kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.461.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.130   40,00   0,26%
  • IDX 7.697   -47,60   -0,61%
  • KOMPAS100 1.196   -13,16   -1,09%
  • LQ45 960   -10,60   -1,09%
  • ISSI 231   -1,75   -0,75%
  • IDX30 493   -3,97   -0,80%
  • IDXHIDIV20 592   -5,69   -0,95%
  • IDX80 136   -1,30   -0,95%
  • IDXV30 143   0,32   0,23%
  • IDXQ30 164   -1,28   -0,77%
AKTUAL /

Minum Air Es Saat Cuaca Panas Berbahaya Bagi Kesehatan, Bisa Sebabkan Pingsan


Jumat, 10 November 2023 / 10:02 WIB
Minum Air Es Saat Cuaca Panas Berbahaya Bagi Kesehatan, Bisa Sebabkan Pingsan
ILUSTRASI. Sebaiknya hati-hati dalam minum air yang terlalu dingin saat cuaca panas karena bisa menyebabkan pingsan.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Banyak yang tidak mengetahui bahwa selalu minum air dingin saat cuaca panas bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. 

Memang, saat cuaca panas seperti saat ini, minum air dingin sangat menyegarkan.  

Akan tetapi, apabila Anda tengah berlatih sepak bola, atau melakukan pekerjaan outdoor di cuaca seperti sekarang, sebaiknya hati-hati dalam minum air yang terlalu dingin bisa menyebabkan pingsan atau hilang kesadaran.

Mengutip Tristate Homepage, seorang Dokter Evansville, David Schultz mengatakan orang yang mungkin mengalami kelelahan akibat suhu panas harus mempertimbangkan untuk minum air yang mendekati suhu ruangan.

“Air es dingin masuk ke kerongkongan dan lambung, dan terdapat saraf di sepanjang kerongkongan dan lambung yang dikenal sebagai saraf vagus,” jelas Dr. Schultz. 

Dia menambahkan, “Saraf-syaraf ini dapat menyala, mengirimkan sinyal ke otak dan menyebabkan seseorang pingsan dan kehilangan kesadaran sebentar.”

Dr Schultz mengatakan air es membakar lebih banyak kalori daripada air bersuhu ruangan dan juga dapat menyempitkan pembuluh darah, sehingga membuat lebih sulit untuk terhidrasi.

Tidak perlu minum air panas saat kepanasan, cukup hati-hati jangan terlalu sering minum air es.

Baca Juga: Dari Penyakit Ginjal dan Radang Usus Buntu, 9 Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

6 Efek berbahaya minum air es saat cuaca panas

Melansir Only My Health, disarankan untuk minum air bersuhu ruangan normal setiap hari untuk menghindari masalah apa pun. 

Berikut dampak buruk minum air dingin saat cuaca panas:

1. Mengurangi detak jantung

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa air dingin mungkin berperan dalam menurunkan detak jantung Anda. Minum air es diduga merangsang saraf kranial kesepuluh – saraf vagus. 

Saraf ini adalah bagian penting dari sistem saraf otonom tubuh, dan memediasi penurunan detak jantung. Saat Anda mengonsumsi air dingin, suhu air yang rendah merangsang saraf sehingga menyebabkan detak jantung menurun.

2. Sinus dan sakit kepala

Terlalu banyak minum minuman dingin juga bisa menyebabkan masalah 'brain freeze'. Hal ini terjadi akibat konsumsi air es atau es krim secara berlebihan. 

Dalam hal ini, air dingin mendinginkan saraf sensitif di tulang belakang, sehingga mempengaruhi otak. Oleh karena itu, masalah sakit kepala dan sinus juga bisa terjadi.

Baca Juga: 6 Manfaat Minum Air Kendi Tanah Liat untuk Kesehatan yang Menakjubkan

3. Sembelit

Minum air dingin mengecilkan usus dan membekukan makanan. Dalam keadaan seperti itu, air es dingin menjadi salah satu penyebab utama sembelit.

4. Meningkatkan lemak

Air dingin membuat lemak yang disimpan dalam tubuh menjadi lebih sulit, sehingga terjadi masalah dalam pembakaran lemak. Jika Anda berpikir untuk menurunkan berat badan, jauhi air dingin.

5. Masalah pencernaan

Jika kita minum air es dingin, tubuh harus bekerja sangat keras untuk mencerna makanan tersebut. Ya, karena air dingin membuat perut mengecil sehingga sulit dicerna setelah makan. 

Air dingin mempengaruhi sistem pencernaan dengan cepat. Sebenarnya air dingin yang kita minum tidak sesuai dengan suhu tubuh dan sampai ke tubuh sehingga menyulitkan pencernaan makanan yang ada di perut.

Baca Juga: Waspadai Penyebab Asam Urat Di Jempol Kaki, Cek Obat Herbal Asam Urat

6. Sakit tenggorokan

Air es dingin meningkatkan kemungkinan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. Minum air dingin, terutama setelah makan, mengakibatkan penumpukan lendir berlebih (mukosa pernafasan) yang membentuk lapisan pelindung saluran pernafasan. Namun, ketika saluran tersebut tersumbat, saluran tersebut menjadi rentan terhadap banyak infeksi inflamasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Sales Mastery [Mau Omzet Anda Naik? Ikuti Ini!] Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×