelapa, yang kaya akan serat (2,6 gram per 240 gram air kelapa), merupakan solusi yang baik untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Baca Juga: Dibuang Sayang, Ini 7 Manfaat Kulit Lemon yang Menakjubkan

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Penderita Diabetes sering kali menderita gangguan sirkulasi darah. Akibat masalah ini, mereka kerap mengalami ketidaknyamanan seperti mati rasa pada kaki, penglihatan kabur, dan gagal ginjal. Asupan air kelapa ditingkatkan untuk mengurangi kondisi tersebut dengan cukup efisien.

4. Membantu Menjaga Berat Badan

Pertambahan berat badan yang tidak normal merupakan kecenderungan umum pada pasien diabetes. Air kelapa memiliki kemampuan untuk mencegah rasa lapar yang tidak perlu sehingga membantu Anda makan lebih sedikit.

Selain itu, air kelapa adalah sumber yang kaya nutrisi seperti garam esensial, mineral dan tidak mengandung kolesterol sama sekali. Air kelapa sarat dengan semua nutrisi yang tepat. 

Air kelapa juga merupakan sumber asam lemak Omega-3 dan antioksidan yang sangat baik. Kedua hal ini penting pada diabetes untuk memeriksa kadar gula dan berat badan.

5. Meningkatkan Metabolisme

Air kelapa membantu merangsang metabolisme yang pada gilirannya meningkatkan pembakaran lemak dan proses pembakaran gula di dalam tubuh. Aktivitas air kelapa di dalam tubuh kita membantu memberi pasien lebih banyak energi dan semangat untuk hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×